Masak Apa Hari Ini : Sayur Gurih Udang dan Tahu Telur yang Sedap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 13 Mar 2020 08:30 WIB
tahu telur Foto: instagram
Jakarta -

Meskipun berbahan sederhana, sayur gurih yang ditambah udang rasanya gurih mantap. Ada tahu telur yang praktis dan pindang ikan yang gurih.

Jika malas ke pasar atu supermarket, jualan tukang sayur bisa Anda manfaatkan untuk menu yang menggugah selera keluarga. Udang kecil bisa diolah bersama kacang panjang jadi sayur gurih yang enak.

Tahu Bandung atau tahu putih selain digoreng juga enak dibuat omelat gaya Jawa Timur. Dipadukan dengan tauge dan sambal kecap petis yang gurih manis.

Ikan pindang atau ikan cue selalu dibawa tukang sayur. Ikan yang sudah asin dan matang ini enak dibumbui cabe dan tentu saja petai yang sedang musim. Pedas menggiurkan.

Tak usah takut kehabisan ide menyajikan menu keluarga yang enak. Beberapa rekomendasi resep detikfood ini bisa jadi pilihan menu keluarga. Mau bikin yang mana dulu?

Masak Apa Hari Ini : Sayur Gurih Udang dan Tahu Telur yang Sedap Foto: iStock/detikFood



1. Sayur Gurih Udang Cabe Hijau

Sayur berkuah santan encer ini sangat gurih menyegarkan. Untuk sayurannya selain kacang panjang dan daun melinjo bisa ditambahkan labu siam atau nangka muda. Tergantung selera.

Untuk kuahnya sebaiknya gunakan santan dari kelapa segar agar mendapatkan rasa manis gurih alami. Masak dengan api sedang dan aduk-aduk bersama bumbunya. Rebus sayuran dahulu hingga hampir lunak.

Udang segar sebaiknya dimasukkan terkahir dan rebus hingga berubah warna. Bisa ditambahkan ebi yang dimemarkan untuk aroma gurih sedap. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Gurih Udang dan Tahu Telur yang Sedap Foto: detikfood



2. Tahu Telur Petis

Tahu selain gurih empuk juga gampang direka-reka jadi lauk yang murah dan enak. Pilih tahu putih yang lembut teksturnya agar rasanya lebih gurih. Potong-potong setebal 1/2 cm agar bisa matang bersama telurnya.

Gunakan wajan datar yang agak cekung untuk menggoreng tahu telur. Tuangkan minyak banyak dan panaskan dengan api sedang. Jika ingin tahu telur 'berenda' pinggirnya, masak dengan minyak panas dan banyak.

Tambahkan tauge atau kol yang diiris kecil dan tuangkan sambal kecap yang sudah diaduk dengan petis. Tambahkan jumlah cabe jika ingin rasa lebih pedas nendang. Berikut ini tahapan membuat tahu telur yang enak.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Gurih Udang dan Tahu Telur yang Sedap Foto: detikfood




3. Pindang Ikan Kembung Sambal Petai

Petai sedang musim karenanya harganya murah dan bagus kualitasnya. Pilih petai dengan biji yang besar dan segar. Petai yang tua lebih keras teksturnya dan aromanya lebih kuat. Kupas petai saat akan dipakai agar lebih segar.

Ikan pindang biasanya dijual dalam berbagai ukuran. Pilih ikan pindang yang utuh dan bersih tampilannya dengan kepala yang masih lekat. Buang isi perutnya agar ikan bisa matang dan kering seluruhnya saat digoreng.

Setelah bumbu ditumis dan matang baru terakhir masukkan petai. Petai bisa dipotong atau dibiarkan utuh. Aduk-aduk hingga layu agar petai tetap renyah. Ikan pindang goreng bisa diaduk dengan sambal agar lebih meresap. Ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.




Simak Video "Sedapnya Gurame Telur Asin hingga Tahu Telur Bumbu Petis"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)