Masak Apa Hari Ini : Nangka Muda dan Ayam Bumbu Kuning yang Gurih Berempah

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 12 Mar 2020 08:30 WIB
Ayam goreng bumbu kuning Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Jakarta -

Belanja di tukang sayur juga bisa hasilkan menu yang sedap. Kali ini sajian berempah yang kaya manfaat sehat. Dari nangka muda hingga ayam.

Nangka muda selain diolah jadi sayur gurih atau gudeg juga enak ditumis dengan bumbu kuning. Diberi santan dan cabe, tumisan ini raanya jadi gurih pedas dan sedap.

Dari tukang sayur juga tersedia ayam potong. Diungkep dengan bumbu kuning hingga meresap lalu digoreng kering. Cocok dicocol dengan sambal dan lalapan segar.

Beragam jenis tahu segar juga selalu dibawa tukang sayur. Tahu ini bisa digoreng kering lalu diaduk dengan bumbu cincangan cabw dan bawang putih. Gurih, renyah dan pedas enak rasanya.

Masak Apa Hari Ini : Nangka Muda dan Ayam Bumbu Kuning yang Gurih BerempahFoto: detikcom


1. Tumis Nangka Muda

Nangka muda biasanya diolah jadi gudeg, sayur lodeh atau sayur gurih. Kalau mau yang praktis bisa ditumis. Dipadukan dengan bumbu kuning yang memakai kunyit dan rempah lainnya, rasanya jadi sedap.

Nangka muda ada dua jenis, yang putih dan yang merah. Pilih jenis nangka muda yang putih, teksturnya lembut dan rasanya lebih empuk. Kupas bersih lalu potong-potong kasar dan rebus dengan air secukupnya hingga lunak.

Tumis bumbu hingga benar-benar matang, harum dan bergumpal kecil baru tambahkan nangka muda dan santan. Masak hingga meresap bumbunya. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah dalam resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Nangka Muda dan Ayam Bumbu Kuning yang Gurih BerempahFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini



2. Ayam Goreng Bumbu Kuning

Bumbu kuning merupakan bumbu dasar yang populer. Dibuat dari bawang putih, bwang merah, kunyit, jahe, merica dan garam. Bumbu ini biasanya dipakai untuk membumbui ayam goreng, soto dan opor. Bisa ditambah dengan aneka bumbu lain sesuai resep.

Rempah berupa kunyit, jahe dan merica mengandung sejumlah khasiat. Selain itu rasanya juga enak. Gunakan rempah-rempah segar yang bagus kualitasnya agar rasanya enak.

Jika memakai ayam negeri, gunakan sedikit air karena saat dipanaskan air dalam daging ayam akan keluar lebih banyak. Setelah empuk dan bumbu meresap ayam siap digoreng. Untuk racikan bumbu dan cara membuatnya bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Nangka Muda dan Ayam Bumbu Kuning yang Gurih BerempahFoto: Rianti Soebroto



3. Tahu Krispi Cabe Garam

Tahu selalu enak diolah jadi lauk atau camilan. Rasanya gurih apalagi digoreng dan jadi renyah. Pilih jenis tahu putih yang bagus kualitasnya. Tahu Bandung yang putih atau tahu Sumedang yang lembut teksturnya.

Sebaiknya buat larutan pencelupnya jangan terlalu kental juga jangan terlalu encer. Agar lapisan tepung bisa melekat dengan baik dan kering renyah saat digoreng. Gunakan minyak banyak dengan api sedang agar tahu bisa kering sempurna. Aduk-aduk sekali-sekali.

Saat menumis bumbu gunakan api sedang agar tidak gosong. Masukkan tahu goreng dan aduk cepat agar tidak gosong dan angkat segera dari wajan. Untuk cara membuatnya bisa dilihat di resep ini.



Simak Video "Ayam Bumbu Kuning, Menu Santap Sahur yang Praktis"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com