'Swiss Gruyere' Jadi Keju Terbaik Dunia, Ini Keistimewaannya

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 11 Mar 2020 11:00 WIB
keju terbaik dunia - keju gruyere dari swiss Foto: Istimewa
Jakarta -

Kompetisi keju global menobatkan 'Swiss Gruyere' sebagai keju terbaik dunia. Keju yang berasal dari Swiss ini berhasil mengalahkan 26 negara kompetitor.

Dilansir dari Independent (7/3), keju terbaik dunia telah ditetapkan melalui kompetisi keju berskala global. Adalah 'Swiss Gruyere' dari Swiss yang keluar sebagai pemenang. Pemilik keju tersebut Michael Spycher dari Bern.

'Swiss Gruyere' merupakan keju yang teksturnya keras dan terbuat dari susu sapi mentah. Dinamakan Gruyere karena keju tersebut dibuat di daerah Gruyere, Swiss.

Baca Juga: Kenali! Ini Bedanya Keju Natural dan Keju Buatan Pabrik

Keju yang berhasil memenangkan kontes dunia ini memiliki kulit luar berwarna cokelat alami yang cenderung keriput. Namun untuk bagian dalamnya, keju gruyere berwarna kuning pucat seperti keju pada umumnya.

'Swiss Gruyere' Jadi Keju Terbaik Dunia, Ini KeistimewaannyaFoto: Istimewa

Keju gruyere ini teksturnya padat dan rasanya cukup pekat. Karena mirip dengan keju emmental, keju gruyere bisa digunakan untuk fondue, quiche, casserole, dan lainnya.

Kompetisi keju dunia ini diselenggarakan dalam jangka waktu 2 tahun sekali di Wisconsin dan diikuti oleh 26 negara. Pada tahun ini sebanyak 3.667 partisipan mengikuti kompetisi tersebut.

Juri kompetisi ini ada 55 orang dengan latar belakang penilai keju, pembeli keju, ahli keju, hingga peneliti keju. Mereka menilai berdasarkan tampilan, aroma, rasa, hingga teksturnya.

'Swiss Gruyere' Jadi Keju Terbaik Dunia, Ini KeistimewaannyaFoto: Istimewa

Untuk pemenang kedua dari kompetisi keju dunia juga berasal dari Swiss. Keju itu sama-sama jenis gruyere yang terbuat dari susu di Hardegger Kase AG. Untuk pemenang ketiga jatuh pada jenis keju gouda yang berasal dari Belanda.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Keju yang Cocok Dijodohkan dengan Pizza



Simak Video "Bikin Ngiler! Mie Sarden Keju, Cocok untuk Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)