Kreatif! Begini Cara Penjual Siomay Ini Menaruh Saus Kacangnya

Riska Fitria - detikFood Rabu, 11 Mar 2020 13:00 WIB
penjual siomay kreatif Penjual siomay kreatif Foto: TikTok @almoasqol
Jakarta -

Penjual siomay yang satu ini menjadi viral karena punya cara kreatif pada tempat saus kacangnya. Penyajian dan pelayanannya menjadi lebih praktis.

Pasti kamu sudah sering membeli jajanan yang dikenal dengan nama Siomay ini. Jajanan khas Bandung yang terbuat dari adonan ikan tenggiri tersebut biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang manis pedas.

Siomay banyak dijajakan mulai dari kedai-kedai makanan hingga penjual siomay gerobakan. Penjual siomay gerobakan paling sering ditemui di setiap sudut jalan. Tentunya kamu sudah hafal betul tentang bagaimana si penjual menyajikan siomay kepada pembeli.

Kreatif! Begini Cara Penjual Siomay Ini Menaruh Saus KacangnyaIlustrasi siomay Foto: Dapur Hany

Siomay lebih dulu dipotong-potong menjadi kecil, kemudian dimasukkan ke dalam wadah plastik bening. Lalu, siomay tersebut diberi bumbu kacang yang ditempatkan di wadah berupa panci kecil atau botol. Sehingga penjual siomay akan menyendokkan bumbu kacang tersebut atau menuangkannya dati botol yang digunakan.

Namun, penjual siomay ini punya cara kreatif dan lebih praktis. Bumbu kacang tersebut ia tempatkan dalam botol plastik. Kemudian pada ujungnya diberi alat pembuka keran seperti pada dispenser.

Baca Juga : Siomay Rp 80.000 Vs Rp 20.000, Mana yang Lebih Enak?

Wadah tersebut kemudian dibalik dan disangga agar tak terguling. Ketika penjual tersebut ingin mengambil saus, penjual hanya membuka keran tersebut, seperti layaknya mengambil air dari dispenser.

Kreatif! Begini Cara Penjual Siomay Ini Menaruh Saus KacangnyaPenjual siomay kreatif Foto: TikTok @almoasqol

Cara penyajian bumbu kacang tersebut kemudian direkam video dan diunggah di situs TikTok oleh akun bernama @almasqol. Video itu menjadi viral karena banyak dibagikan di media sosial, salah satunya oleh akun twitter bernama @semangkasegar.

"Abang siomay batagor next level," tulisnya pada (07/03).

Tampaknya, penjual siomay kreatif itu menarik perhatian netizen. Menurut informasi netizen, penjual siomay itu dikenal dengan nama Pentol Pak Kumis. Selain menjual siomay, penjual yang akrab dipanggil Pak Kumis itu juga menawarkan batagor dan pentol.

Kreatif! Begini Cara Penjual Siomay Ini Menaruh Saus KacangnyaPenjual siomay kreatif Foto: TikTok @almoasqol

Rupanya Pak Kumis sudah sangat eksis di kalangan pencinta jajanan siomay. Banyak netizen yang terpukau dengan ide brilian si penjual untuk menyajikan bumbu kacang sehingga menjadi lebih praktis.

"Abang-abang siomay paham cara organisir barang biar rapi," tulis salah satu netizen.

"Ini namanya revolusi industri 4.0," tulis netizen lainnya.

Baca Juga : 25 Siomay dan Batagor Gurih Enak



Simak Video "Battle Siomay Mahal vs Murah, Enakan Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)