Bisa Deteksi Rasa Sabun Pada Daun Ketumbar Berarti Bisa Jadi Pencicip Makanan

Devi Setya - detikFood Selasa, 10 Mar 2020 13:30 WIB
pencicip makanan Foto: Istimewa
Jakarta -

Semua manusia memang diciptakan memiliki indera pengecap. Tapi ada yang punya pengecap paling sensitif. Orang ini cocok jadi pencicip makanan profesional.

Jangan anggap remeh orang yang bekerja sebagai pencicip makanan. Meski pekerjaannya tampak sederhana tapi tidak banyak orang yang bisa bekerja sebagai pencicip makanan profesional.

Kepekaan lidah setiap orang memang berbeda. Dilansir dari FoodBeast (9/3) seseorang yang bisa merasakan rasa sabun ketika makan daun ketumbar maka ia adalah salah satu orang berlidah sensitif. Bukan hanya urusan lidah, indera pengecap erat kaitannya dengan fungsi kerja otak.

Jika Mencecap Rasa Sabun Pada Daun Ketumbar, Anda Bisa Jadi Pencicip MakananFoto: Getty Images/MmeEmil


Baca juga : 5 Kisah Pencicip Makanan Paling Fenomenal Sepanjang Sejarah


Jika ada orang yang makan daun ketumbar kemudian ia mengatakan rasanya seperti sabun maka ada gen khusus yang bekerja untuk mendeteksi rasa ini. Reseptor yang terletak pada indera penciuman akan merespon otak untuk menebak dan mendeteksi rasa makanan.


Seperti diketahui daun ketumbar atau wansui atau coriander leaf memiliki helai daun yang lembut. Tetapi daun ini punya aroma yang tajam, sementara orang menyebut seperti aroma bangsat atau kutu busuk. Meski banyak dipakai dalam hidangan China dan Thailand, banyak orang tak suka rasa dan aromanya.


Lidah orang yang sangat sensitif ini berpotensi menjadikannya sebagai 'supertaster' alias pencicip makanan. Supertaster adalah mereka yang memiliki reseptor rasa spesifik yang mengambil senyawa pahit yang disebut phenylthiocarbamide (PTC) dan propylthiouracil (PROP).

Senyawa alami ini sering ditemukan dalam sayuran seperti kangkung, brokoli dan kecambah brussel. Khusus untuk supertaster, lidah mereka lebih peka terhadap rasa pahit yang terkandung dalam makanan.

Bisa Deteksi Rasa Sabun Pada Daun Ketumbar Berarti Bisa Jadi Pencicip MakananFoto: Getty Images/MmeEmil


Baca juga : Dicari: Pencicip Makanan BBQ Dengan Honor Rp 144 Juta


Bisa memiliki kepekaan pada rasa makanan pahit ternyata berpotensi menghasilkan uang dalam jumlah banyak. Dalam industri makanan, orang-orang yang memiliki kepekaan rasa dan bau yang tinggi sebenarnya dapat dibayar untuk mencicipi berbagai produk makanan.

Jumlah gaji untuk pekerjaan ini tak main-main. Anda bisa dibayar hingga $80.000 (Rp 1,1 milyar) dalam setahun. Salah satu pencicip es krim ternama bahkan dikabarkan menerima penghasilan hingga ratusan milyar dalam setahun. Semakin banyak pengalaman maka semakin tinggi juga bayaran yang bisa diterima.

Jika bisa merasakan sensasi aneh pada rasa makanan, jangan sungkan untuk mengungkapkannya. Siapa sangka, berawal dari daun ketumbar rasa sabun, Anda bisa jadi pencicip makanan profesional.



Simak Video "Jangan Sampai Lewati Kuliner Khas Bali Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)