Masak Apa Hari Ini : Ayam Goreng Mentega dan Mapo Tahu ala Restoran

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 10 Mar 2020 08:30 WIB
Ayam Goreng Mentega Foto: detikfood
Jakarta -

Masak hidangan restoran lebih sehat dan murah di rumah. Mau ayam goreng mentega atau Mapo Tahu gaya restoran China? Ini resepnya.

Hidangan restoran selalu memikat selera karena disajikan hangat dengan bahan-bahan segar. Padahal bisa dibikin sendiri di rumah. Tentunya rasanya tak kalah lezat. Seperti ayam goreng mentega yang populer. Asal tahu triknya rasanya bakal seenak bikinan restoran.

Mapo Tahu yang gurih-gurih pedas juga enak dimakan hangat dengan nasi putih. Terlihat sederhana, sajian tahu ini bisa dimasak dalam beberapa menit saja. Gurih pedasnya bikin nagih.

Tumisan gaya restoran China selalu enak karena disajikan segar. Sayuran tetap renyah dan warnanya cantik. Bokchoy bisa jadi pilihan tumisan enak dengan paduan daging ayam iris dan sedikit cabe merah.

Tak perlu hebat dalam memasak makanan China, ikuti saja petunjuk dan tips dalam resep rekomendasi detikfood berikut ini.

Masak Apa Hari Ini : Ayam Goreng Mentega dan Mapo Tahu ala RestoranFoto: detikFood



1. Ayam Goreng Mentega

Hidangan China yang satu ini sangat populer. Meskipun bukan hidangan autentik tetapi peranakan. Rasa manis gurih bumbu ayam goreng ini membuat banyak orang ketagihan.

Sebaiknya gunakan ayam negeri yang sedang ukuran. Bisa dipotong menjadi 8 atau 12 bagian. Pastikan ayam digoreng hingga terendam minyak dan kering sehingga rasanya gurih kering di bagian luar.

Bumbu rahasia ayam goreng ini adalah kecap Inggris, margarin dan kecap manis. Biarkan terendam bumbu beberapa saat agar rasa gurihnya meresap. Ikuti saja petunjuk resep berikut ini untuk mengolahnya.

Masak Apa Hari Ini : Ayam Goreng Mentega dan Mapo Tahu ala RestoranFoto: detikfood




2. Mapo Tahu

Hidangan tahu favorit di restoran China ini tak sulit membuatnya. Paduan tahu sutera yang lembut dengan daging cincang berbumbu pedas dan gurih. Paling enak dimakan dengan nasi hangat.

Agar rasanya gurih creamy, pilihlah tahu sutera yang bagus kualitasnya. bagian luarnya kokoh tetapi bagian dalamnya lembut halus. Tiriskan tahu dengan cara membungkus dengan serbet lalu tindih dengan baskom yang berat agar seluruh cairnya keluar.

Tumis daging cincang hingga benar-benar matang baru tambahkan bahan lainnya. Tambahkan cabai kering jika ingin rasa pedas menyengat. Selanjutnya ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.

Masak Apa Hari Ini : Ayam Goreng Mentega dan Mapo Tahu ala RestoranFoto: iStock/detikFood



3. Tumis Mini Bokchoy

Tumisan sayur jadi menu pelengkap di banyak restoran China. Umumnya berupa daun pucuk kapri, brokoli, sawi manis, kapri manis, kangkung atau bokchoy. Sayuran ditumis dengan tepat sehingga warnanya cantik dan rasanya segar renyah.

Untuk bokchoy, pilih baby bokchoy atau yang berukuran kecil. Pilih yang ukurannya hampir sama agar sayuran bisa matang bersamaan. Cuci bersih di bawah air mengalir agar tanah dna kotoran di bagian bongkolnya bisa larut.

Jika bongkolnya agak besar bisa dibelah dua atau dimemarkan. Gunakan api besar agar sayuran tetap bagus warnanya dan teskturnya tidak lonyot. Perhatikan langkah-langkah dalam resep ini untuk membuatnya.



Simak Video "Nastar Klepon, Perpaduan Makanan Jadul dan Kekinian!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)