Masak Apa Hari Ini : Nasgor Cumi Hitam dan Sarden Ikan Salam yang Lezat

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 09 Mar 2020 08:30 WIB
nasi goreng cumi hitam Foto: detikfood
Jakarta -

Seafood merupakan sumber protein yang enak dan mudah diolah. Cumi dibuat nasi goreng hitam hingga ikan salem segar diolah jadi sarden yang gurih enak.

Cumi-cumi sering dicap sebagai makanan berkolesterol tinggi. Tetapi sekali-sekali juga bisa dinikmati. Apalagi dilah jadi nasi goreng berikut tintanya, rasanya gurih mantap.

Selain harganya lebih murah dari daging sapi, ikan mudah didapat. Ikan salem yang berdaging tebal dan kaya asam lemak omega 3 enak dimasak jadi sarden yang manis asam sekaligus gurih.

Kalau kurang nafsu makan, boleh meracik aneka sayuran rebus yang dicocol dengan sambal rujak. Ditambah tahu goreng rasanya makin sedap. Segar, pedas dan manis.

Olahan seafood yang beragam akan membuat keluarga selalu tertarik menikmati seafood. Rekomendasi resep detikfood ini bisa jadi pilihan sajikan seafood buat keluarga.

Masak Apa Hari Ini : Nasgor Cumi Hitam dan Sarden Ikan Salam yang LezatFoto: detikcom



1. Nasi Goreng Cumi Hitam

Selain digoreng dan dipepes, cumi juga enak dimasak bersama tinta cuminya. Cumi hitam sedang tren dan disukai karena rasa gurih sedikit manis yang enak. Apalagi jika diolah jadi nasi goreng.

Pilih cumi yang segar, kulitnya putih bening dan tidak keunguan. Pastikan cumi tak direndam garam atau bahan lainnya. Karena kantong tinta cumi akan mengeras dan tidak mengeluarkan tintanya. Cuci bersih dan buang tulang lunaknya.

Jika cumi berukuran agak besar, potong-potong menjadi beberapa bagian. Ungkep dahulu cumi dengan api sedang, jangan tambahkan garam dulu. Setelah cumi empuk dan airnya habis, kecilkan api lalu tambahkan nasi.

Selain dibumbui, bisa juga ditambahkan irisan cabe atau sayuran lainnya. Aduk-aduk hingga nasi menjadi kehitaman merata. Jaga api agar tidak berkerak dan gosong. Ikuti langkah-langkah pembuatannya dalam resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Nasgor Cumi Hitam dan Sarden Ikan Salam yang LezatFoto: detikFood



2. Sarden Ikan Salem

Mungkin Anda biasa mengonsumsi ikan sarden kalengan yang siap santap. Padahal membuat sarden dari ikan segar dan bahan-bahan segar lainnya jauh lebih murah dan sehat.

Ikan salem banyak dijual di pasar. Ikan air laut ini dagingnya tebal dan sedikit berlemak sehingga cocok dibuat sarden. Pilih ukuran sedang dan siangi hingga bersih lalu potong menjadi 3-4 bagian. Jangan terlalu kecil memotong agar ikan tidak hancur.

Ikan lebih cepat matang dibandingkan daging ayam. Karena itu gunakan api kecil saat memasaknya. Untuk tomat pilih tomat merah agar warnanya merah bagus dan rasanya tak terlalu asam. Ikuti saja tahapan membuat sarden di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Nasgor Cumi Hitam dan Sarden Ikan Salam yang LezatFoto: detikFood


3. Rujak Kangkung

Olahan sayur yang mudah dibuat dan pedas rasanya bisa jadi pemicu nafsu makan. Seperti rujak kangkung yang gampang dibuat ini. Memakai kangkung, tahu goreng, tauge dan mentimun yang segar.

Selain kangkung bisa dipakai daun ubi jalar. Petiki kangkung, cuci bersih lalu rebus dengan air yang diberi sedikit garam hingga hampir lunak. Tiriskan lalu rendam dalam air es hingga dingin dan warnanya hijau cantik.

Bumbu rujak ini memakai petis dan gula merah. Jika tak suka petis bisa diganti dengan sedikit ebi yang ditumbuk halus. Rasa dan aroma petis membuat rujak ini makin sedap. Cara membuat rujak kangkung bisa dilihat di resep ini.



Simak Video "Nyamannya Belanja di Pasar Modern Fresh Market Pantai Indah Kapuk"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)