Sate Nusantara Enak

Empuk Juicy, Sate Klathak Khas Yogyakarta di 5 Tempat Ini

Riska Fitria - detikFood Minggu, 08 Mar 2020 17:00 WIB
sate klathak Sate klathak di Yogyakarta Foto: Instagram @Surabayafoodies
FOKUS BERITA Sate Nusantara Enak
Jakarta -

Tak hanya gudeg saja, Yogyakarta juga terkenal akan kulinernya berupa sate klathak. Di Jogja ada beberapa warung sate klathak yang terkenal enak.

Sate klatak merupakan sate yang terbuat dari daging kambing. Sate tersebut disajikan dengan bumbu berupa garam, merica, bawang dan kuah. Berbeda dari sate lainnya, sate klathak ditusuk-tusuk menggunakan besi dengan potongan daging yang besar. Awalnya besi yang dipakai sebagai tusuk sate merupakan jeruji sepeda sehingga satenya panjang.

Nama klathak diambil dari proses pembakaran sate tersebut yang mengeluarkan bunyi 'klathak'. Sate klathak ternyata tidak hanya menarik perhatian masyarakat setempat, tetapi juga wisatawan.

Banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk mencicip sate klathak setiap kali berkunjung ke Yogyakarta. Bagi yang penasaran, berikut 5 warung sate klathak yang terkenal enak di Yogyakarta.

1. Sate Klathak Pak Pong

Empuk Juicy, Sate Klathak Khas Yogyakarta di 5 Tempat IniSate klathak di Yogyakarta Foto : Instagram @ jogjaculinary

Kalau ke Yogyakarta jangan lupa untuk mengunjungi sate klathak yang satu ini. Sate Klathak Pak Pong merupakan salah satu warung sate yang terkenal di Jogja. Daging kambing yang digunakan untuk satenya sama sekali tidak mengeluarkan aroma prengus.

Justru dagingnya diracik dengan bumbu dari rempah-rempah hingga meresap ke bagian daging paling dalam. Aromanya harum, teksturnya pun empuk dan juicy. Selain ada sate, warung ini juga menawarkan menu lain seperti Tengkleng hingga Nasi Goreng. Untuk harganya hanya berkisar sekitar Rp.20.000

Sate Klathak Pak Pong
Jl. Sultan Agung No.18
Bantul, Yogyakarta
Telepon: 0811-2645-251
Jam Buka: 09.00 - 23.30

2. Sate Klathak Pak Jede

Empuk Juicy, Sate Klathak Khas Yogyakarta di 5 Tempat IniSate klathak di Yogyakarta Foto: Instagram @satepakjade


Nah, kalau di kawasan Sleman kamu bisa mengunjungi warung ini kalau ingin menikmati sate klathak khas Yogyakarta. Warung sate tersebut dikenal dengan nama Sate Klathak Pak Jede. Daging satenya diberi bumbu sederhana, seperti merica, garam dan kuah.

Namun, rasanya tak kalah enak dengan sate klathak yang lainnya. Potongan dagingnya juga terbilang besar. Selain ada menu sate, di sini kamu juga bisa memesan aneka menu lainnya, seperti tongseng, nasi goreng, tengkleng, hingga gulai. Harga yang ditawarkan hanya sekitar Rp. 20.000

Sate Klathak Pak Jede
Jl. Nologaten No.46
Sleman, Yogyakarta
Telepon: 0822-4343-4455
Jam Buka: 11.00 - 23.00

Baca Juga : Di Kebumen Bisa Jajan Sate Ambal Enak di 5 Tempat Ini

3. Sate Klathak Jupaini

Empuk Juicy, Sate Klathak Khas Yogyakarta di 5 Tempat IniSate klathak di Yogyakarta Foto: Instagram @jogjafood


Sate Klathak Jupaini berada di kawasan Bantul. Warung sate klathak tersebut juga cukup populer di kalangan wisatawan. Banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk mencicipi rasa sate klathak di sana. Maka tak heran, setiap hari warungnya selalu ramai dipenuhi pengunjung.

Namun, kamu harus bersabar ketika mengunjungi warung sate klathak yang satu ini. Pasalnya, saking ramainya sampai membuat antrean panjang. Antrean lama tersebut langsung terbayarkan dengan rasa sate klathak khas Yogyakarta yang empuk dan gurih ini.

Sate Klathak Jupaini
Jl. Imogiri Tim
Bantul, Yogyakarta
Telepon: 0821-3766-9040
Jam Buka: 11.00 - 20.00

4. Sate Klathak Pangestu

Empuk Juicy, Sate Klathak Khas Yogyakarta di 5 Tempat IniSate klathak di Yogyakarta Foto: Instagram @foodstry.id


Di kawasan Sleman juga terkenal dengan warung sate klathak yang dikenal dengan nama Sate Klathak Pangestu. Warung sate klathak ini juga sering menjadi buruan para masyarakat sekitar hingga wisatawan. Rasa daging kambingnya terkenal enak, gurih dan bikin nagih.

Selain sate kambing, warung Sate Klathak Pengestu juga menawarkan aneka menu olahan daging kambing lainya, seperti tongseng dan tengkleng. Saking ramainya, setiap hari warung ini menghabiskan 3 ekor kambing.

Sate Klathak Pangestu
Jl. Damai No.10
Sleman, Yogyakarta
Telepon: 0852-2711-2102
Jam Buka: 09.00 - 00.00

5. Sate Klathak Pak Bari

Empuk Juicy, Sate Klathak Khas Yogyakarta di 5 Tempat IniSate klathak di Yogyakarta Foto: Instagram @Surabayafoodies

Warung sate bernama Sate Klathak Pak Bari ini sudah legendaris sejak puluhan tahun lalu, tepatnya sejak tahun 1940. Karenanya kelezatan sate klathak tersebut sudah tidak diragukan lagi. Kini, usaha warung makan sate tersebut diteruskan oleh generasi ke-3.

Sate Klathak Pak Bari cocok dijadikan tempat wisata kuliner malam. Itu karena warungnya baru buka setelah maghrib. Menariknya lagi, warung sate ini juga pernah dijadikan lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 3. Semenjak itu, warung tersebut menjadi semakin ramai.

Sate Klathak Pak Bari
Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5
Bantul, Yogyakarta
Telepon: 0813-2880-0165
Jam Buka: 18.30 - 01.00

Baca Juga : Sate Madura Racikan H.Basiri yang Populer Sejak Tahun 1980



Simak Video "Bikin Laper: All You Can It Sabu-sabu Kuah Tomyam di Serpong"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Sate Nusantara Enak