Ini 5 Tips Makan Sendirian agar Nyaman dan Tak Canggung

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 07 Mar 2020 18:00 WIB
Tips makan sendirian Foto: Istimewa
Jakarta -

Makin banyak restoran mengusung konsep makan sendirian. Supaya tetap nyaman dan tak canggung, tips makan sendirian ini bisa kamu contek.

Makan di restoran atau kafe identik dengan kumpul bersama teman atau keluarga, namun nyatanya semakin banyak orang yang makan sendirian di restoran. Terbaru, Fox Business (6/3) melaporkan jumlah pengunjung solo (sendiri) di restoran Amerika Serikat mencapai 35% dari total kunjungan restoran keseluruhan tahun lalu.

Untuk jenis restoran yang dipilih, 89% pengunjung solo datang ke restoran berkonsep cepat dan kasual. Makan siang merupakan waktu makan sendirian paling populer (48%), diikuti sarapan (29%) dan makan malam (22%).

Tren makan sendirian bahkan ditanggapi positif oleh restoran dengan sengaja menawarkan pengalaman bersantap sendiri. Jumlah restoran dengan konsep ini bahkan semakin banyak di dunia.

Baca Juga: Makan Sendirian di Restoran Kini Makin Disukai Orang di Dunia

Faktanya makan sendirian bukanlah masalah. Kamu justru bisa membuat 'me time' sekaligus menikmati makanan dengan lebih fokus saat makan sendirian. Kalau mau coba, tips makan sendirian yang dirangkum Bustle (5/3) berikut bisa jadi panduan.

1. Hiraukan kata orang lain

Ini 5 Tips Makan Sendirian agar Nyaman dan Tak CanggungFoto: Istimewa


Amanda McNamara, seorang pakar restoran mengatakan hiraukan pendapat orang lain. Mungkin kamu merasa ketika makan sendirian dinilai antisosial atau tidak punya teman oleh orang lain atau pelayan restoran. McNamara mengatakan bisa jadi itu hanya asumsi.

Kemungkinan besar mereka tidak mencap negatif orang yang makan sendirian. "Pelayan kamu tidak menghakimi kamu karena makan sendiri. Jika kamu datang, mereka akan menghargai urusan kamu dan membiarkan kamu nyaman makan sendiri," tutur McNamara.

2. Manfaatkan fitur 'booking' online

Ini 5 Tips Makan Sendirian agar Nyaman dan Tak CanggungFoto: Istimewa


Kalau kamu merasa tak nyaman saat harus berinteraksi sendirian dengan staf atau pelayan restoran, manfaatkan fitur booking online. Cara ini bisa mengurangi waktu interaksi dengan mereka.

"Kalau kamu khawatir canggung menghadapi interaksi satu lawan satu, coba cari restoran layanan cepat dengan counter dimana kamu bisa pesan makanan sendiri," tambah McNamara.

3. Pilih di area bar

Ini 5 Tips Makan Sendirian agar Nyaman dan Tak CanggungFoto: Istimewa


Jika restoran atau kafe yang kamu kunjungi punya area bar, pilihlah makan di sini. Bar biasanya jadi tempat untuk mereka yang memang datang sendirian.

McNamara memberikan tips tambahan. Ia berujar, "Atau jika kamu tidak ingin berbincang dengan siapapun, banyak bar memiliki TV di dekatnya untuk kamu tonton."

4. Bicara dengan pelayan restoran

Ini 5 Tips Makan Sendirian agar Nyaman dan Tak CanggungFoto: Istimewa


Tips makan sendirian selanjutnya adalah bicara dengan staf atau pelayan restoran. Cara ini memungkinkan kamu mendapat informasi menarik soal menu yang akan dipesan.

"Makan sendirian memberikan kamu kesempatan mengobrol dengan pelayan atau bartender dan mempelajari menu, bagaimana menu dipasangkan, mana minuman terbaik untuk melengkapi makananmu, dan dari mana restoran mengambil bahan makanannya," kata McNamara.

5. Bawa buku dan nikmati makanan

Ini 5 Tips Makan Sendirian agar Nyaman dan Tak CanggungFoto: Istimewa


Alih-alih melihat gawai terus menerus, kamu juga bisa membawa buku sebagai 'distraksi' agar tidak canggung makan sendirian. Tips makan sendirian ini dianjurkan bagi mereka yang tipe tidak suka berbincang dengan orang lain.

Terakhir, nikmati makanan dengan sungguh-sungguh. Saat makan sendirian kamu bisa merasakan hidangan tanpa gangguan, mulai dari aroma, tekstur, sampai rasanya. "Salah satu bagian terbaik dari makan sendirian adalah kamu ada di waktu kamu sendiri. Nikmatilah!," tutup McNamara.

Baca Juga: Jomblo? Di Restoran Ini Tetap Bisa Makan Seru Meskipun Sendirian



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)