Pengusaha Kuliner Lokal Mampu Bersaing dengan Kuliner Asing, Ini Sebabnya

Amir Baihaqi - detikFood Rabu, 04 Mar 2020 08:00 WIB
​Ini 5 Fakta Soal Bisnis Restoran yang Tak Banyak Diketahui Orang​ Foto: iStock
Surabaya -

GoFood bersama Digitaraya resmi mendirikan sebuah perusahaan akselerator untuk pengusaha kuliner dan start up F&B bernama Program Digitarasa. Apa targetnya?

"Jadi ini adalah suatu perusahaan akselerator di mana kita bisa membuat dan melahirkan dan semoga juga bisa memiliki UMKM dan F&B yang bisa bersaing dengan produk-produk asing," kata CEO Digitarasa di Surabaya, Selasa (3/3/2020).

Harapan Chef Arnold bukan tanpa alasan, sebab menurutnya hampir produk-produk F&B di Indonesia lebih banyak didominasi brand asing. Padahal, Indonesia memiliki potensi citarasa kuliner yang mampu bersaing dengan kuliner asing saat ini.

Pengusaha Kuliner Lokal Mampu Bersaing dengan Kuliner Asing, Ini SebabnyaFoto: Dok. Mangkok Ku dan Goola



"Karena kalau kita lihat ini di mal-mal ini makanan-makanan F&B masih didominasi oleh brand-brand asing," ungkap Chef Arnold.

Indonesia memiliki keragaman dan kekayaan budaya dengan citarasa yang berlimpah. Karena itu potensi citarasa kuliner Indonesia untuk bersaing dengan kuliner asing sangat besar.

Untuk itu, Digitarasa siap membantu bukan hanya pemahaman seluk beluk dunia kuliner, manajemen operasional bahkan dalam permodalan. Dengan hal itu, pengusaha F&B lokal diharapkan mampu berkembang dan bersaing di kancah nasional maupun internasional.

"Dengan bimbingan dan pembinaan Digitarasa, kami percaya akan banyak bisnis F&B lokal berkualitas yang dapat berkembang dan bersaing secara nasional dan internasional," terangnya.

Pengusaha Kuliner Lokal Mampu Bersaing dengan Kuliner Asing, Ini SebabnyaFoto: iStock



Sementara itu, VP of GoFood Strategy New Revenue Gojek Brata Santoso mengatakan selama 5 tahun terakhir pihaknya telah menjadi partner para mitra UMKM kuliner yang terus berkembang. GoFood memahami tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan usaha para pengusaha kuliner.

"Selama 5 tahun menjadi growth partner para mitra UMKM kuliner kami memahami tantangan yang dihadapi para merchant untuk mengembangkan usaha termasuk dalam hal manajemen bisnis, pemasaran dan permodalan," tutur Brata.

"Dengan inovasi teknologi berkelanjutan, kami mampu menjembatani kebutuhan para mitra merchant dari hulu ke hilir. GoFood telah berkembang lebih dari sekedar layanan pesan-antar makanan, peranan kami merambah menjadi enabler yang harus terus mendukung para pengusaha kuliner agar berdaya saing tinggi di industri," tandas Brata.




Simak Video "Chef Arnold, Gibran dan Kaesang Kolaborasi Bisnis Kuliner Lagi!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)