Wah! Tuang Garam ke Mulut Jadi Tren TikTok Terbaru

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 03 Mar 2020 19:30 WIB
salt shaker on black kitchen table Foto: Istimewa
Jakarta -

Sebagai media sosial berbasis video yang tengah populer di dunia, TikTok memiliki tren baru setiap hari. Seperti menuangkan garam langsung ke dalam mulut.

Setelah tren makan jelly dan minum minuman berwarna viral di TikTok kini muncul tren terbaru yang tak kalah aneh. Dilansir dari Latestly (03/03), tren ini dikenal dengan nama 'Salt Challenge' atau tantangan menelan garam dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Ada Pro Kontra, Ini 5 Challenge Makanan yang Jadi Tren

Wah! Tuang Garam ke Mulut Jadi Tren TikTok TerbaruFoto: Istimewa


Lewat unggahan beberapa video yang viral di TikTok, terlihat setiap orang menuangkan garam langsung ke dalam mulut mereka seperti tengah meminum susu.

Tren makan garam ini pertama kali diciptakan oleh pengguna TikTok bernama Landon. Saat itu ia mengunggah videonya ketika menuangkan garam dari dalam kaleng minuman ke mulutnya. Tentunya karena rasa garam yang sangat asin, Landon langsung memuntahkan garam-garam itu dari mulutnya.

Ia juga menantang orang-orang untuk melakukan 'Salt Challenge' ini. Video ini kemudian viral lalu tagar #SaltChallenge menjadi tren teratas di TikTok. Tanpa waktu lama banyak orang yang meniru aksi Landon dan mereka menaruh garam di benda yang berbeda.

Wah! Tuang Garam ke Mulut Jadi Tren TikTok TerbaruFoto: Istimewa


Meski terlihat menyenangkan tapi tentu saja hal ini berbahaya. Menurut dokter bernama Simran Deo, ia menyebutkan bahwa memakan gram dalam jumlah banyak sangat berbahaya kepada kesehatan juga memiliki efek jangka panjang.

"Sebagai seorang dokter, saya sangat tidak menganjurkan orang-orang untuk melakukan tren ini. Karena memakan terlalu banyak garam sangat buruk bagi kesehatan, dan memiliki efek jangka panjang," ungkap Simran.

Wah! Tuang Garam ke Mulut Jadi Tren TikTok TerbaruFoto: Istimewa


Ia juga menambahkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi garam terbukti beracun. Kadar sodium dari dalam garam bisa memicu kejang-kejang hingga koma.

Sebelumnya TikTok sempat menuai kritik dari banyak orang karena dinilai semua tren yang hadir semakin berbahaya. Mulai dari membahayakan kesehatan hingga membahayakan nyawa. Menanggapi hal ini pihak TikTok meminta semua pengguna untuk mematuhi peraturan dan kebijakan yang ada dan tertera di aplikasi TikTok.

Baca Juga: Duh, Tren Tantangan Makan Jelly di TikTok Ini Bisa Bikin Tersedak!



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)