Masak Apa Hari Ini : Tom Yam dan Pad Thai yang Asam Pedas

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 02 Mar 2020 08:30 WIB
sup yang bercitarasa gurih yang khas dari Thailand Foto: Thinkstock / detikFood
Jakarta -

Agar badan hangat makanan pedas menarik selera dari negeri Gajah Putih bisa jadi menu. Sup asam pedas Tom Yam hingga mie goreng Thai yang pedas gurih.

Termasuk negara Asia dengan kuliner yang populer di dunia, Thailand punya banyak kemiripan bumbu dan rempah dengan Indonesia. Semuanya diracik segar dengan sentuhan pedas yang menyengat. Seperti sup asam pedas Tom Yam yang bisa dipadukan dengan seafood.

Dipengaruhi olah kuliner China, Thailand juga punya sajian mie yang enak. Pad Thai diracik dari mie beras dengan paduan udang atau jenis seafood lain dengan bumbu pedas sedikit asam dan gurih karena ada taburan kacang cincang.

Karena banyak dikelilingi sungai, ikan air tawar juga populer di Thailand. Selain ikan lele dan ikan mas, ikan gurame juga diolah dengan siraman bumbu gurih pedas. Makin enak dimakan saat masih hangat.

Kalau keluarga suka rasa pedas menyengat, Anda bisa menyelipkan menu hidang Thailand dalam menu harian. Bahan-bahannya ada di pasar tradisional dan cara membuatnya juga tidak ribet. Beberapa rekomendasi resep detikfood ini bisa dicoba.

Masak Apa Hari Ini : Tom Yam dan Pad Thai yang Asam Pedas Foto: detikfood



1. Tom Yum Pla

Hidangan berkuah asam pedas Tom Yam sering disebut mirip sayur asam. Rasa asamnya berasal dari air jeruk nipis dan pedasnya dari cabai. Yang khas sup ini memakai banyak daun ketumbar yang aromatik.

Selain udang, tom yam juga dibuat dengan paduan fillet ikan kakap atau kerapu. Seringkali ditambah dengan kerang segar atau cumi. Agar rasanya gurih segar, pilih ikan segar dan minta tukang ikan memotong filletnya yang rapi.

Daging ikan tak memerlukan waktu lama untuk matang. Karenanya potong dengan ukuran yang sama. Didihkan bumbu tom yam dan bahan lainnya hingga meresap. Terakhir tambahkan fillet ikan dan masak beberapa saat hingga daging ikan berubah warna. Ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.

Masak Apa Hari Ini : Tom Yam dan Pad Thai yang Asam Pedas Foto: iStock



2. Pad Thai

Mie atau bakmi juga populer di Thailand sebagai santapan yang dipengaruhi kuliner China. Hanya saja umumnya diberi sentuhan rasa pedas asam. Mie biasanya disajikan dengan kuah atau digoreng.

Salah satu sajian mie yang terkenal adalah pad thai. Mie goreng ini dibuat dari mie beras yang lebar mirip kwetiau. Diberi bumbu cabai dan bawang serta paduan udang segar. Disajikan dengan tauge, kucai, kacang cincang dan daun ketumbar. Rasanya gurih segar sekaligus pedas.

Mie beras kering banyak dijual di supermarket. Mie ini sedikit lebih tipis dari kwetiau dan teksturnya lebih lembuat. Rebus sebentar dalam air mendidih hingga lunak lalu tiriskan. Bahan-bahan dan cara membuat Pad Thai bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Tom Yam dan Pad Thai yang Asam Pedas Foto: detikfood



3. Fried Gurame with Chilli Sauce

Ikan air tawar menjadi makanan populer di Thailand karena mudah didapat di sungai-sungai dengan harga murah. Selain ikan lele, ikan gurame juga populer sebagai sajian keluarga. Biasanya disajikan utuh.

Untuk mendapatkan ikan gurame yang tak beraroma tanah, pilih ikan gurame segar atau hidup. Minta tolong tukang ikan mematikan ikan gurame, membuang isi perut dan sisiknya. Untuk digoreng utuh pilih ikan gurame ukuran sedang, 500-600 gram beratnya.

Saat menggoreng pastikan sleuruh badan ikan tenggelam dalam minyak panas dan banyak. Agar seluruh badan ikan matang bersamaan kedua sisinya. Jadi tak perlu dibalik-balik. Ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.



Simak Video "Tradisi Nimung Rame, Bentuk Syukur Masyarakat di Pulau Sumbawa "
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)