Nikmatnya Bistik Lidah Lembu di Restoran Legendaris Medan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 01 Mar 2020 17:00 WIB
Restoran Tip Top Medan Foto: dok. detikFood
Medan -

Sudah ada sejak 1934, restoran Tip Top menawarkan suasana tempo dulu plus menu Eropa. Salah satu andalannya adalah bistik lidah lembu atau sapi yang juicy!

Restoran Tip Top sebenarnya berdiri sejak 1929, dulu namanya Jangkie yang diambil dari nama sang pemilik. Saat itu lokasinya di Jalan Pandu, Medan. Setelah beberapa waktu, restoran akhirnya pindah ke kawasan Kesawan pada tahun 1934.

Barulah nama Tip Top disematkan. Nama ini berasal dari bahasa Belanda yang berarti "Sempurna". Pemilihan Kesawan sebagai lokasi restoran bukan tanpa alasan, sebab di masa itu Kesawan adalah pusat bisnis di Medan.

Nikmatnya Bistik Lidah Lembu di Restoran Legendaris MedanFoto: dok. detikFood

Orang-orang Belanda yang bekerja di kantor pemerintah, perusahaan asing, atau di perkebunan, biasanya datang ke Tip Top untuk sarapan. Di sore hari mereka kembali untuk menikmati kopi robusta Sidikalang yang terkenal nikmat.

Baca Juga: Sumber Bestik Pak Darmo: Empuk Gurih Bestik Lidah yang Menggoyang Lidah

Sudah 86 tahun berlalu, restoran Tip Top masih beroperasi hingga sekarang. Saat detikFood (28/2) menyambanginya, suasana tempo dulu masih dipertahankan. Sekilas mengingatkan kami dengan restoran Braga Permai di Bandung.

Nikmatnya Bistik Lidah Lembu di Restoran Legendaris MedanFoto: dok. detikFood

Menu yang ditawarkan Tip Top sangat banyak, mulai dari menu Barat sampai tradisional. Namun yang tak boleh dilewatkan adalah Bistik Lidah Lembu atau sapi yang harganya Rp 87.000.

Tampilannya sekilas mirip selat Solo, berisi sekitar 7 potongan lidah berukuran besar. Disajikan di atas hot plate dengan pendamping saus bistik berwarna kecokelatan.

Nikmatnya Bistik Lidah Lembu di Restoran Legendaris MedanFoto: dok. detikFood

Pantas saja banyak orang menjagokan bistik lidah lembu. Tekstur lidah sapinya benar-benar lembut dan kenyal. Memotongnya pun tak sulit. Paling enak dimakan dengan balutan banyak saus plus taburan lada. Seporsi bistik lidah lembu dilengkapi kentang goreng dan sayur.

Selain bistik sapi, nasi goreng spesial, bitterballen dan es krim di Tip Top juga sayang dilewatkan. Lalu persis di sebelah restoran Tip Top ada bakery dan cake shop yang juga terkenal enak. Seluruh roti dan kue masih dipanggang di oven batu dengan api berbahan kayu bakar.

Nikmatnya Bistik Lidah Lembu di Restoran Legendaris MedanFoto: Istimewa

Beberapa pilihan cake di sini adalah coklat Irish, tarrthes mocca, dan moka coklat. Cake tersedia dalam ukuran besar dan potongan mungil seharga Rp 6.000 hingga Rp 8.500.

Baca Juga: Ini 5 Tempat yang Punya Bistik Jawa yang Manis Gurih



Simak Video "5 Kuliner Enak di Fresh Market PIK yang Top Abis"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)