Rekomendasi Tempat Makan

Ini 5 Tempat yang Punya Bistik Jawa yang Manis Gurih

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 19 Okt 2018 12:10 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Sekilas mirip dengan beefsteak, tapi bistik sapi punya sentuhan kuliner peranakan Belanda dan Indonesia. Rasanya enak, manis gurih, dan tentunya mengenyangkan.

Steak bergaya kuliner kolonial Belanda ini, dipengaruhi oleh kuliner Jawa. Potongan daging bistik yang empuk dan juicy, disajikan dengan saus manis dengan paduan rempah. Lengkap bersama potongan kentang, sayuran, hingga tomat.

Di Jakarta ada 5 resto yang menyajikan hidangan bistik sapi gaya tradisional, yang menggugah selera.

Baca Juga: Sup dan Bistik, Hidangan Lezat Hasil Akulturasi Kuliner Belanda dan Jawa


1. Madame Delima

Ini 5 Tempat yang Punya Bistik Jawa yang Manis GurihFoto: Instagram Madame Delima
Di wilayah Cikini, ada restoran yang menyajikan hidangan Indonesia peranakan. Desain interiornya klasik namun tetap kekinian, dan menu yang ditawarkan ada tempe gembus goreng hingga bitterballen madame delima khas Belanda.

Salah satu menu andalannya ada Selat Solo yang disajikan dengan potongan daging sapi tenderloin, dan dilengkapi sayuran. Serta menu Bistik Lidah Madame Delima, menggunakan lidah daging sapi yang dilengkapi sayuran tumis dan jamur.

Madame Delima
Jl. RP Soeroso No. 1A.
Cikini, Jakarta Pusat.
Telp: +62213102128


2. Mandala Baru
Ini 5 Tempat yang Punya Bistik Jawa yang Manis GurihFoto: Detikfood
Salah satu restoran chinese food yang paling legendaris dan selalu dipenuhi oleh pengunjung hingga sekarang. Sudah berdiri sejak puluhan tahun, Resto Mandala tidak hanya menyajikan hidangan China saja. Tapi juga makanan Indonesia, seperti Sapi Kecap pete, hingga Cumi Cabe Hijau.

Tapi menu Bistik Sapi di sini juga tidak kalah enak. Bistik sapi disajikan di dalam hot plate, dengan aroma gurih yang langsung tercium. Berbeda dengan bistik sapi lainnya, kalau di Mandala, bistik sapi digenangi saus kecokelatan campuran dari saus tiram dan kecap Inggris. Dagingnya juga empuk, dengan potongan kentang goreng dan irisan buncis. Dijamin bikin kenyang.

Mandala Baru
Jl. Tebah III No. 38
Pasar Mayestik
Blok M
Jakarta Selatan
Telp: 021-7220708


3. KAUM Jakarta


Masuk ke KAUM, Anda akan merasa kembali ke Jakarta tempo dulu yang klasik. Ruangan restoran di sini berdiri di rumah tua yang telah dipugar, semua makanan yang disajikan berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satunya bistik sapi yang terkenal di sini. Dengan nama 'Bistik Jawa', tampilannya lebih mirip seperti semur daging. Namun tetap menggunakan potongan kentang, dan disajikan dengan kuah manis gurih yang kental. Potongan dagingnya juga lembut, dan hidangan ini bisa disantap oleh 2-3 orang.

KAUM Jakarta
Jl. Dr. Kusuma Atmaja No.77-79.
Menteng, Jakarta Pusat.
Telp: 0813-8171-5256


4. Heritage by Tan Goei

Ini 5 Tempat yang Punya Bistik Jawa yang Manis GurihFoto: Instagram
Kalau mau mencoba bistik lidah sapi yang enak dan menggigit. Bisa mampir ke Heritage by Tan Goei di wilayah Menteng. Restoran yang satu ini menggabungkan kuliner Indonesia dengan kolonial Belanda.

Menu yang paling populer ada Bistik Lidah, terdapat pilihan ukuran, mulai dari 120 gram hingga 200 gram. Bistik disajikan di atas hot plate panas, dengan potongan kentang, sayuran, dan racikan saus spesial Tan Goei. Selain bistik lidah, ada juga menu bistik ayam dan bistik ikan yang tak kalah enak.

Heritage by Tan Goei
Jl. Teuku Cik Ditiro No. 3.
Menteng, Jakarta Pusat.
Telp: +62213155057


5. Bistik Delaris


Restoran yang satu ini surganya bagi para penggemar bistik sapi. Menggabungkan kuliner Indonesia dan Belanda. Anda akan disuguhkan dengan berbagai menu yang dicampurkan dengan bistik.

Seperti Nasi Goreng Bistik Pedas, Nasi Bistik Smoot, hingga menu andalannya Otentk Bistik Komplit. Berbeda dengan restoran lain yang hanya menyajikan kentang dan sayuran, kalau di Delaris, bistik ini dihidangkan bersama nasi putih, kentang, wortel, buncis, selada, serta sambal merah. Wih, pasti kenyang!

Bistik Delaris
Jl. Pangeran Antasari No. 44.
Fatmawati, Jakarta Selatan.
Telp: +622129124347

Baca Juga: Masak Apa Siang Ini? Yuk, Bikin Beef Katsu dan Bistik Jawa yang Gurih Mantap (sob/odi)