Tahu Enak

Ini Bedanya Tahu Gejrot Bang Jack dengan Tahu Gejrot Lain

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 01 Mar 2020 14:30 WIB
tahu gejrot bang jack Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari
FOKUS BERITA Tahu Enak
Jakarta -

Tahu gejrot yang berasal dari Cirebon memiliki ciri khas kuahnya berwarna cokelat muda. Namun kuah pada Tahu Gejrot Bang Jack berbeda. Apa perbedaannya?

Tahu gejrot merupakan jajanan tradisional khas Cirebon. Jajanan tradisional ini berbahan dasar tahu goreng yang kopong atau tahu pong dan disajikan dengan siraman kuah berbumbu cabai dan bawang merah yang pedas.

Kuah dari tahu gejrot biasanya memiliki warna cokelat muda, cita rasa asamnya berasal dari racikan air dan cuka. Selain itu kuahnya pun terbuat dari campuran bumbu bawang merah, bawang putih, cabai rawit, garam dan juga gula jawa.

Ini Bedanya Tahu Gejrot Bang Jack dengan Tahu Gejrot LainFoto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Ciri khas tahu gejrot seperti itu tidak akan Anda temukan di Tahu Gejrot Bang Jack. Karena racikan kuah dari Tahu Gejrot Bang Jack ini warnanya lebih pekat cenderung berwarna hitam.

Rasanya pun sedikit berbeda, karena terasa lebih manis. Seperti diungkapkan pada detikFood (25/2), kuah tahu gejrot tersebut diracik sendiri oleh Bang jack dengan cita rasa Jawa khas Pekalongan yang manis.

Baca Juga: Huaah! Sengatan Dahsyat Tahu Gejrot Bang Jack yang Eksis Sejak 2007

Kenapa bisa orang Pekalongan meracik tahu gejrot yang populer di Jakarta ini? Menurut Abimanyu salah seorang karyawan di Tahu Gejrot Bang Jack, ternyata pemilik tahu gejrot ini dulunya pernah ikut berjualan tahu gejrot milik orang Cirebon.

Setelah cukup lama ikut berjualan dengan orang, akhirnya Bang Jack (pemilik Tahu Gejrot Bang Jack) pun berjualan sendiri namun racikan kuahnya diganti. Yang pertama, rasa asam dari kuah tahu gejrot tersebut tidak terbuat dari cuka melainkan dari air asam jawa.

Ini Bedanya Tahu Gejrot Bang Jack dengan Tahu Gejrot LainFoto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Lalu rasa manisnya yang dominan ini berasal dari gula aren asli dan juga campuran kecap manis. Tahu Gejrot Bang Jack pun terkenal dengan cita rasanya yang pedas, karena menggunakan cabai rawit hijau.

Ia tidak menggunakan cabai rawit domba atau cabai rawit merah karena cabai rawit hijau tidak akan membuat sakit perut. Rasa pedasnya tidak terlalu menyengat kuat.

"Kita enggak pakai cabai rawit merah yang besar (domba) itu soalnya bikin sakit perut. Kalau cabai rawit hijau ini pedesnya cuma sementara di dalam mulut, tapi enggak bikin sakit perut jadi aman," tutur salah seorang karyawan saat melihat tim detikFood yang sedang menikmati sensasi pedas Tahu Gejrot Bang Jack.

Baca Juga: Kalau ke Lembang Harus Bawa Pulang Tahu Susu yang Creamy

Rasa pedas pun jadi ciri khas lain di Tahu Gejrot Bang Jack. Karena Anda bisa memesan dengan jumlah cabai yang Anda inginkan. Untuk porsi normal biasanya menggunakan 10-20 buah cabai rawit hijau.

Ini Bedanya Tahu Gejrot Bang Jack dengan Tahu Gejrot LainFoto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Namun jika ingin mencoba sensasi pedas yang lain, Anda bisa memesan dengan jumlah lain. Sebanyak 100 cabai atau bahkan 200 cabai. detikFood pun memberanikan untuk memesan tahu gejrot dengan 100 cabai dan rasa tahunya sudah tidak terasa lagi. Melulu rasa cabai yang mengengat tajam.

Rasa cabai seperti membakar mulut tim detikFood karena sangatlah pedas. Namun mereka juga punya cara lain untuk menikmatinya dengan menggunakan tambahan keripik tempe atau kerupuk. Adapula penawar rasa pedas yaitu es kebo (es teh manis) yang dibekukan.



Simak Video "Rahasia Kenikmatan Tahu Gejrot Bang Jack"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)
FOKUS BERITA Tahu Enak