Tahu Enak

Kalau ke Lembang Harus Bawa Pulang Tahu Susu yang Creamy

Whisnu Pradana - detikFood Kamis, 27 Feb 2020 18:00 WIB
Tahu Susu Lembang Foto: dok.detikFood/Whisnu Pradana
FOKUS BERITA Tahu Enak
Bandung -

Selain pesona wisata alamnya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, juga punya tahu enak. Tahu Susu Lembang yang gurih creamy bakal bikin kamu ketagihan.

Tahu khas Lembang itu berbeda dengan tahu pada umumnya, seperti tahu Sumedang yang lebih dulu populer. Selain rasanya yang gurih lembut teksturnya sangat halus. Gerai Tahu Susu Lembang berlokasi di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri, KBB, tak jauh dari Alun-alun Lembang.

Meskipun namanya Tahu Susu, namun bahan utama untuk membuatnya masih merupakan kacang kedelai. Bedanya, campuran kedelai dan bahan-bahan lainnya kemudian dipadu-padankan dengan susu murni, yang membuat rasa tahu setelah diolah lebih gurih, lembut, creamy, namun kokoh padat.

Kalau ke Lembang Harus Bawa Pulang Tahu Susu yang CreamyFoto: dok.detikFood/Whisnu Pradana

"Jadi adonan tahu dicampur dengan susu. Perbandingannya tiga belas kilogram kedelai lalu dicampur dengan empat liter susu murni. Ditambah margarin, bawang putih, dan biang tahu juga," ujar Supervisor Produksi, Dhine Herna Hidayat saat ditemui Detik.com di gerai Tahu Susu Lembang, Rabu (26/2/2020).

Karena rasanya spesial Tahu Susu Lembang bisa dengan mudah menarik minat kuliner masyarakat, terutama wisatawan asal luar Bandung Raya dan Lembang. Kekhasan lainnya, pengelola Tahu Susu Lembang juga menawarkan cara transaksi yang tak biasa.

Tampak depan, ketika memasuki area wisata kuliner Tahu Susu Lembang, terlihat bangunan menyerupai SPBU atau pompa bensin. Hanya saja, di Tahu Susu Lembang, bangunan itu menjual tahu mentah dan susu kedelai untuk wisatawan yang tak ingin ribet turun dari mobil.

POM itu ternyata adalah singkatan dari Pusat Orang Makan. Konsep ini diaplikasikan oleh pemilik Tahu Susu Lembang, Ferry Tristianto, agar wisatawan tak perlu buang banyak waktu untuk membeli buah tangan.

Kalau ke Lembang Harus Bawa Pulang Tahu Susu yang CreamyFoto: dok.detikFood/Whisnu Pradana

"Tapi justru wisatawan yang datang, seperti dari Jakarta, Jawa Tengah, bahkan Malaysia, lebih suka datang langsung ke gerai. Selain beli produk tahu dan oleh-oleh lain, mereka juga bisa lihat langsung proses produksi tahu. Itu nilai tambahnya," ceritanya.

Sejak pertama dibuka pada 20 Desember 2008, Tahu Susu Lembang mengandalkan dua merek andalannya, yakni Tahu Susu dan Tahu Mentega. Berbeda dengan Tahu Susu, Tahu Mentega jelas tidak menggunakan susu, melainkan margarin dan sedikit garam.

Pengunjung bisa membeli tahu susu yang masih mentah atau yang sudah digoreng untuk langsung disantap di tempat atau saat dalam perjalanan. Harga satu bungkus tahu susu mentah dibanderol Rp 25.000, sementara satu bungkus tahu mentega mentah dibanderol Rp 30.000.

Kalau ke Lembang Harus Bawa Pulang Tahu Susu yang CreamyFoto: dok.detikFood/Whisnu Pradana

"Masing-masing isinya 10 buah, dikemas seperti bentuk brownies. Karena tidak pakai pengawet, jadi cuma tahan dua hari. Biasanya yang dari luar negeri milih makan di sini," jelasnya.

Selain digoreng, Dhine memberikan tips untuk menikmati Tahu Susu Lembang dengan cara lainnya. "Paling enak sebetulnya dikukus karena susu ini sudah direbus dan dimasak sampai dua kali. Saat dimakan, sambalnya itu enak kalau pakai campuran kecap dan cabai rawit, mesti dicoba," tutupnya.



Simak Video "Rahasia Kenikmatan Tahu Gejrot Bang Jack"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Tahu Enak