Ngeri! Pasar di Tengah Jalur Kereta Ini Jadi Tempat Belanja Ekstrem

Devi Setya - detikFood Minggu, 01 Mar 2020 08:00 WIB
pasar meklong Foto: istimewa
Jakarta -

Sebuah pasar di Thailand tampak menarik. Bukan karena barang dagangannya tapi lokasinya yang berada di tengah jalur kereta. Ngeri!

Pasar di atas sungai sudah biasa, bagaimana dengan pasar di tengah jalur kereta? Di Thailand, ada pasar tradisional yang unik karena lokasinya persis ada di tengah jalur kereta.

Para pedagang dan pembeli harus sigap dan tak boleh lalai karena resikonya bisa tertabrak kereta. Pasar yang dikenal dengan sebutan pasar kereta api Maeklong atau Mae Klong ini sudah terkenal luas sebagai pasar paling mengerikan.

Ngeri! Pasar di Tengah Jalur Kereta Ini Jadi Tempat Belanja EkstremFoto: istimewa


Baca juga : Jelajahi 5 Pasar Tradisional Indonesia yang Legendaris dan Unik

Sejak pagi hari, para pedagang menggelar dagangannya tepat di pinggir rel kereta. Rel kereta ini bukan sekedar pajangan, rel ini aktif dan setiap harinya dilintasi kereta yang mengangkut penumpang.

Saking dekatnya dengan rel kereta, kadang atap tenda yang menjadi pelindung dagangan harus dibongkar pasang ketika ada kereta yang akan melintas. Saking dekat dengan dagangan, jarak rel dan bahan makanan hanya dalam hitungan centimeter.

Tak berbeda dengan pasar tradisional lain, Pasar Maeklong juga menjual aneka sayuran, buah, ikan segar dan aneka sembako. Pedagang dan pembeli sudah hafal betul dengan jadwal kereta yang melintas.

Ngeri! Pasar di Tengah Jalur Kereta Ini Jadi Tempat Belanja EkstremFoto: istimewa


Setiap hari setidaknya ada 17 kali kereta melintas pasar ini. Uniknya, meski mengerikan tapi sensasi berbelanja di pasar ini justru jadi pengalaman menarik bagi para pelancong.

Jangan heran kalau di pasar ini kerap terlihat banyak bule yang menenteng kamera demi mengabadikan gambar. Pemandangan menakjubkan bisa dilihat ketika para pedagang dengan cekatan melipat tenda dan mengamankan dagangan saat ada kereta lewat.

Baca juga : 5 Pasar Tradisional Unik di Jawa Tengah, Berlokasi di Kebun Bambu hingga Gunung!


Kereta yang melintas di jalur ini punya kecepatan rendah. Rata-rata kereta melaju dengan kecepatan 30 km/jam. Namun tetap saja pengunjung harus berhati-hati karena jika tertabrak kereta pasti akan mengalami cedera dan luka.

Saking uniknya pasar ini, sekarang banyak agen perjalanan wisata yang menawarkan paket tur ke pasar Maeklong. Selain berkunjung ke pasar, sensasi lain juga bisa dinikmati dengan cara menaiki kereta ini. Anda bisa melihat kesibukan para pedagang dari balik jendela kaca.



Simak Video "Eksistensi Pasar Muara Karang di Tengah Pertumbuhan Pasar Modern"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)