Rekomendasi Tempat Makan

Enak Kali! 5 Jajanan Medan yang Harus Dicoba Foodies

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 29 Feb 2020 17:00 WIB
Jajanan khas Medan Foto: dok. detikFood
Medan -

Jajanan Medan ini bisa jadi inspirasi saat kamu mengunjungi kota Melayu Deli. Ada tahu balek sampai bolu legendaris di restoran berusia 86 tahun.

Jajanan Medan ada banyak jenisnya, mulai dari yang klasik sampai yang kekinian. Kalau kamu mau yang enak, 5 jajanan Medan ini sering jadi incaran warga lokal maupun turis. Pilihannya beragam dari kategori asin dan manis.

Berikut 5 jajanan Medan yang harus dicoba para foodies. Mulai dari tahu balek, risol, sampai bolu legendaris. Tak harus menyambangi masing-masing gerai, jajanan Medan ini juga bisa dipesan via ojek online agar lebih praktis.

1. Tahu balek

Enak Kali! 5 Jajanan Medan yang Harus Dicoba FoodiesFoto: dok. detikFood / Andi Annisa Dwi Rahmawati

Jajanan Medan ini cocok untuk para pencinta tahu goreng. Namanya 'Tahu Balek' karena posisinya 'balek' atau 'terbalik'. Bagian dalam tahu yang berwarna putih di luar, sementara yang kuning di dalam. Tahu lalu digoreng dan disajikan bersama sambal TB.

Pelopor tahu balek adalah RM Pondok Surya di Binjai, namun jajanan Medan ini sekarang juga sudah ada di Medan Night Market. Harga per porsinya Rp 25.000 sampai Rp 30.000. Menu lain adalah tahu ojek dimana tahu balek dikukus lalu diberi topping kecap manis, sambal TB, dan suwiran ayam.

Baca Juga: Tahu Balek, Tahu Goreng Khas Binjai yang Posisinya Terbalik

2. Risol Spesial Gogo

Enak Kali! 5 Jajanan Medan yang Harus Dicoba FoodiesFoto: Instagram gogo_risol

Risol Spesial Gogo termasuk jajanan Medan legendaris karena sudah ada sejak 1981. Gerainya ada di Jalan Mojopahit No. 53. Disebut spesial karena jenis risol ragout ini diisi suwiran ayam melimpah.

Ada juga tambahan bawang bombay, wortel, dan daging ayam. Bagian luar risol lembut renyah karena dilapisi tepung panir. Risol Spesial Gogo harganya sekitar Rp 3.300 per buah. Menu lainnya adalah kroket ayam dan lemper pulut ketan hitam.

3. Sate Kerang

Enak Kali! 5 Jajanan Medan yang Harus Dicoba FoodiesFoto: dok. detikFood

Medan juga terkenal dengan sate kerangnya yang enak. Disusun dari potongan daging kerang yang kenyal dengan bumbu rempah. Cita rasanya gurih pedas, sedikit mirip rendang. Kerang yang dipakai tentu saja yang segar karena tidak berbau amis sama sekali.

Sate kerang mudah ditemui di banyak rumah makan di Medan, tapi salah satu yang terkenal dan sering dijadikan oleh-oleh adalah Sate Kerang Rahmat. Lokasinya ada di Jalan Gatot Subroto No. 14. Per tusuk sate kerang harganya sekitar Rp 7.000.

4. Bika Ambon Ahun

Enak Kali! 5 Jajanan Medan yang Harus Dicoba FoodiesFoto: Instagram bikaambonahun

Tak lengkap ke Medan tanpa jajan bika ambon. Ada banyak merek bika ambon di sana, salah satu yang terenak adalah Bika Ambon Ahun. Lokasinya ada di Jalan Sekip, Jalan Letdasujono, dan Jalan Bridj Katamso. Per kotak bika ambon harganya Rp 73.000.

Ukuran kotak tersebut lumayan besar. Soal rasa, manis gurihnya Bika Ambon Ahun terasa pas. Teksturnya juga lebih kenyal dan lembut. Bika Ambon tersedia dalam pilihan rasa original dan pandan.

5. Bolu Tip Top

Enak Kali! 5 Jajanan Medan yang Harus Dicoba FoodiesFoto: dok. detikFood

Jajanan Medan terakhir ini ada di restoran legendaris sejak zaman Belanda, Tip Top. Restoran ini bermula tahun 1929, namun pindah ke Kesawan tahun 1934. Restoran menyajikan menu Belanda, Barat, dan tradisional Indonesia.

Di sebelahnya ada bakery dan cake shop. Menjual beragam bolu yang pemanggangannya masih pakai oven batu dengan api kayu bakar yang dipakai sejak 1934. Harganya sekitar Rp 6.000 hingga Rp 8.500 per potong kecil. Varian rasanya ada coklat Irish, tarrthes mocca, moka coklat, dan banyak lainnya.

Baca Juga: Orang Medan Doyan Makan, Ini Menu Laris Manis di GrabFood



Simak Video "Gurih Nikmat Kari Medan di RM Tabona"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)