Tahu Enak

Cihuy! Di Bandung Bisa Belanja Tahu dan Lihat Pabriknya

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 27 Feb 2020 10:00 WIB
Pabrik Tahu Bandung Foto: dok.detikFood
FOKUS BERITA Tahu Enak
Bandung -

Liburan ke Bandung kini bisa diisi dengan aktivitas seru. Salah satunya berkunjung ke pabrik tahu legendaris yang punya tahu enak dan cocok dijadikan oleh-oleh.

Kalau sedang berada di Bandung dan bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, bisa coba berkunjung ke dua pabrik tahu legendaris yang ada di pusat kota Bandung. Tepatnya di Jalan Jendral Sudirman, Cibadak.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Amanda Nurani, Tukang Tahu Cantik yang Diserbu Pembeli

Di jalanan ini ada dua pabrik tahu yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Di sebelah kanan Anda akan menemukan pabrik tahu Talaga Yunsen. Sementara melipir sedikit ke kiri, ada pabrik tahu Yun-Yi yang keduanya terletak di dalam gang panjang dan dihimpit oleh pertokoan kuno.

Cihuy! Di Bandung Bisa Belanja Tahu dan Lihat PabriknyaSonia PermataFoto: dok.detikFood


Meski berdekatan tapi tahu Yunsen dan Yun-Yi punya ciri khas masing-masing yang siap memanjakan para penggemar tahu.

Menurut sejarahnya, tahu Yunsen pertama kali didirikan pada tahun 1923 oleh Liauw Phak Phin dan Mak Ilot dari Talaga, Cikijing, Jawa Barat. Nama Yunsen memiliki artian sukses dan kini sudah dijalankan oleh generasi ke-3.

Meski namanya pabrik tahu, tapi tahu Yunsen menyediakan tempat makan di dalam gang yang menghadap langsung ke tempat pembuatan tahu. Di sini para pengunjung bisa melihat proses pengolahan tahu secara tradisional dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore setiap hari.

Cihuy! Di Bandung Bisa Belanja Tahu dan Lihat PabriknyaSonia PermataFoto: iStock


Ciri khas tahu Yunsen memiliki tekstur yang lembut namun tak mudah hancur karena bagian dalamnya padat. Sementara rasa enaknya terdapat pada penggunaan bumbu kunyit tanpa pengawet dan kedelai pilihan yang berkualitas.

Menu tahu yang tersedia di Yunsen ada tahu kuning, tahu tipis, tahu pong, tahu sutra, dan tahu organik dengan kisaran harga Rp 3.000 per potongnya. Tersedia juga paket tahu yang dikemas dalam kantong kedap udara untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Sementara di pabrik tahu Yun-Yi tampilannya lebih sederhana. Tahu Yun-Yi dirintis sejak tahun 1940 oleh Liauw Hon Tjan asli dari Bandung. Sama seperti Yunsen, tahu Yun-Yi dulu dibuat dengan peralatan sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Cihuy! Di Bandung Bisa Belanja Tahu dan Lihat PabriknyaSonia PermataFoto: dok.detikFood


Kini tahu Yun-Yi memiliki cabang dimana-mana dari Jakarta hingga Semarang. Dengan pabrik tahu yang tersebar di empat kota besar yaitu Bandung, Bogor, Bekasi, dan Semarang. Namun nuansa nostalgia tetap terasa di pabrik tahu Yun-Yi yang ada di Jalan Sudirman ini.

Bagian dalam pabrik tahu menyatu dengan konter penjualan, namun pengunjung tetap bisa melihat proses pembuatan tahu dari pintu dan kaca yang terbuka. Setiap tahu yang baru saja selesai dibuat langsung dikemas ke dalam plastik untuk didistribusikan ke pasar tradisional hingga supermarket.

Cihuy! Di Bandung Bisa Belanja Tahu dan Lihat PabriknyaSonia PermataFoto: dok.detikFood


"Pabrik tahu Yun-Yi yang di sini buka dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore . Setiap harinya bisa produksi tahu mencapai 7000 tahu. Di sini juga tersedia tahu yang sudah divakum jadi lebih aman dan tahan lama kalau mau dibawa ke luar kota," tutur salah satu pegawai di sana.

Tekstur tahu Yun-Yi tak kalah lembut dari Yunsen, bagian luarnya juga halus karena menggunakan kedelai kualitas terbaik. Semua tahu dibuat tanpa formalin atau bahan pengawet lainnya sehingga kualitas rasa dan keamanannya tetap terjamin. Untuk kisaran harganya satu paket tahu kuning atau tahu putih isi 10 berkisar Rp 12.000.

Cihuy! Di Bandung Bisa Belanja Tahu dan Lihat PabriknyaSonia PermataFoto: iStock


Menu tahu lainnya yang tersedia di Yun-Yi ada tahu original, tahu prima, tahu hans, tahu sutra, dengan kisaran harga Rp 15.000 per paketnya.

Nah bagi yang tertarik untuk melihat langsung proses pembuatan tahu legendaris di Bandung, jangan lupa mampir ke dua pabrik tahu ini ya.

Baca Juga: Nyam Nyam... Tahu Yun Yi!



Simak Video "Cara Bikin Soto Bandung yang Gurih dan Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Tahu Enak