ADVERTISEMENT

Nyam Nyam... Tahu Yun Yi!

- detikFood
Sabtu, 19 Jun 2010 12:20 WIB
Jakarta - Siapa yang tidak mengenal tahu Yun Yi? Tahu buatan Bandung ini memang sudah dikenal karena telah berdiri  lebih dari 60 tahun silam. Teksturnya halus lembut, tinggal digoreng saja sudah enak rasanya. Dicocol dengan kecap dan gerusan cabai rawit, wuih.. mantap rasanya!

Dulu jika jalan-jalan ke Bandung atau Bogor tak lengkap rasanya jika tidak menenteng pulang oleh-oleh berupa tahu Yun Yi. Namun kini penggemar tahu Yun Yi di Jakarta tak khawatir lagi, karena tahu ini sudah  banyak dijual di berbagai supermarket atau hypermarket.

Yun Yi sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Mandarin yaitu bermanfaat atau beruntung.  Awalnya sang  pemilik merintis usaha ini secara kecil-kecilan alias home industry. Lama-kelamaan penjualan tahu ini makin berkembang dan akhirnya tersebar luas di luar kota Bandung, seperti Bogor dan Jakarta.

Yang membuat Yun Yi istimewa tak hanya terletak dari teksturnya yang lembut dan halus karena memakai kedelai dengan kualitas baik. Tahu buatan sendiri ini juga bebas formalin sehingga harus langsung dikonsumsi dan tak dapat disimpan lama. Seiring waktu tahu Yun Yi pun telah memperoleh sertifikat halal.

Ada beberapa jenis tahu buatan Yun Yi, ada tahu putih yang banyak digunakan untuk masakan seperti sup, tahu sutera, lalu salah satu favorit adalah tahu kuning yang memakai pewarna alami kunyit. Tahu kuning ini paling enak dijadikan camilan praktis akhir pekan atau bisa juga teman menonton piala dunia.

Tahu Yun Yi bisa dibeli di toko-toko agen penjualan yang ada di beberapa tempat di Bandung. Kalau mampir ke tokonya bisa membeli tahu yang segar, susu kedelai dan tahu bakso. Pilih tahu yang paling baru atau segar dan tak perlu menambahkan garam karena tahu ini sudah gurih rasanya.

Selain harganya tidak terlalu mahal, cara pembuatannya sangat mudah. Tinggal digoreng saja hmm... rasanya sudah enak. Apalagi saat disantap hangat-hangat dengan cocolan kecap plus sambal rawit, wuih... pastinya tambah sedap. Cobain deh!

(dev/Odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT