Tahu Enak

Berasal dari China, Tahu Kini Jadi Camilan Paling Populer di Indonesia

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 26 Feb 2020 18:30 WIB
traditional indonesian food. asian culinary tahu bakso Foto: iStock
FOKUS BERITA Tahu Enak
Jakarta -

Tahu yang aslinya dari China kini tersebar di berbagai wilayah Indonesia dengan olahan yang menarik. Tak hanya digoreng, kreasinya sangat beraneka ragam.

Tahu berasal dari China tetapi olahan kacang kedelai ini populer di berbagai negara di Asia. Dari Jepang, Korea, Thailand hingga beberapa negara Asia lainnya. Masing-masing negara mengadaptasi tahu dengan rasa lokal. Termasuk juga olahan tahu khas Indonesia.

Tahu berasal dari bahasa Hokkian yaitu 'tauhu' yang memiliki arti 'fermentasi kacang kedelai'. Di Indonesia proses pembuatan tahu secara tradisional dilakukan turun temurun oleh keturunan China juga oleh orang lokal.'

Berasal dari China, Tahu Kini Jadi Camilan Paling Populer di IndonesiaFoto: iStock

Tahu kini jadi populer karena merupakan sumber protein nabati yang enak dan murah. Seiring dengan perkembangan gaya hidup sehat, tahu jadi andalan kaum vegan dan vegetarian.

Sudah ada sejak 2200 tahun lalu, tahu ini ditemukan oleh Liu An yang merupakan seorang bangsawan dari dinasti Han. Bisa menjadi populer di Indonesia, karena tahu dibawa oleh para perantau China ke seluruh penjuru dunia termasuk ke Asia Timur dan Asia Tenggara.

Tahu yang ada di Indonesia juga memiliki ragam jenis yang berbeda. Berbahan dasar sama, tahu di Indonesia terbagi menjadi tahu putih, tahu kuning atau takua, tahu sutera, tahu pong hingga tahu goreng.

Baca Juga: 5 Resep Tahu Goreng Enak Buat Ngemil Sore

Beragam jenis tahu tersebut lalu dijadikan kudapan yang enak dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Aceh. Masing-masing daerah punya ciri khas sendiri. Seperti tahu pong khas Semarang, tahu Sumedang hingga tahu Kediri yang lembut padat.

Berasal dari China, Tahu Kini Jadi Camilan Paling Populer di IndonesiaFoto: iStock

Untuk camilan, biasanya tahu tersebut digoreng dengan balutan tepung. Ada juga yang diisi dengan isian sayur, daging, hingga cita rasa pedas. Biasa disajikan dengan sambal kacang, sambal rawit kecap atau gerusan bawang merah dan cabai.

Berasal dari China, Tahu Kini Jadi Camilan Paling Populer di IndonesiaFoto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Karena jadi kudapan yang paling populer di Indonesia, ulasan detikFood kali ini akan membahas lebih detail tentang tahu enak. Mulai dari jenis-jenis tahu, camilan tradisional tahu khas daerah, rekomendasi tempat makan olahan tahu yang enak, hingga tahu legendaris di Indonesia. Juga beberapa momen politisi yang menyantap tahu, dan juga tahu kekinian yang enak. Pantau terus detikFood ya!

Baca Juga: Buat Ngemil Sore, Di Sini Ada 5 Tahu Kriuk yang Gurih Enak



Simak Video "Icip-icip Varian Tahu Hits"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)
FOKUS BERITA Tahu Enak