Duh! Warga Malaysia Protes karena Roti Canai Disebut 'The Asian Flat Croissant'

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 25 Feb 2020 16:00 WIB
roti canai - protes orang malaysia roti canai disebut croissant Foto: Istimewa
Jakarta -

Roti canai disebut 'The Asian Flat Croissant' dalam sebuah situs masak. Rupanya hal itu membuat warga Malaysia geram karena tak terima dengan sebutan tersebut.

Roti canai adalah roti bertekstur tipis dan sedikit garing. Jenis flat bread ini mendapat pengaruh dari India dan banyak ditemui di Malaysia serta negara-negara melayu lainnya. Roti canai juga sering disebut sebagai roti prata karena bentuk dan bahannya mirip dengan kerala porotta.

Roti berbentuk pipih ini diolah dengan cara dipanggang. Menyantap roti canai ini biasanya dicocol dengan kari. Ada juga yang menyukai versi roti prata manis dengan taburan cokelat meisjes, parutan keju, dan susu kental manis.

Duh! Warga Malaysia Protes karena Roti Canai Disebut 'The Asian Flat Croissant'Foto: Istimewa

Resep roti canai sudah pasti banyak dibuat, namun baru-baru ini ada resep yang dimuat sebuah situs masak. Mereka mengganti nama roti canai menjadi nama dalam bahasa Inggris. Roti canai disebut dengan 'The Asian Flat Croissant'.

Baca Juga: Aduh Enaknya, Roti Cane Dicocol Kari Kambing!

Seperti dilansir dari World of Buzz (24/2), penggantian nama roti canai ini membuat banyak warga Malaysia protes. Pasalnya mereka tidak setuju dengan sebutan bahasa Inggris tersebut.

'The Asian Flat Croissant' memang cocok menggambarkan bentuk dan tekstur dari roti canai yang pipih dan sedikit garing. Namun seharusnya penggunaan nama tersebut tidak perlu dilakukan. Ada baiknya tetap menggunakan nama asli yaitu Roti Canai atau Roti Prata agar makanan tersebut lebih banyak dikenali oleh orang-orang.

Padahal pada menu 'The Asian Flat Croissant' juga terdapat deskripsi yang menggambarkan roti canai. Disebut kalau roti canai populer di Malaysia dan Singapura. Bisa dimakan dengan dhal, kari ikan, atau kari ayam. Juga dengan pisang atau bahkan krim cokelat.

Baca Juga: Ah Mei Cafe: Mencicipi Nasi Briyani dan Roti Prata ala Kaki Lima Singapura

Duh! Warga Malaysia Protes karena Roti Canai Disebut 'The Asian Flat Croissant'Foto: Istimewa

Warga Malaysia memprotes di laman Facebook dengan berbagai komentar. Misalnya, "Tolonglah walaupun resep Anda enak, harap jangan memberi nama Eropa.. cukup pakai nama aslinya. Anda tidak menyebut pizza sebagai 'European Naan' kan? pertahankan saja namanya.. namun, suka dengan halaman website Anda."

Ada juga orang Singapura yang memprotes dan mengatakan kalau roti prata (roti canai) tersebut diganti sebagai 'Asian Flat Croissant'. Orang Singapura itu juga mengatakan kalau hal tersebut tidak patut dilakukan.



Simak Video "Kulineran Kaki Lima ala Singapura Tersedia di Jakarta Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)