10 Makanan Khas Jawa Timur dengan Nama Unik, Sudah Pernah Coba?

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 26 Feb 2020 10:30 WIB
Nasi Boran Lamongan Makanan khas Jawa Timur. Foto: dok. detikFood/Eko Sudjarwo
Jakarta -

Jawa Timur memiliki beragam makanan khas enak dengan sensasi gurih dan pedas. Di antara dari makanan khas Jawa Timur ada yang memiliki nama unik dan mengundang penasaran.

Bukan Soto Surabaya atau rawon, menu makanan khas Jawa Timur ini tak hanya namanya saja yang unik tetapi juga rasanya. Ada lodho khas Tulungagung hingga lontong kupang yang terkenal di Surabaya.

Kira-kira mana yang rasanya paling enak dan unik?

Berikut ini beberapa masakan khas Jawa Timur yang bisa kamu coba:

1. Makanan khas Jawa Timur Lodho

Ayam lodho.Makanan khas Jawa Timur. Foto: Ilustrasi: Detikfood

Lodho merupakan masakan berbahan dasar ayam khas Tulungagung. Sebelum diolah dengan campuran santan, daging ayam terlebih dulu dipanggang dengan bara api. Bumbu-bumbu yang digunakan ialah ketumbar, lada, jintan, serai, cabai, lengkuas, daun jeruk purut, kencur, kunyit, bawang merah hingga bawang putih.

Kuahnya yang sangat kental sering dijuluki dengan 'mblondho'. Lodho enak disantap dengan nasi gurih (nasi uduk) dan urap sayur. Tekstur daging ayamnya yang empuk dengan semburat aroma 'smoky' yang enak.

Tertarik membuatnya sendiri? Cek resepnya di sini.

2. Makanan khas Jawa Timur Rujak Soto

Makanan khas Jawa Timur.Makanan khas Jawa Timur. Foto: detikTravel/detikFood

Perpaduan rujak dan soto ini menjadi salah satu makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal di Banyuwangi. Seporsi rujak soto berisi lontong, irisan mentimun, sayuran rebus, potongan tahu tempe dan irisan daging sapi. Uniknya, bumbu rujak dengan paduan petis dan cabai dicampurkan dengan kuah soto dengan campuran jerohan.

Makin mantap dinikmati bersama dengan taburan bawang goreng, seledri, kecap manis, emping, hingga kerupuk udang.

3. Makanan khas Jawa Timur Orem-orem

Makanan khas Jawa Timur.Makanan khas Jawa Timur. Foto: Instagram Jogja Food/Travel Culinary Guide

Mampir ke Malang jangan lupa mencicip orem-orem. Sajian khas Malang, Jawa Timur ini disajikan dengan irisan tempe goreng dan ayam yang dimasak bersama dengan santan kental. Tampilannya mirip seperti kuah opor atau lodeh.

Orem-orem juga biasanya ditambahkan dengan mendol tempe. Selain orem-orem yang ditambahkan tempe, ada juga beberapa jenis orem-orem lainnya seperti orem-orem ayam dan orem-orem telur.

4. Makanan khas Jawa Timur Nasi Boran

Makanan khas Jawa Timur.Makanan khas Jawa Timur. Foto: dok. detikFood/Eko Sudjarwo

Pernah mencicip nasi boran? Ini merupakan makanan khas Jawa Timur, tepatnya di kota Lamongan. Racikan nasi boranan disajikan dengan daging ayam, jerohan, ikan bandeng, telur asin, tahu serta tempe.

Selain itu, ada juga ikan sili. Ikan air tawar ini hidup liar di rawa atau sungai dan sangat banyak ditemukan di Lamongan. Makin enak disantap dengan serundeng alias kelapa parut dan peyek.

5. Makanan khas Jawa Timur Sompil

Makanan khas Jawa Timur.Makanan khas Jawa Timur. Foto: Istimewa

Sompil merupakan ketupat yang disiram dengan kuah santan berbumbu lodeh dengan potongan nangka muda, rebung dan kacang panjang yang sudah dimasak dengan campuran santan cair. Sompil disajikan dengan taburan potah yang dibuat dari kedelai goreng dan sudah digiling halus dengan bawang putih.

Sompil menjadi salah satu makanan khas Tulungagung, Jawa Timur. Sajian ini juga biasanya disantap saat sarapan.

6. Makanan khas Jawa Timur Lontong Balap

Makanan khas Jawa Timur.Makanan khas Jawa Timur. Foto: shutterstock

Surabaya tidak hanya punya rawon dan rujak cingur. Lontong balap juga menjadi salah satu makanan enak dari Surabaya yang memiliki nama unik. Lontong balap disajikan berkuah dengan isian tauge, tahu dan lento.

Ada cerita unik dibalik nama lontong balap. Sekitar tahun 1913, di Semarang banyak yang berjualan lontong. Kala itu, namnaya bukan lontong balap. Tetapi pedagang lonting berjualan di sekitaran kebun binatang semua. Sehingga semua penjual balap-balapan untuk sampai lebih pagi di sana. Sehingga disebut dengan lontong balapan atau lontong balap.

7. Makanan khas Jawa Timur Lontong Kupang

Makanan khas Jawa Timur.Makanan khas Jawa Timur. Foto: Istimewa

Pernah mencicip lontong kupang? Kupang merupakan hewan laut semacam kerang yang bentuknya sangat kecil. Lontong kupang ini disajikan dengan potongan lontong, kuah petis berwarna cokelat bening dengan taburan kupang dan juga sate kerang. Untuk menghilangkan aroma amis, beberapa penjual menambahkan bawang putih goreng dan jeruk nipis.

Makan lontong kupang khas Surabaya, Jawa Timur, jangan lupa disantap dengan es kelapa hijau supaya semakin segar ya.

8. Makanan khas Jawa Timur Nasi Tumpang

Makanan khas Jawa Timur.Makanan khas Jawa Timur. Foto: Instagram

Di Kediri, Jawa Timur ada nasi dengan sambal tumpang yang enak. Sambal tumpang ini merupakan masakan berkuah kental yang dengan paduan tempe semangit. Rasanya pedas dengan sensasi segar aroma kencur dan daun jeruk.

Sambal tumpang juga nikmat dicampurkan dengan tahu, tempe dan kerupuk kulit. Santap dengan nasi dan kerupuk.

9. Makanan khas Jawa Timur Nasi Krawu

Makanan khas Jawa Timur.Makanan khas Jawa Timur. Foto: Istimewa

Nasi Krawu jadi makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal tepatnya dari Gresik, Jawa Timur. Nasi pulen yang disajikan beralaskan daun pisang ini disajikan lengkap dengan semur daging, sambal terasi hingga serundeng. Rasanya pedas dan gurih nikmat.

10. Makanan khas Jawa Timur Sego Tempong

Makanan khas Jawa TImur.Makanan khas Jawa TImur. Foto: instagram cicikuliner

Selain rujak soto yang cocok jadi makanan kala hujan. Sego tempong khas Banyuwangi juga tak boleh ketinggalan. Sego tempong disajikan dengan seporsi nasi dan aneka sayur seperti kemangi, kenikir, serta rebusan bayam yang disiram dengan sambal super pedas.

Sego tempong khas makanan Jawa Timur juga disajikan dengan pelengkap berupa tempe, tahu, ayam goreng serta bakwan jagung.



Simak Video "Kothokan, Menu Asal Jawa Timur yang Cocok untuk Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)