10 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak Lainnya

Niken Widya Yunita - detikFood Selasa, 25 Feb 2020 11:30 WIB
tekwan Foto: detikfood/10 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak Lainnya
Jakarta -

Palembang, Sumatera Selatan, terkenal akan makanan khasnya yakni pempek. Selain pempek, ada makanan khas Palembang lainnya yang enak, seperti model, dan sebagainya.


Kalau lagi singgah di Palembang, jangan lupa mencicipi makanan khasnya. Kamu bisa mencoba dari makanan populer, minuman, hingga makanan keringnya. Lokasinya bisa di warung kaki lima atau restoran.


Berikut makanan khas Palembang seperti dirangkum detikFood:


1. Pempek

8 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak LainnyaFoto: Instagram/10 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak Lainnya


Semua orang sudah mengenal pempek. Pempek juga banyak dijual di Jakarta atau di Jabodetabek. Namun kalau lagi ke Palembang, cobain langsung pempek.


Pempek terbuat dari daging ikan seperti ikan tenggiri dan sagu, kemudian ditambahkan telur. Pempek ada yang berjenis kapal selam, lenjer, dan adaan. Yang khas, pempek disajikan dengan saus khusus yang bernama cuka. Orang Palembang menyebutnya cuko. Cuko terbuat dari campuran gula merah, cabai, bawang putih, garam, dan udang ebi.


Kalau kamu makan pempek di kaki lima atau restoran, cukanya boleh ambil sepuasnya. Kamu bisa makan di restoran pempek terkenal di Palembang antara lain Candy dan Pempek Pak Raden. Selain makan di tempat, pempek bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga atau rekan kantor.


2. Kemplang

8 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak LainnyaFoto: Istimewa/10 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak Lainnya


Makan pempek nggak lengkap kalau tidak makan kudapan ini. Namanya kemplang. Kemplang merupakan kerupuk yang terbuat dari ikan tenggiri atau ikan gabus. Kemplang ada beberapa jenis seperti kemplang kerupuk, kemplang panggang dengan sambal terasi, kemplang koin, dan kemplang mangkok, dan kemplang getas.


Karena seperti kerupuk, kempang memiliki rasa renyah dengan rasa ikan yang khas. Kamu bisa menemui kemplang di pasar-pasar tradisional di Palembang atau beli langsung di restoran pempek.


3. Tekwan

8 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak LainnyaFoto: detikfood/10 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak Lainnya


Bakso merupakan makanan yang disuka masyarakat Indonesia. Namun kalau di Palembang, ada namanya tekwan. Tekwan merupakan olahan dengan bahan utamanya terbuat dari ikan dengan ditambah tepung tapioka. Makanan khas Palembang ini disajikan dengan bakso ikan, mie putih, potongan jamur kuping, dan irisan bengkoang dengan kuah dari udang, serta daun bawang.


4. Model


Model adalah salah satu makanan khas Palembang. Bahan-bahannya yakni ikan tenggiri, tahu China, tepung sagu, dan telur, serta disajikan bersama dengan kuah udang yang khas. Model mirip dengan tekwan. Namun bedanya model menggunakan tahu China. Model bisa ditemukan di penjual kaki lima pempek atau restoran pempek yang ada di Palembang.


5. Laksan

8 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak LainnyaFoto: windyfuntravel/10 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak Lainnya


Laksan, makanan khas Palembang tak kalah lezatnya dengan pempek. Bentuknya unik yakni berbentuk oval. Laksan dibuat dari tepung sagu dan ikan. Bahkan rasanya mirip dengan pempek. Yang membuat berbeda yakni penggunaan kuahnya. Laksan disajikan dengan kuah bersantan seperti lontong sayur dengan warna kemerah-merahan. Rasanya gurih dan nikmat saat dimakan.


6. Mie Celor

8 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak LainnyaFoto: Istimewa/10 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak Lainnya


Mie Celor adalah makanan khas Palembang yang sudah terkenal. Makanan ini mirip mie Aceh. Namun untuk membuat mie celor, yang dipakai adalah jenis mie telur. Satu porsi mie Aceh diisi dengan mie dan kuah santan kaldu ebi. Satu porsi lengkap mie celor ada tambahan berupa tauge, telur, kucai, dan daging udang. Rasanya gurih banget. Mie celor bisa dimakan saat sarapan.

7. Pindang Patin

8 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak LainnyaFoto: Instagram/10 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak Lainnya


Makanan khas Palembang yang terkenal yakni ikan patin. Ikan patin banyak dikembangbiakkan di Palembang. Ikan ini memiliki rasa yang enak dan dagingnya lembut, sehingga sangat nikmat bila dijadikan pindang.


Bahan pembuatan pidang patin yakni ikan patin dengan rasa gurih segar, jahe, bawang merah, bawang putih, kunyit, daun salam, belimbing sayur, dan serai. Selain rasa gurih, kuah berwarna bening kekuningan tersebut berpadu rasa masam karena berasal dari belimbing sayur. Makanan ini paling nikmat dimakan saat hangat.


8. Pindang Tulang

8 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak LainnyaFoto: detikfood/10 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak Lainnya


Selain ikan pindang patin, ada juga yang terkenal sebagai makanan khas Palembang. Namanya pindang tulang. Makanan ini menjadikan tulang sebagai bahan utamanya. Namun tulang di sini bukan tulang ikan melainkan tulang sapi dengan sedikit daging dan sumsum tulang.


Bahan lainnya yakni tulang sapi dicampur cabai hijau, lengkuas, serai, bawang merah, kunyit, dan bawang putih. Bisa juga ditaburi irisan sayur dan irisan tomat untuk menambah sensasi rasa nikmat. Makan selagi hangat dengan nasi putih.

9. Es Kacang Merah

8 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak LainnyaFoto: Pinterest/10 Makanan Khas Palembang, Ada Pempek, dan Kudapan Enak Lainnya


Es kacang merah merupakan teman makan pempek. Usai makan pempek yang pedas, kamu bisa langsung menikmati es kacang merah. Es kacang merah dapat melegakan dahaga apalagi saat udara cerah. Kamu bisa menemukan es kacang merah di pedagang kaki lima atau restoran pempek.


10. Roti Koing


Makanan khas Palembang ini sudah tidak asing lagi. Namanya Roti Koing. Makanan ini berbentuk bulat dan sedikit keras dengan tidak memiliki rasa alias tawar. Orang-orang mengonsumsinya dengan cara merendam roti dalam teh atau kopi. Saat puasa, menu makanan kering ini merupakan menu wajib.



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)