Masak Apa Hari Ini : Bulgogi dan Korean Fried Rice yang Sedap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 24 Feb 2020 08:30 WIB
makanan korea Foto: Getty Images
Jakarta -

Tak hanya drama dan Kpop, makanan Korea juga enak dan menggoda selera. Rasanya yang pedas menyengat dan gurih bikin ketagihan. Bikin yuk!

Makanan Korea punya rasa pedas karena memakai cabai kering dan gutih karena memakai banyak bawang putih. Rasa yang dekat dengan lidah kita membuat makanan Korea jadi favorit banyak orang. Ternyata membuatnya juga tidak sulit.

Bulgogi, sajian daging sapi khas Korea memakai irisan daging tipis dan bumbu cabai merah dan wijen yang banyak. Membuatnya mudah karena daging direndam bumbu dan dipanggang lalu dinikmati hangat.

Pencinta nasi goreng pasti suka Korean Fried Rice yang diaduk dengan kimchi yang pedas segar. Makin enak ditambah dengan telur dadar dan taburan potongan nori.

Saat tubuh kurang fit juga untuk menjaga stamina, orang Korea selalu membuat sup ayam, Samgyetang. Rempah dan ginseng yang direbus bersama ayam bisa menambah nutrisi dan daya tahan tubuh.

Hidangan negeri Kpop ini bisa jadi inspirasi untuk menyusun menu harian keluarga. Rekomendasi resep-resepnya dari detikfood akan membimbing Anda meraciknya hingga rasanya tak kalah dengan bikinan restoran Korea.

Masak Apa Hari Ini : Bulgogi dan Korean Fried Rice yang SedapFoto: detikcom



1. Bulgogi

Daging panggang merupakan sajian utama khas Korea. Selain daging terderloin, iga sapi juga sering diolah dengan cara dibakar atau dipanggang. Biasanya daging panggang dimakan bersama sayur-sayuran dan saus.

Daging sapi yang enak untuk bulgogi adalah daging sapi sapi dengan lapisan lemak seperti sirloin. Biasanya daging diiris tipis lalu direndam dengan bumbu selama beberapa jam hingga bumbu meresap.

Rasa manisnya berasal dari buah pir yang diparut halus. Jika irisan daging sudah diaduk dengan bumbu. Taruh dalam wadah bertutup dan simpan dalam lemari es. Daging berbumbu ini bisa disimpan selama beberapa jam dalam lemari es.

Untuk mematangkan bisa dipakai wajan besi atau yang berlapisan antilengket. Karena daging sudah berlemak, jika perlu tak usah menambahkan minyak lagi. Lemak daging akan meleleh saat dipanaskan dan membuat daging jadi lembap dan gurih. Langkah-langkah pembuatannya bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Bulgogi dan Korean Fried Rice yang SedapFoto: detikcom



2. Kimchi Fried Rice

Kimchi merupakan fermentasi sayuran yang sudah dinobatkan sebagai superfood karena kandungan nutrisinya yang menyehatkan. Kimchi banyak dijual di pasar swalayan dalam kemasan plastik siap santap.

Jika kurang pedas bisa ditambahkan cabai merah bubuk sesuai selera. Demikian juga dengan jumlah kimchi bisa ditambahkan jika suka sayuran. Gunakan nasi pulen yang dimasak sedikit pera agar mendapatkan tekstur yang empuk enak.

Pelengkap nasi goreng ini bisa berupa telur mata sapi, telur dadar dan potongan nori. Agar lebih enak bisa ditambahkan taburan wijen sangrai agar rasanya lebih gurih enak. Cara membuat resep ini bisa dicek di sini

Masak Apa Hari Ini : Bulgogi dan Korean Fried Rice yang SedapFoto: detikcom


3. Samgyetang

Para dokter dan ahli nutrisi di dunia menganjurkan untuk konsumsi sup ayam jika kondisi tubuh kurang sehat. Sup ayam khas Korea ini dimasak dengan ginseng dan rempah. Racikan rempah dan bumbu kering ini dijual dalam kemasan siap pakai di supermarket.

Pilih ayam kampung yang gemuk dan muda atau ayam kampung berkaki hitam. Cuci bersih dan tiriskan. Selama merebus tutup panci dan gunakan api kecil agar bumbu dan rempah meresap dan daging ayam menjadi lunak serta kuahnya lezat.

Untuk menyantap, ayam bisa dipotong dengan ukuran per porsi atau per mangkuk. Kemudian siram dengan kuah panasnya berikut rempahnya. Ikuti cara membuat sup ayam tradisional Korea yang berkhasiat di sini.



Simak Video "Cute Banget, Yakin Tega Makan Korean Flower Buttercream Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya