Ini yang Dikerjakan Para Chef di Gedung Putih untuk Presiden Amerika

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 23 Feb 2020 10:00 WIB
chef amerika ungkap bagaimana melayani presiden amerika Foto: Istimewa
Jakarta -

Chef yang bertugas memasak untuk presiden Amerika Serikat punya kualifikasi tersendiri. Apalagi ia harus menyiapkan makanan setiap hari juga untuk pesta.

Menjadi chef di Gedung Putih tidak sama dengan chef di restoran. Karena Gedung Putih merupakan gedung bersejarah dan memiliki banyak dapur. Karenanya chef Gedung Putih dipilih dengan kualifikasi khusus, selain kemahiran memasaknya.

Dilansir oleh Huff Post (17/2), ada 3 chef yang pernah bertugas melayani Presiden di Gedung Putih. Mereka adalah Bill Yosses, Andre Rush, dan Marti Mongiello.

Bill Yosses merupakan salah satu chef Gedung Putih yang bertugas menyiapkan makanan setiap hari untuk keluarga orang nomor 1 di Amerika Serikat. Saat itu ia bertugas sebagai pastry chef selama masa jabatan Presiden Barack Obama dari tahun 2006 hingga 2014.

Ini yang Dikerjakan Para Chef di Gedung Putih untuk Presiden AmerikaChef Bill Yosses Foto: Istimewa

Bill Yosses Yosses mengungkapkan kalau ia senang bekerja dengan Barack Obama. Menurutnya bekerja di sana sangat menyenangkan, ia juga bertemu dengan pekerja lain yannya seperti tukang kayu dan tukang pipa yang sudah bekerja puluhan tahun. Ia sudah memiliki restoran sendiri di New York dan pertama kali mendapat panggilan untuk mengabdi sebagai chef untuk George W.Bush pada tahun 2006.

Baca Juga: 9 Momen Jokowi Menikmati Makanan 'Ndeso' Asli Indonesia

Selain Bill Yosses ada chef Andre Rush dan chef Marti Mongiello yang berkerja di dapur Gedung Putih. Chef Andre Rush adalah adalah seorang motivator dan seorang chef militer. Ia mulai memasak di Gedung Putih untuk presiden Bill Clinton pada tahun 1997. Setelah itu beberapa kali masuk keluar hingga tahun 2018. Andre Rush sangat senang bekerja di Gedung Putih karena semua soal makanan dipercayakan penuh padanya sehingga ia bebas berkreasi.

Sementara Chef Marti Mongiello dulunya adalah chef di Angkatan Laut. Ia bekerja untuk Bill Clinton di Gedung Putih saat masa jabatan pertama Clinton tahun 1993-1996. Ia bekerja di Camp David tempat peristirahatan presiden Amerika dan jika ada acara kenegaraan iapun bekerja di dapur Gedung Putih.

Lalu bagaimana cara menyiapkan makanan untuk semua orang di Gedung Putih?

Ini yang Dikerjakan Para Chef di Gedung Putih untuk Presiden AmerikaFoto: Istimewa

Gedung Putih bukan hanya tempat dimana keluarga nomor 1 di Amerika tinggal dan makan. Gedung Putih memiliki beberapa area, diantaranya ada Oval Office yang berlokasi di West Wing. Biasanya Presiden, anggota kabinet, dan para tamunya akan makan siang di situ. Para Chef pun akan bekerja keras memasaka makanan yang nantinya diantar ke ruangan tersebut.

Lalu ada area yang dikenal dengan Rumah Kediaman, tempat tinggal keluarga nomor 1 di Amerika. Para chef menyiapkan makanan untuk keluarga nomor 1 Amerika di tempat tersebut. Dalam menyiapkan makanan tak hanya satu orang chef saja.

Chef yang betugas di sana diataranya ada Excecutive Chef yang memegang tanggung jawab penuh atas semua hal yang terjadi di dapur Gedung Putih, lalu ada asisten chef, pelayan dapur, dan juga 2 anggota pastry chef. Tanggung jawab mereka adalah menyiapkan sarapan, makan siang, dan makan malam untuk keluarga serta tamu yang ada di sana.

Bill Yosses pun mengungkapkan kalau mereka harus siap selama 24 jam dalam satu minggu penuh jika diperlukan. Pernah suatu saat ada keadaan darurat nasional dan mereka diharuskan bangun pukul 3 pagi untuk mengurusi makanan mereka.

Santap Malam Dipenuhi Orang Penting dan Pengamanan Ketat

Saat menyiapkan makan malam di Gedung Putih terasa lebih merepotkan. Karena dituntut menjadi seorang chef hotel, chef pribadi, dan chef restoran dalam waktu bersamaan. Makanan yang harus disiapkan pada makan malam pun sangat banyak, setidaknya 5-6 hidangan.

Dan jumlah porsi yang dimasak pun harus banyak, karena Gedung Putih sering menjamu orang-orang penting dari pemimpin negara lain atau politisi Amerika serta selebriti. Untuk menyiapkan hidangan pun diperlukan banyak orang, untuk 1 hidangan diperlukan 10 orang. Jadi lebih baik kelebihan tim daripada kurang dan akhirnya tidak cukup.

Mongiello pun mengungkapkan kisahnya saat ia menyiapkan makanan di Gedung Putih pada akhir tahun 90-an. Saat itu ia memasak untuk para tamu dan juga Presiden Italia yaitu Sophia Loren. Tak hanya soal makanan yang penting, keamanan pun sangat diperhatikan. Soal keamanan saat makan malam sangat ketat, seperti ada petugas lengkap dengan senapan mesin dan peluncur roket.

Baca Juga: Begini 10 Gaya Seru Barack Obama Saat Makan Burger hingga Es Krim

Seperti Apa Makanan Favorit Keluarga Presiden Obama dan Bill Clinton?

Ini yang Dikerjakan Para Chef di Gedung Putih untuk Presiden AmerikaFoto: Istimewa

Mantan Presiden ke 44 yaitu Obama dan keluarganya sangat menyukai pie buatan Bill Yosses. Menurut Yosses keluarga nomor 1 di Amerika tersebut menyukai segala jenis pie yang ia buat, seperti pie buah, pie pisang dan krim, dan juga Boston cream pie. Bill Yosses yang merupakan chef pastry ini pun juga membuat hidangan penutup lainnya seperti Chocolate bonbons, petit fours, kue lapis, kue sifon, es krim, dan lainnya.

Tak hanya Presiden Obama yang memiliki makanan favorit. Bill Clinton pun memiliki makanan favoritnya, menurut chef Mongiello yang dulu bekerja untuknya, Bill Clinton sangat menyukai manisan kulit semangka. Dan merek favorit Bill Clinton untuk manisan kulit semangka tersebut adalah Old South. Saat menyantap manisan tersebut, Mongiello mengatakan kalau Bill Clinton terlihat bahagia.



Simak Video "Chef Arnold, Gibran dan Kaesang Kolaborasi Bisnis Kuliner Lagi!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)