Karena Cuaca Panas, Setengah Juta Kerang di Pantai Ini Jadi Matang

Sonia Basoni - detikFood Senin, 24 Feb 2020 12:30 WIB
Kerang Matang Cuaca Panas Foto: Istimewa
Jakarta -

Karena cuaca panas yang melanda pesisir New Zealand ada setengah juta kerang yang matang di dalam cangkang.

Lebih dari setengah juta ekor kerang kerang matang di dalam cangkang karena melalui proses masak yang alami. Proses matangnya kerang ini disebabkan cuaca panas ekstrem yang berubah di pesisir New Zealand.

Baca Juga: Uniknya Aneka Jenis Kerang, Ada yang Mungil dan Super Besar

Karena Cuaca Panas, Setengah Juta Kerang di Pantai Ini Jadi MatangFoto: Istimewa


Dikabarkan Asia One (23/02), ratusan ribu kerang ini ditemukan oleh salah satu pria Brandon Ferguson yang berasal dari Auckland. Saat itu Brandon tengah berkunjung ke pantai Maunganui Bluff yang berada di utara New Zealand.

Ia kemudian terkejut saat menemukan ratusan ribu kerang dengan cangkang yang terbuka di pesisir pantai.

"Mereka semua mati, tidak ada yang tersisa," ucap Brandon di dalam video yang direkamnya ke Facebook. Video ini pun langsung viral dan menarik perhatian banyak orang.

Karena Cuaca Panas, Setengah Juta Kerang di Pantai Ini Jadi MatangFoto: Istimewa


Sementara menurut Profesor Chris Battershil selaku ahli ekologi kelautan dari Waikato University, mengatakan bahwa fenomena serupa di mana kerang matang di dalam cangkang sering terjadi beberapa tahun terakhir.

"Fenomena seperti ini terjadi karena cuaca panas yang tinggi dan sinar matahari yang ada. Hangatnya suhu air laut juga jadi penyebabnya. Kombinasi dari suhu air dan suhu udara yang panas membuat para biota laut kehabisan oksigen dan jadi 'dimasak' secara alami," jelasnya.

Profesor Chris juga menambahkan bahwa ini semua berkaitan dengan perubahan iklim.

Karena Cuaca Panas, Setengah Juta Kerang di Pantai Ini Jadi MatangFoto: Istimewa

"Kerang adalah hewan kecil yang tangguh. Mereka bisa bertahan hidup di dalam supermarket dengan sedikit air yang disediakan. Butuh kondisi ekstrem untuk membuat kerang mati. Dengan adanya fenomena ini sudah seharusnya orang-orang memperhatikan perubahan iklim," lanjut Profesor Chris.

Hal serupa juga dituturkan oleh Andrew Jeffs selaku ilmuwan kelautan dari University of Auckland. Ia menyebutkan bahwa fenomena setengah juta kerang matang di dalam cangkang ini karena perubahan iklim.

Sebelumnya kasus kerang matang di dalam cangkang juga pernah terjadi di California. Seorang peneliti menemukan banyak kerang dengan cangkang yang sudah terbuka dan sedikit gosong. Semuanya disebabkan karena cuaca panas yang ekstrem.

Baca Juga: Duh! Gara-gara Gelombang Panas, Kerang Ini Jadi Matang Dalam Cangkang



Simak Video "Juicy Gurih New Zealand Rib Eye dan Hamburg Buttered Rice"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)