Larang Wanita Menstruasi Memasak, Pendeta di India Dikecam Keras

Riska Fitria - detikFood Minggu, 23 Feb 2020 14:00 WIB
White sanitary pad with red and pink flowers on it, woman health or body positive concept. Pink background.  Flatlay. Copyspace Pendeta yang melarang wanita menstruasi untuk masak Foto: Istimewa
Jakarta -

Melarang wanita menstruasi memasak, seorang pendeta di asrama India memaksa para gadis melepas celana mereka. Ini untuk memastikan mereka tidak menstruasi sebelum masak.

Adalah Swami Krusnashwarup Dasji, seorang pendeta di sebuah asrama bernama Bhuj di India yang mendapat kritik dari banyak orang setelah mengeluarkan sekte berupa larangan aneh. Larangan itu berupa wanita yang sedang menstruasi tidak boleh masak untuk suaminya.

Dilansir dari The Print (20/02) larangan yang buat oleh Swami tersebut ternyata direkam video dan menjadi viral. Dalam video tersebut, Swami mengatakan bahwa wanita menstruasi yang memasak makanan untuk suaminya akan terlahir sebagai perempuan jalang.

Larang Wanita Menstruasi Memasak, Pendeta di India Dikecam KerasPendeta Swami Krusnashwarup Dasji Foto: Istimewa

Sementara untuk para suami yang memakan makanan buatan istrinya yang sedang menstruasi akan mendapatkan keturunan seperti seekor lembu. Sontak, pria yang sudah menjadi pendeta selama 24 tahun tersebut langsung dikritik oleh netizen di media sosial.

Lebih menjijikkannya lagi, pendeta yang juga mengelola perguruan tinggi di Bhuj, Gujarat tersebut mengadakan pemeriksaan menstruasi pada para gadis di sana.

Baca Juga : Benarkah Makan Pisang Bisa Atasi Kram Saat Menstruasi?

Dilaporkan ada sebanyak 68 gadis yang dipaksa untuk melepas celana mereka untuk memastikan apakah mereka menstruasi atau tidak, sebelum memasak makanan.

Larang Wanita Menstruasi Memasak, Pendeta di India Dikecam KerasWanita menstruasi dilarang untuk masak Foto: iStock

Tidak hanya itu, Swami juga mengharuskan para pria untuk belajar memasak sebelum menikah. Itu diperlukan agar istri mereka dapat menghabiskan hari-hari mereka selama masa menstruasi. Menurutnya aturan-aturan tersebut telah diuraikan dalam Shastras, sebuah teks spiritual.

Banyak netizen yang meminta kelompok organisasi hak-hak wanita di India untuk menanggapi sekte Swami. Apa yang telah disebutkan oleh Swami pada sektenya tersebut dianggap sebagai kejahatan sosial, praktik misoginis, dan pola pikir anti wanita.

Sekte larangan wanita menstruasi memasak itu mengingatkan pada mitos yang dipercaya di India. Masyarakat di sebuah pedesaan di India percaya bahwa wanita menstruasi akan meracuni makanan atau minuman yang ia masak.

Larang Wanita Menstruasi Memasak, Pendeta di India Dikecam KerasWanita menstruasi dilarang untuk masak Foto: iStock

Bahkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal kathmandu Medical College, menemukan bahwa sekitar bahwa 55% wanita mengaku bahwa mereka tidak boleh masak atau masuk dapur ketika sedang menstruasi. Itu dilarang karena munculnya anggapan bahwa wanita menstruasi akan meracuni makanan.

Sementara di Jawa juga ada larangan wanita menstruasi membuat tempe atau tapai. Karena akan membuat produk fermentasi tersebut gagal. Entah mitos atau tidak tetapi hingga kini masyarakat Jawa mempercayainya.

Baca Juga : Kenapa Ya Saat Haid Banyak Wanita Ngidam Makan Cokelat?



Simak Video "Legit! Kue Tobu'u yang Buat Hati Menyatu"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)