Es Campur Segar

Selain Es Oyen, Ini 5 Es Campur di Bandung yang Seger Pisan!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 22 Feb 2020 16:00 WIB
Es campur di Bandung Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Es Campur Segar
Jakarta -

Es campur di Bandung ini dijamin bisa segarkan dahaga. Ada es goyobod hingga es cendol yang terkenal dari kota kembang ini.

Racikan es campur khas bisa ditemui di berbagai kota Indonesia, tak terkecuali Bandung. Racikannya unik dengan nama-nama yang bikin penasaran. Penggemar es wajib coba es campur di Bandung yang tersohor enak berikut ini.

Baca Juga: Manis Segar Es Campur yang Masih Eksis dan Disukai Milenial

1. Es campur Pak Tarma

Selain Es Oyen, Ini 5 Es Campur di Bandung yang Seger Pisan!Ilustrasi: Istimewa


Es campur di Bandung ini tergolong legendaris karena sudah ada sejak 1970. Lokasinya ada di Jalan Banteng, di samping Hotel Naraya. Es campur Pak Tarma hanya dijajakan di gerobak, namun selalu ramai peminat.

Isian es campur di sini komplet, mencapai lebih dari 7 isian. Diantaranya ada nangka, cendol berwarna pink, cincau hitam, ketan hitam, kelapa muda, kacang hijau, potongan roti, kolang kaling, sampai alpukat. Pelengkapnya adalah es serut dan susu kental manis serta cokelat.

2. Mango dessert

Selain Es Oyen, Ini 5 Es Campur di Bandung yang Seger Pisan!Foto: Pergi Kuliner


Masih di Jalan Sukajadi, tepatnya di Nomor 157 ada Kedai Ling-Ling yang selalu diburu pencinta es. Racikannya memang tidak seperti es campur, namun rasanya tak kalah enak menyegarkan. Nama menunya, mango dessert atau es mango.

Warnanya cantik yaitu kuning terang karena dibuat dari jus mangga yang kental. Selanjutnya ditambahkan topping aneka jelly. Banyak orang suka rasa manis mangga yang tak berlebihan pada es ini, diimbangi dengan tekstur renyah berbagai jelly.

3. Es cincau kacang merah

Selain Es Oyen, Ini 5 Es Campur di Bandung yang Seger Pisan!Foto: Istimewa


Jalan-jalan ke Lembang, mampirlah ke Restoran Rumah Kayu atau juga dikenal Rumah Kayu Kafe Taiwan. Lokasinya ada di Jalan Wira Nomor 22. Es campur di Bandung yang enak, salah satunya bisa ditemui di sini.

Racikannya adalah es cincau kacang merah. Berbeda dengan es cincau biasa yang hanya ditambahkan kuah santan, di sini ditambahkan kacang merah yang manis legit. Perpaduan cincau hijau yang lembut dan kacang merah yang empuk membuat banyak orang suka.

4. Es goyobod

Selain Es Oyen, Ini 5 Es Campur di Bandung yang Seger Pisan!Foto: Ayo Bandung


Selain es oyen, es campur di Bandung juga termasuk es goyobod yang tersohor. Es ini diracik dari tepung hunkwe sebagai bahan utamanya. Dipotong kecil-kecil dengan tekstur kenyal lembut.

Penjual es goyobod terkenal ada di Jalan Kliningan. Meski hanya gerobakan, penggemarnya tak pernah surut. Es goyobod diracik dari goyobod (tepung hunkwe), es serut, roti, susu kental manis, dan air gula. Tambahan lainnya adalah pacar cina. Sedangkan di tempat lain, es goyobod ada yang ditambahkan kelapa muda atau alpukat.

5. Es cendol Elizabeth

Selain Es Oyen, Ini 5 Es Campur di Bandung yang Seger Pisan!Foto: Ayo Bandung


Es cendol Elizabeth memang tidak seperti es campur di Bandung lainnya, namun es legendaris ini juga selalu jadi tujuan wisata kuliner. Lokasi pusatnya ada di Jalan Inhoftank No. 64.

Es cendol di sini sudah ada sejak 1972, diracik oleh Haji Rohman. Awalnya ia berjualan di depan toko tas Elizabeth. Cendol di sini dibuat dari tepung aci kawung dan gula kelapa. Pewarna hijaunya alami, daun suji lalu ditambah daun pandan sebagai penambah aroma. Rasanya manis menyegarkan!

Baca Juga: 5 Es Campur Legendaris di Jakarta yang Sudah Terkenal Nikmat



Simak Video "Nyamannya Belanja di Pasar Modern Fresh Market Pantai Indah Kapuk"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Es Campur Segar