Ratusan Pedagang Es Campur Sinar Garut Gabung dalam Paguyuban

Devi Setya - detikFood Sabtu, 22 Feb 2020 14:00 WIB
es sinar garut Foto: Devi S. Lestari/detikFood
FOKUS BERITA Es Campur Segar
Jakarta -

Jangan heran jika melihat banyak penjual es Sinar Garut di jalan. Ratusan pemilik usaha es campur ini tergabung dalam satu paguyuban.

Paguyuban penjual es Sinar Garut dipelopori oleh H. Ucu yang tak lain adalah pemilik pertama usaha es campur Sinar Garut. Meski memegang hak paten atas nama Sinar Garut tapi H. Ucu tak pernah melarang jika ada orang yang ingin mendirikan usaha dengan nama Sinar Garut.

Hanya saja H. Ucu membuat aturan yang harus diikuti oleh semua pengusaha es campur yang menamai usahanya dengan embel-embel 'Sinar Garut'. H. Ucu mengumpulkan para pengusaha es campur ini dalam paguyuban yang diberi nama Paguyuban Sinar Garut Asli.

Ratusan Pedagang Es Campur Sinar Garut Gabung dalam PaguyubanFoto: Devi S. Lestari/detikFood


Baca juga : 5 Es Campur Legendaris di Jakarta yang Sudah Terkenal Nikmat


Kepada detikFood, H. Ucu menjelaskan setiap anggota paguyuban harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Paguyuban ini bersifat resmi dan terdaftar dalam badan hukum.

"Awalnya itu karena satu kampung banyak yang ikut jualan Sinar Garut. Saya bilang nggak apa kalau mau jualan tapi dibikin paguyuban," kata H. Ucu yang masih tampak sehat dan bugar.

Dikatakan putra H. Ucu, Mang Cecep saat ini sudah ada kurang lebih 250 pengusaha es Sinar Garut yang masuk sebagai anggota paguyuban. "Mayoritas orang Garut. Sekarang se-Jabodetabek yang terdata ada kurang lebih 250 pengusaha es campur," beber Mang Cecep.

Ada kegiatan rutin yang dilakukan seluruh anggota paguyuban seperti silaturahmi. Tapi ada juga sederet kegiatan sosial yang digerakkan oleh H. Ucu langsung sebagai ketua paguyuban.

"Kita ajak buat kegiatan sosial. Sunatan masal, santunan anak yatim piatu, sedekah buat orang kurang mampu. Alhamdulillah banyak yang tergerak, banyak yang sadar. Ini jadi salah satu yang bikin usaha jadi lancar," ujar H. Ucu.

Ratusan Pedagang Es Campur Sinar Garut Gabung dalam PaguyubanFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Baca juga : Es Campur dan Es Teler Sinar Garut Racikan Haji Ucu yang Legendaris


Bagi anggota paguyuban yang melanggar, maka akan dikenakan sanksi berupa pencabutan merek Sinar Garut. Artinya penjual ini tak boleh lagi berdagang dengan nama Sinar Garut.

Meskipun ada ratusan pedagang es campur Sinar Garut, tapi racikan asli milik H.Ucu punya nama berbeda yakni Es Campur Sinar Garut Insan Putra. Saat ini cabang milik H. Ucu ada di 6 lokasi di Jakarta dan Bekasi.



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Lontong Kari Kebon Karet Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Es Campur Segar