Masak Apa Hari Ini: Gulai Daun Ubi dan Cumi Cabe Hijau yang Sedap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 22 Feb 2020 08:00 WIB
olahan cumi Foto: Detikfood
Jakarta -

Di tanggal tua paling pas memasak sendiri agar bisa makan enak dan hemat. Berbagai masakan rumahan sedap pasti membuat keluarga lahap makan.

Olahan sederhana dari daun ubi atau daun singkong tumbuk gaya Sumatra Utara bisa jadi sayur sedap. Tambahan kecombrang dan santan segar bikin rasanya makin gurih enak. Apalagi disuap dengan nasi hangat.

Ikan asin bisa jadi solusi menambah selera makan. Kali ini cumi asin yang diolah dengan paduan cabai rawit dan cabai hijau. Rasa empuk, gurih sekaligus pedasnya bikin nambah nasi lagi.

Bakwan udang yang gurih dengan paduan jagung manis yang renyah cocok untuk pelengkap lauk. Goreng agak kering agar rasanya gurih renyah dan makin enak dimakan saat masih hangat.

Uang belanja kian menipis? Ide memasak tak boleh ikutan menipis. Dengan rekoemndasi resep detikfood, Anda bisa sajikan beragam menu sederhana yang bikin makan makin nikmat ini.

Masak Apa Hari Ini: Gulai Daun Ubi dan Cumi Cabe Hijau yang SedapFoto: detikfood



1. Gulai Daun Singkong Tumbuk

Meskipun sederhana daun singkong jika diolah dengan tepat rasanya enak. Seperti olahan daun singkong khas Sumut ini. Daun singkong ditumbuk dan diberi bumbu gulai yang ringan. Rasanya jadi gurih segar.

Pilih daun singkong muda lalu rebus sebentar dengan sedikit soda kue dan jangan sampai lunak benar. Angkat, tiriskan dan tumbuk hingga menjadi agak kasar. Gunakan penumbuk batu agar hasilnya lebih bagus.

Bumbu lain yang tak kalah penting adalah tekokak dan rias atau kecombrang. Masukkan sayuran ini terakhir agar tetap renyah saat dimakan. Boleh juga ditaburi teri Medan tawar yang digoreng kering. Untuk resepnya bisa dilihat di sini!

Masak Apa Hari Ini: Gulai Daun Ubi dan Cumi Cabe Hijau yang SedapFoto: detikFood



2. Cumi Tumis Cabai Hijau

Siapa tak doyan cumi asin? Apalagi dimasak dengan cabai hijau. Pilih jenis cumi sero yang kecil dengan tekstur lembek atau lunak sebagai tanda cumi asin masih baru.

Cuci bersih ikan asin cumi lalu rebus dalam air mendidih beberapa saat hingga lunak. Angkat, tiriskan dan cabut atau angkat tulang lunak cumi. Jika berukuran agak besar, potong cumi menjadi 2 atau 3 bagian.

Tumis bumbunya hingga benar-benar layu. Baru masukkan cumi dan aduk-aduk hingga rata. Jangan menambahkan garam lagi karena cumi sudah cukup asin. Biarkan beberapa saat hingga bumbu meresap. Resep membuat cumi tumis cabai hijau, bisa dilihat di sini!

Masak Apa Hari Ini: Gulai Daun Ubi dan Cumi Cabe Hijau yang SedapFoto: Detikfood



3. Bakwan Udang Jamur

Bakwan atau perkedel merupakan lauk gorengan yang selalu disukai keluarga. Kali ini gunakan udang kecil yang harganya lebih murah untuk membuat bakwan yang gurih enak.

Bakwan udang bisa dipadukan dengan jagung manis atau wortel dan buncis yang diiris serong tipis. Masukkan ke dalam adonan terigu secara bertahap agar rasa sayuran masih renyah.

Goreng dalam minyak banyak dan panas agar udang dan adonan bisa matang dan kering merata. Jika suka bisa ditambahkan irisan cabai. Tahapan pembuatan resep ini bisa dilihat di sini.




Simak Video "Raffi Ahmad Jadi Duta UMKM Gegara Sering Review Makanan di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)