Virus Corona Mewabah, Masyarakat China Nikmati Cocktail Pesan Antar

Riska Fitria - detikFood Kamis, 20 Feb 2020 18:00 WIB
bar pesan antar di China Di tengah mewabahnya virus corona, bar di China layani pesan antar Foto: Istimewa
Jakarta -

Setelah lama diblokade karena virus corona, akhirnya bar-bar di China melayani pesan antar. Mereka mengantarkan minuman bar ke rumah-rumah warga.

Semenjak virus corona mewabah di Wuhan, China, membuat Pemerintah setempat memblokade kota tersebut. Alhasil kota Wuhan kini menjadi kota mati karena sudah tidak ada aktivitas sibuk seperti biasanya.

Masyarakat setempat dihimbau tetap berada di rumah untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain. Ini agar penyebaran virus corona tidak semakin meluas. Sementara para pelaku usaha seperti tempat makan, restoran hingga bar-bar juga diminta untuk tutup sementara.

Virus Corona Mewabah, Masyarakat China Nikmati Cocktail Pesan AntarPara pelayan bar yang mengantarkan pesanan di rumah masyarakat di tengah-tengah mewabahnya virus corona Foto: Istimewa

Hal tersebut membuat masyarakat setempat maupun pelaku usaha merasa rugi. Masyarakat yang tidak bisa dengan leluasa menikmati makanan dan minuman kesukaan mereka. Begitupun para pelaku usaha yang tidak mendapat pemasukan.

Oleh karena itu, para pemilik bar di kota Guangzhou, China memutuskan untuk tetap buka, tetapi hanya melayani pelayanan pesan antar. Mungkin ini terdengar aneh, karena biasanya orang yang ingin bersenang-senang dengan minuman bar akan datang langsung ke bar yang dituju.

Tetapi kali ini, justru pelayan bar tersebut yang akan mengunjungi rumah-rumah masyarakat untuk mengirimkan pesanan minuman mereka, lapor Fox News (19/02). Menariknya lagi, bar-bar tersebut memberikan harga miring untuk menu minuman yang ditawarkan, seperti cocktail, mocktail, margarita dan wine.

Virus Corona Mewabah, Masyarakat China Nikmati Cocktail Pesan AntarCocktail yang ada di bar di China Foto: Istimewa

Baca Juga : Takut Virus Corona, Begini Cara Restoran di China Kirim Makanan Tanpa Kontak Langsung

Seperti yang dilakukan olah bar bernama Bandidos Mexican Cantina di Guangzhou. Masyarakat dapat minuman bar secara online melalui aplikasi Wechat. Sementara pada bar Jing-A Brewing Co di Beijing melayani pesanan online melalui Meituan, sebuah situs pesan antara yang terkenal di China.

Setelah menerima pesanan, pelayan bar akan mengirimkan pesanan tersebut tepat di depan pintu rumah. Tak hanya bar-bar saja yang melayani layanan pesan antar.

Restoran cepat saji seperti KFC, Pizza Hut, McDonalds, hingga Starbucks juga melakukan hal yang sama. Dalam pelayanan tersebut mereka menerapkan sistem contactless, pelayan dan pengunjung menentukan lokasi untuk mengambil makanan.

Virus Corona Mewabah, Masyarakat China Nikmati Cocktail Pesan AntarBar di China melayani pesan antar ke rumah-rumah masyarakat Foto: Istimewa

Makanan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kotak. Kemudian masing-masing orang harus berjarak 2 meter satu sama lain. Cara tersebut diharapkan dapat mencegah penyebaran virus corona agar tidak semakin meluas.

Mengingat hingga kini, virus corona dilaporkan sudah menginfeksi lebih dari 73.250 di seluruh dunia. Sementara jumlah kematian telah meningkat setidaknya sebanyak 1.868.

Baca Juga : Duh! 9 Anggota Keluarga Ini Terinfeksi Virus Corona Setelah Makan Hot Pot & BBQ Bareng



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)