Cukup Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Makan Bakmi Jawa di 5 Tempat Ini

Riska Fitria - detikFood Kamis, 20 Feb 2020 12:00 WIB
bakmi jawa di jakarta Bakmi Jawa enak di Jakarta Foto: bakmi jawa di jakarta
Jakarta -

Habis hujan, enaknya siang ini makan yang gurih hangat. Bakmi Jawa khas Yogyakarta bisa jadi pilihan untuk makan siang kamu.

Bakmi Jawa merupakan makanan khas Yogyakarta. Namun, makanan yang menghangatkan tersebut banyak tersedia di Jakarta. Tanpa mengurangi citarasa khas Yogyakarta, bakmi Jawa tersebut dimasak menggunakan tungku atau anglo dengan api arang. Ciri khasnya memakai telur bebek sehingga rasanya lebih gurih.

Tersedia dua varian yaitu mie godog atau mie goreng yang masing-masing diberi pelengkap seperti ayam suwir, telur orak-arik, sawi, hingga bawang goreng. Kalau penasaran mampir saja ke 5 tempat Bakmi Jawa yang autentik di Jakarta.

1. Bakmi Jogja Jape Methe

Cukup Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Makan Bakmi Jawa di 5 Tempat IniBakmi Jawa enak di Jakarta Foto: Instagram @bachrumsjambas

Ada yang tak kalah populer juga di kawasan Tebet. Warungnya dikenal dengan nama Bakmi Jogja Jape Methe. Berada di tengah-tengah kota yang memiliki kafe kekinian, warung Bakmi Jawa ini masih menjadi daya tarik tersendiri. Bakmi Jawa yang ditawarkan sangat autentik khas Yogyakarta karena dimaska menggunakan alat tradisional.

Bakmi Jawa di sana memiliki porsi yang terbilang banyak. Satu porsinya diisi dilengkapi dengan tambahan seperti ayam suwir, sawi dan bawang goreng. Untuk yang mie godog, ditambah dengan kuah yang bertekstur kental karena dibuat dengan campuran telur. Kamu juga bisa memilih antara telur bebek atau telur ayam. Satu porsi dibanderol sekitar Rp. 20.000.

Bakmi Jogja Jape Methe
Jalan Tebet Timur Dalam No. 57
Tebet, Jakarta
Jam buka: 10.00 - 22.00

2. Bakmi Jogja Dharmawangsa

Cukup Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Makan Bakmi Jawa di 5 Tempat IniBakmi Jawa enak di Jakarta Foto: Istimewa

Bakmi Jogja Dharmawangsa lokasinya berada di bilangan Kebayoran Baru. Tentu saja ada varian mie godog dan mie goreng. Namun, kebanyakan pelanggan di sana lebih sering memesan menu mie godog. Apalagi saat musim hujan, satu porsi mie godog dapat mengenyangkan sekaligus menghangatkan tubuh.

Mie godog dengan isian berupa irisan kol, potongan tomat, ayam suwir hingga telur orak-arik. Kemudian disiram dengan kuah kental berwarna bening sampai penuh. Kuahnya dibuat dari kaldu ayam, rasanya pun gurih ringan. Mienya terasa lembut Satu porsinya dibanderol dengan harga sekitar Rp. 20.000.

Bakmi Jogja Dharmawangsa
Jl. Dharmawangsa Raya. No 10c
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telepon : 021279938283
Jam Buka : 10.00 - 22.00

Baca Juga : Pencinta Bakmi, 3 Tips Ini Bisa Bikin Rasa Bakmi Lebih Enak

3. Bakmi Jogja Mas Tok

Cukup Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Makan Bakmi Jawa di 5 Tempat IniBakmi Jawa enak di Jakarta Foto : Instagram @ren_pus

Warung bakmi Jawa yang satu ini tak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat jam makan siang. Bakmi Jawa yang ditawarkan oleh Bakmi Jogja Mas Tok ini mengingatkan dengan rasa bakmi persis di tempat aslinya, Yogyakarta. Bakmi Jogja Mas Tok juga sudah terkenal legendaris sejak 11 tahun yang lalu.

Bakmi Jawanya dimasak dengan menggunakan tungku, lalu dipanaskan menggunakan arang. Satu porsi bakmie Jawa di sini, baik mie godog maupun mie gorengnya disajikan penuh hingga menggunung. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan daging ayam bagian paha atau sayap. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 25.000.

Bakmi Jogja Mas Tok
Jl. Warung Buncit Raya No. 448
Jakarta Selatan
Telepon : 0857-1542-0946
Jam Buka : 11.30 - 23.30

4. Bakmi Jawa Mas Wahyu

Cukup Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Makan Bakmi Jawa di 5 Tempat IniBakmi Jawa enak di Jakarta Foto : Instagram @panggilsayaloui

Bakmi Jawa Mas Wahyu merupakan salah satu warung bakmi Jawa yang populer di Jakarta. Lokasinya berada di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Warungnya sederhana, hanya berupa gerobak kayu dengan beberapa tempat duduk di sana. Ada dua varian bakmi Jawa di sana, yaitu mie godog atau bakmie goreng.

Selain itu, Warung tersebut juga menawarkan menu lain seperti, magelangan, nasi godog, nasi goreng hingga krengsengan. Semua menu makanan di sana dimasak dengan menggunakan arang. Sehingga citarasa khas Yogyakarta sangat terasa. Mienya sangat tebal dengan tekstur yang kenyal. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 20.000.

Bakmi Jawa Mas Wahyu
Jl. Abdul Majid Raya No.3
Cipete, Jakarta Selatan
Telepon : 0899-1582-147
Jam Buka : 11.30 - 23.00

5. Bakmi Jogja Mbah Surip

Cukup Rp 20 Ribu Bisa Kenyang Makan Bakmi Jawa di 5 Tempat IniBakmi Jawa enak di Jakarta Foto: Istimewa

Di bilangan Ampera, Jakarta Selatan kamu akan sebuah warung bakmi Jawa. Warung tersebut bernama Bakmi Jogja Mbah Surip yang dikenal tersohor di kawasannya. Warungnya sangat unik, karena di gerobaknya terdapat daging ayam utuh yang menggantung di sana. Daging ayam tersebut akan digunakan untuk isian bakmi Jawanya.

Ada mie godog dan mie goreng tentu saja. Bakmi tersebut juga dimasak dengan menggunakan tungku dan arang. Hal tersebut untuk memberikan citarasa khas Yogyakarta. Satu porsi mie diberi tambahan seperti ayam suwir, acar timun, daun seledri dan diberi taburan daun bawang. Satu porsinya dibanderol sekitar Rp. 18.000.

Bakmi Jogja Mbah Surip
Jl. Ampera Raya, Jakarta Selatan
Telepong : 021-78839337
Jam Buka : 10.00 - 23.00

Baca Juga : Waduuh.. Enake Bakmi Jawa Pak Haji Minto!



Simak Video "Bakmi Jawa Jap Mebo, Senikmat 'Pulang' ke Jogja"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com