Festival Durian Kalijaya Hadirkan Durian Bernama Unik yang Manis Legit

Dadang Hermansyah - detikFood Kamis, 20 Feb 2020 12:30 WIB
festival durian Festival durian Foto: dok. detikFood / Dadang Hermansyah
Jakarta -

Ada durian si Roti, si Susu, si Nunggal yang punya rasa manis unik khas Desa Kalijaya. Durian Ciamis unggulan ini bisa dicicipi di Festival Durian Desa Kalijaya.

Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Ciamis kembali menggelar festival durian. Festival ketiga kali ini digelar di lapang sepakbola desa selama 5 hari, mulai Rabu (19/02). Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka secara langsung festival durian ini.

Festival ini sebagai sarana untuk lebih mengenalkan durian lokal khas Desa Kalijaya Ciamis. Festival ini terbukti dapat meningkatkan harga durian khas Kalijaya, yang tadinya dibeli murah oleh pasar, kini harganya cukup tinggi. Festival ini menjadi buruan para pecinta durian dari wilayah Pangandaran, Ciamis hingga Jawa Tengah.

Festival Durian Kalijaya Hadirkan Durian Bernama Unik yang Manis LegitFestival durian Foto: dok. detikFood / Dadang Hermansyah

Sedikitnya ada 18 stan petani durian yang memamerkan dan menjual raja buah ini. Diketahui di Desa Kalijaya hampir setiap warga memiliki pohon durian, bahkan seorang ada yang memiliki hingga puluhan pohon. Jumlahnya bila diakumulasikan mencapai 1.000 pohon.

Durian lokal khas Kalijaya ini terbilang unik, setiap pohon memiliki rasa, warna, bentuk dan tekstur yang berbeda. Tak heran bila di Kalijaya ini durian memiliki banyak nama. Seperti si Roti, si Nangka, si Landak, si Susu, si Nunggal, si Kebrek, si Ucil hingga si Kecil Legit. Nama sesuai karakter buah dan tergantung petaninya.

Baca Juga : Di Sentra Durian Kalibata Bisa Makan Durian Petruk dan Medan yang Legit

Pada umumnya, rasanya manis, legit dan berukuran kecil. Sedangkan keunikan terjadi pada warnanya, ada yang kuning atau warna oranye. Harga durian bervariasi dari paling murah Rp 20 ribu hingga yang paling mahal Rp 100 ribu.

Festival Durian Kalijaya Hadirkan Durian Bernama Unik yang Manis LegitFoto: dok. detikFood / Dadang Hermansyah

"Harga durian paling murah Rp 20 ribu, ada yang Rp 30 ribu, Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu. Tergantung ukuran dan jenis atau namanya. Memang ukuran durian cenderung kecil standar lokal, tapi rasanya paling enak," ujar Petani Durian Kalijaya Daryo saat ditemui di stannya.

Sandi Sutardi, petani durian lainnya mengatakan pada festival ini bisa menjual durian sampai 400 buah per hari. Hal itu juga dialami oleh para petani lainnya yang mampu menjual ratusan butir.

Sandi menjelaskan mayoritas warga Kalijaya memiliki pohon, seorang minimal memiliki 10 pohon. Karenanya festival ini sangat membantu para petani untuk memasarkan durian yang melimpah.

Festival Durian Kalijaya Hadirkan Durian Bernama Unik yang Manis Legitfestival durian Foto: dok. detikFood / Dadang Hermansyah

"Dulu harga durian saat musim itu harganya sangat murah, ada yang Rp 5 ribu, Rp 7 ribu dan paling mahal Rp 12 ribu. Sekarang harganya alhamdulillah menguntungkan paling murah sekarang Rp 20 ribu. Dulu kita harus memasarkan muter-muter, sekarang pembeli datang sendiri," kata Sandi.

Kepala Desa Kalijaya Yosep Kurniawan bersyukur bisa menggelar festival durian untuk yang ke 3 kali, berkat bantuan para pemuda dan dukungan petani durian. Berkat festival durian Kalijaya terkenal di beberapa daerah.

"Di luar sana banyak yang jual durian meski bukan dari sini tapi ngakunya durian Kalijaya. Sekarang durian Kalijaya banyak dijual ke berbagai daerah seperti Bandung dan perkotaan lain. Itu terbukti kami punya potensi," jelas Yosep.

Festival Durian Kalijaya Hadirkan Durian Bernama Unik yang Manis LegitFestival durian Foto: dok. detikFood / Dadang Hermansyah

Dalam festival ini diisi juga dengan kontes durian mencari bibit unggul durian lokal dan terbuka secara umum. Juga kegiatan pelatihan budidaya durian dengan mendatangkan ahli dari luar daerah.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berterimakasih kepada Pemerintah Desa dan warga Kalijaya telah menyelenggarakan festival durian. Ini dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian.

Festival Durian Kalijaya Hadirkan Durian Bernama Unik yang Manis LegitFestival durian Foto: dok. detikFood / Dadang Hermansyah

"Promosi adalah sangat penting salam mengenalkan produk unggulan. Salahsatu unggulan Desa Kalijaya adalah durian, selain itu ada kopi dan manggis. Mudah-mudahan durian Kalijaya, Ciamis bisa dikenal nasional," jelasnya.

Herdiat mengatakan saat ini tengah mencari potensi durian di beberapa daerah di Ciamis. Karenanya ke depan tak menutup kemungkinan menggelar festival durian tingkat Kabupaten.

Baca Juga : Luuurrr... Purworejo Bakal Gelar Gerebek Durian 3 Hari!



Simak Video "Ragam Olahan Durian: Gulai Durian Mengkal hingga Bakso Durian"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)