Durian Enak

Di Sentra Durian Kalibata Bisa Makan Durian Petruk dan Medan yang Legit

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 01 Feb 2020 16:00 WIB
Sentra Durian Kalibata Foto: dok.detikFood
FOKUS BERITA Durian Enak
Jakarta -

Di Kalibata, ada pusat durian kaki lima yang punya beragam jenis durian, dan buka sepanjang tahun. Mau durian petruk atau durian Medan, semua ada.

Musim durian di setiap daerah bulannya berbeda-beda, tapi di wilayah Kalibata, Jakarta Selatan, banyak penjaja durian yang buka setiap hari meski pun belum memasuki musim panen durian. Banyaknya penjual durian yang berjejer rapih di sini, sudah menjadi destinasi favorit para penggemar durian.

Baca Juga: Asyik! Di Kebun Ini Bisa Bersantai Sambil Cicipi Beragam Durian Lezat

Di Sentra Durian Kalibata Bisa Makan Durian Petruk dan Medan yang LegitFoto: dok.detikFood


"Sentra durian Kalibata ini sudah ada sejak tahun 1980. Dulu masih pakai tenda biasa, baru beberapa tahun ke belakang di bangun jadi tempat permanen biar pengunjung lebih nyaman pilih dan makan durian di sini," tutur Pak Wahab, salah satu penjual durian di Sentra Durian Kalibata ketika ditemui detikFood (30/01).

Ada lebih dari 10-15 penjual durian yang berada di Sentra Durian Kalibata. Tempat makan durian ini dilengkapi dengan meja-meja kayu, toilet, hingga tempat minum yang rapih. Lokasinya yang strategis, tepat di jalan raya Kalibata, membuat banyak pengguna jalan motor atau pun mobil yang mampir untuk makan durian di sini.

"Kalau saya sendiri sudah jualan di Sentra Durian Kalibata ini sejak 5 tahun yang lalu. Sebelumnya saya jualan durian di depan, dekat Pasar Minggu, itu sekitar 10-15 tahun di sana, baru pindah ke sini," lanjut Pak Wahab, sambil melayani beberapa pembeli yang tengah memilih buah durian dagangannya.

Di Sentra Durian Kalibata Bisa Makan Durian Petruk dan Medan yang LegitFoto: dok.detikFood



Di kios Pak Wahab, ia menjual berbagai jenis durian yang populer dan diminati banyak orang. Seperti durian Medan, durian Petruk dari Semarang, Monthong Lokal dari Jawa, hingga Rancamaya dari Bogor.

"Kalau di sini, harga penjual durian tidak ada yang seragam. Jadi setiap kios itu punya harga yang berbeda, tapi masalah harga jadi rahasia setiap penjual. Jadi kita tidak tahu kios sebelah jual durian dengan kisaran harga berapa," lanjut Pak Wahab.

Menurut Pak Wahab, untuk durian yang paling dicari orang ada durian Petruk. Durian ini punya kisaran harga dari Rp 50 ribu - Rp 65 ribu per buahnya. Ciri khas dari druian asal Semarang ini, terdiri dari dominan rasa manis, dengan rasa agak pahit di akhir gigitan.

Di Sentra Durian Kalibata Bisa Makan Durian Petruk dan Medan yang LegitFoto: dok.detikFood



Pak Wahab juga menjual Musang King, namun stoknya tak terlalu banyak, karena harganya yang terbilang tinggi. Per kilo-nya, Musang King dijual seharga Rp 150.000. Berat Musang King sendiri bisa mencapai 2-5 kg per buahnya.

"Kalau orang-orang suka Petruk karena buahnya itu tebal, rasanya manis, dan sedikit pahit di akhir. Aromanya juga harum, dan isinya lumayan banyak. Rasanya familiar lah di lidah banyak orang," ungkap Pak Wahab.

Selain durian Petruk, durian Medan juga jadi primadona di Sentra Durian Kalibata. Harganya cukup murah, kisaran Rp 60.000. Ukurannya sedikit lebih kecil dari durian Petruk, aromanya tak terlalu tajam namun rasanya manis dan legit. Sehingga banyak orang yang membeli durian Medan ini untuk dimakan langsung, atau diolah menjadi es krim hingga sop durian.

Di Sentra Durian Kalibata Bisa Makan Durian Petruk dan Medan yang LegitDurian Petruk di Kalibata. Foto: dok.detikFood



"Biasanya paling ramai itu dari sore hingga malam hari. Apalagi kalau akhir pekan dan hari libur, itu pembelinya terus bertambah. Kebanyakan ada yang makan langsung di sini, ada yang minta dibelah, lalu duriannya dibawa pulang," pungkas Pak Wahab.

Setiap harinya rata-rata Pak Wahab bisa menjual 30 buah durian, jumlahnya tentu bertambah ketika akhir pekan dan hari libur. Di Sentra Durian Kalibata ini, rata-rata penjual durian mulai membuka lapak mereka dari jam 10 pagi hingga jam 1 malam.

Bagi yang penasaran dengan kelezatan durian-durian yang ada di sini, bisa mampir kapan saja, karena Sentra Durian Kalibata ini buka setiap hari dari pagi hingga dini hari.

Baca Juga: Dari Medan hingga Maluku, Ini 5 Durian Unggulan Indonesia



Simak Video "Kenyang Makan Durian di Sentra Durian Kalibata"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Durian Enak