Tren Aneh di TikTok, Minum Pewarna Makanan Agar Urine Berwarna Biru!

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 18 Feb 2020 14:30 WIB
tren tiktok: minum pewarna makanan agar urin biru Foto: TikTok @coltyy
Jakarta -

Ada saja tren aneh yang muncul TikTok. Pria ini misalnya minum pewarna makanan berwarna biru selama 10 hari. Tujuannya supaya urine berwarna biru!

Tren aneh kembali muncul di TikTok, setelah sebelumnya ramai diperbincangkan mencelupkan testis ke dalam kecap asin hingga mengambil makanan orang di eskalator. Kali ini tren yang menampilkan seorang pria meminum pewarna makanan berwarna biru selama 10 hari.

Pria yang dikenal dengan nama akun TikTok @coltyy ini menampilkan bagaimana dirinya saat meminum pewarna makanan tersebut. Tren ini ia buat agar urine nantinya berubah warna menjadi biru.

Tren Aneh di TikTok, Minum Pewarna Makanan Agar Urin Berwarna Biru!Foto: TikTok @coltyy

Pada video pertama, pria ini mengatakan, "Aku akan minum pewarna makanan berwarna biru dan hanya memakan makanan yang berwarna biru. Dari yang aku baca di media online, dalam waktu 5 hari warna dari urine-ku akan berwarna biru."

Setelah mengatakan hal tersebut, @coltyy memperlihatkan dirinya saat meminum pewarna makanan di dalam gelas. Tak lupa ia juga memperlihatkan bagaimana dirinya meneteskan beberapa tetes pewarna makanan berwarna biru tersebut ke dalam gelas yang telah berisi air.

Baca Juga: Tren Terbaru di TikTok, Nyomot Makanan Orang di Eskalator

Setelah itu ia menampilkan gigi dan lidahnya yang berwarna biru usai meminumnya. Juga memperlihatkan beberapa bagian tubuhnya yang juga berubah jadi biru.

Perubahan warna tersebut terlihat pada sebagian tangan, lengan, dada, serta perutnya. Ia juga mengatakan dalam video di hari ke-10 setelah ia meminum pewarna makanan, "Nomor satu, urine-ku berubah warna menjadi biru. Nomor dua, kotoranku berubah warna menjadi biru. Nomor tiga, aku menjadi biru. Kulitku berwarna biru kawan dan rambut ku pun menjadi biru. Ini semakin gila."

Tren Aneh di TikTok, Minum Pewarna Makanan Agar Urin Berwarna Biru!Foto: TikTok @coltyy

Tren TikTok yang diciptakan oleh akun @coltty ini pun ditandai oleh pihak aplikasi tersebut sebagai video yang berpotensi tidak aman. Dalam video tersebut bertuliskan, "Aksi dalam video ini dapat menyebakan cedera."

Tren aneh TikTok ini telah diikuti orang lainnya dengan mencoba meminum pewarna makanan yang berwarna hijau. Tapi disarankan untuk tidak mengikuti tren aneh tersebut. Walaupun pewarna makanan aman untuk dikonsumsi, namun ada batasan wajar dalam penggunaannya.

Baca Juga: Ramai Video Bikin Roti Pakai Bedak Bayi, Netizen: Dapurnya Pasti Wangi!

Berbicara soal masalah kesehatan, seorang ahli gizi Julia Zumpano menjelaskan tentang tren aneh yang menggunakan pewarna makanan secara berlebih dapat menyebabkan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Kondisi tersebut merupakan sebuah perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik pada anak yang dapat menyebabkan aktivitas berlebihan.

Zumpano mengatakan, "Beberapa penelitian menunjukkan dimana hubungan antara pewarna makanan dan peningkatan ADHD atau hiperaktif pada anak-anak. Sebuah penelitian di Australia menemukan 75% orang tua memperhatikan peningkatan perilaku dan perhatian setelah pewarna tersebut dihilangkan," Ia juga melanjutkan, "Para peneliti juga menemukan pertumbuhan tumor pada hewan yang mengonsumsi pewarna makanan dosis tinggi."



Simak Video "Teci Sukabumi, Rasanya Melekat di Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)