Pak Jokowi Jangan Takut ke Kediri, Ada 5 Makanan Khas Kediri yang Enak Lho!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 17 Feb 2020 16:00 WIB
Halaman 2 dari 6
pecel tumpang untuk sarapan Foto: Instagram

1. Nasi Pecel Tumpang

Nasi pecel yang merupakan makanan tradisional Jawa ini juga hadir di kota Kediri. Penyajiannya masih sama yaitu nasi dengan tambahan beragam sayur seperti rebusan daun bayam, tauge, kacang panjang, kol, dan lainnya, setelah disiram dengan sambal.

Namun ada yang berbeda dengan sambal nasi pecel yang digunakan oleh kota Kediri ini karena tidak menggunakan sambal kacang seperti biasanya. Melainkan mereka menggunakan sambal tumpang yaitu sambal yang diolah dari tempe busuk. Sambal tumpang memiliki cita rasa serta aroma yang khas.

Sambal tumpang juga tidak sepedas sambal pecel lainnya. Tempe busuk ini ditambahkan bumbu lain seperti kencur, daun jeruk purut, cabe, lengkuas, bawang putih, bawang merah, dan daun salam. Olahan sambal tumpang juga menggunakan santan sehingga cita rasanya lebih gurih.

Menyantap nasi pecel tumpang ini juga sangat nikmat ditambahkan kerupuk gendar atau rempeyek udang maupun kacang. Di beberapa tempat, nasi pecel tumpang ini juga ditambahkan daun kemangi sehingga rasanya tambah segar. Adapula lauk lain seperti tahu dan tempe goreng, telur asin dan juga telur ceplok, aneka sate pun meramaikan nikmatnya seporsi nasi tumpang yang harganya terjangkau ini.

Baca Juga: Biar Semangat, Yuk, Sarapan Pecel Tumpang yang Sedap!

(yms/adr)