Cara Membuat 'Mac and Cheese' Ala Brad Pitt yang Baru Raih Oscar

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 11 Feb 2020 17:30 WIB
Mac and Cheese Brad Pitt Foto: Istimewa
Jakarta -

Brad Pitt meraih piala Oscar sebagai aktor pendukung terbaik di film 'Once Upon a Time in Hollywood'. 'Mac and Cheese' yang dibuatnya di film itu jadi viral.

Film 'Parasite' menampilkan ramdon, paduan ramyeon dan steak yang kemudian viral setelah film ini sukses di pasaran. Film 'Once Upon a Time in Hollywood' juga punya hidangan mac and cheese yang dibuat oleh Brad Pitt.

YouTuber Andrew Rea dikenal dengan channelnya 'Binging with Babish'. Ia gemar membuat kembali makanan-makanan yang ditampilkan dalam film atau serial TV. Kali ini ia mencoba meracik Mac and Cheese seperti yang dibuat Brad Pitt dalam film 'Once Upon a Time in Hollywood'.

Baca Juga: Jjapaguri Sirloin, Mie Instan Mewah Topping Sirloin dalam Film Parasite

Cara Membuat 'Mac and Cheese' Ala Brad Pitt yang Baru Raih OscarFoto: Istimewa


Dilansir dari Business Insider (11/02), dalam film tersebut Brad Pitt memerankan karakter Cliff Booth yang gemar memasak makanan instan seperti mac and cheese. Mac and Cheese, seperti namanya merupakan hidangan populer Amerika yang terdiri dari macaroni dan keju. macaroni rebus diaduk dengan saus keju yang mulur gurih.

Meski menggunakan peralatan yang seadanya, adegan Brad memasak Blue Box mac and cheese disebut sebagai adegan masak paling keren di tahun 2019.

"Brad hanya memasukkan bubuk keju ke dalam pasta. Tidak ada campuran air, susu, atau butter. Semuanya sederhana. Tapi itu merupakan adegan kuliner yang luar biasa indah di dalam film," tutur Andrew Rea yang handal menduplikasi berbagai hidangan dari film populer.

Untuk membuat Blue Box mac and cheese seperti yang dibuat oleh Brad Pitt tidaklah sulit. Andrew mengungkapkan bahwa untuk menghasilkan bubuk keju yang enak bisa menggunakan campuran dari bubuk keju cheddar, blue cheese, dan keju parmesan.

Cara Membuat 'Mac and Cheese' Ala Brad Pitt yang Baru Raih OscarFoto: Istimewa


Blue Box Mac and Cheese merupakan makaroni yang dibuat pada masa Great Depression memakai bahan-bahan murah atau sederhana. Yang penting rasanya enak dan mengenyangkan. Warga Amerika yang mengalami masa itu akan terkenang kelezatan mac and cheese saat itu.

"Di dalam film Brad hanya mengaduk saus keju menjadi satu dan langsung memakannya dari panci. Rasanya memang enak. Tapi kenyataannya kita tetap harus menggunakan susu dan sedikit butter agar rasanya lebih creamy," tuturnya.

Andrew menggunakan air dan susu untuk merebus pasta makaroni selama 7-8 menit. Menurutnya rasa makaroni akan lebih enak dan teksturnya lebih kenyal.

Ketika makaroni sudah ditiriskan bisa langsung masukkan bubuk keju yang sudah dicampur jadi satu. Setelah itu bubuk keju diaduk dengan makaroni hingga merata sampai ke bagian dalamnya. Bisa tambahkan lada dan garam sesuai selera.

Cara Membuat 'Mac and Cheese' Ala Brad Pitt yang Baru Raih OscarFoto: Instagram


"Saran terpenting dari saya saat membuat mac and cheese, Anda harus membuat saus atau bubuk keju lebih banyak. Karena rasanya tidak akan pernah cukup," ungkapnya.

"Setelah diaduk hingga rata diamkan selama lima menit dan biarkan semua keju meleleh ke dalam. Jangan taruh di atas kompor karena nantinya bagian lemak akan terurai dan rasa mac and cheese jadi tidak enak,"

Bagi yang suka makanan renyah, Andrew menambahkan tepung panko (tepung panir kasar) yang sebelumnya sudah dipanggang. Kemudian tepung ini ditaburkan ke bagian atas mac and cheese dan makanan sederhana ini pun siap disajikan.

Cara Membuat 'Mac and Cheese' Ala Brad Pitt yang Baru Raih OscarFoto: Istimewa


Bagi Andrew sendiri adegan makanan di setiap film tak hanya memegang karakter tersendiri.

"Makanan bisa menambah karakter pada aktor di dalam film. Bisa juga menjadi alat untuk mendekatkan banyak orang, dan alasan lainnya semua makanan terlihat lebih menggiurkan di dalam film. Membuat semua penonton jadi lapar dan menginginkan makanan tersebut," pungkas Andrew.

Baca Juga: Tak Sekedar Pelengkap, Ini Adegan Makanan Paling Keren di Dunia Film



Simak Video "Deretan Menu Mewah yang akan Disajikan di Oscar 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)