Masak Apa Hari Ini : Gulai Ikan Mas dan Bakwan Tempe

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 12 Feb 2020 08:30 WIB
gulai taboh Foto: Istimewa
Jakarta -

Masakan sederhana juga bisa membangkitkan selera makan. Seperti ikan mas dibuat gulai yang gurih pedas dan bakwan tempe yang pedas menyengat.

Ikan air tawar tak kalah gurih dengan ikan air laut. Ikan air tawar selain dipepeas dan digoreng juga enak dibuat gulai. Gulai gaya Sumatera Barat dengan rempah lengkap membuat rasa ikan makin enak.

Kalau ingin yang praktis tetapi menarik selera, bikin saja mie oseng dengan tambahan cabai rawit. Pedas, gurih dan manis mie goreng ini membuat rasanya enak, apalagi dimakan saat masih hangat.

Lauk pendamping yang tak kalah menggoda adalah bakwan tempe. Gurih tempe berpadu dengan cabai rawit. Rasanya renyah gurih dengan pedas menyengat cabai rawit. Saat hangat renyah pedasnya makin terasa kuat.

Rekomendasi resep-resep sederhana yang menggugah selera ini bisa jadi alternatif menu harian keluarga. Sesuaikan saja rasa pedasnya dengan selera keluarga. Yuk, masak!

Masak Apa Hari Ini : Gulai Ikan Mas dan Bakwan TempeFoto: detikcom



1. Gulai Ikan Mas

Untuk menghindari aroma anyir ikan mas sebaiknya beli ikan mas dalam keadaan segar atau hidup. Mintalah tukang ikan mematikan ikan dan menyiangi hingga bersih. Ikan mas cepat membusuk dalam suhu ruangan. Dagingnya akan lembek dan aromanya anyir. Karenanya gunakan ikan mas segar untuk membuat gulai.

Ikan lebih cepat lunak dan matang dibandingkan dengan daging atau ayam. Karenanya rebus santan dan bumbu gulai hingga mendidih beberapa saat. Kemudian tambahkan ikan mas yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong. Kecilkan api hingga bumbu meresap dan ikan matang.

Selain ikan mas bisa dipakai ikan nila segar, atau ikan gurame. Atau gunakan ikan laut seperti ikan tenggiri, kerapu atau kakap. Untuk membuat gulai ikan mas tidak sulit, ikuti saja petunjuk resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Gulai Ikan Mas dan Bakwan TempeFoto: iStock



2. Oseng Mie Rawit

Oseng mie bisa jadi pilihan saat ingin masak yang praktis. Pilih mie telur basah atau kering sebagai bahan utamanya. Mie telur yang enak harganya relatif mahal, dengan rasa gurih enak dan tak ada aroma obat atau apek saat diseduh atau direbus. Jika tak suka mie bisa diganti dengan bihun.

Isian oseng mie bisa disesuaikan selera. Gunakan udang, daging ayam dan bakso yang diiris tipis. Tumis bumbu hingga matang baru masukkan mie dan bahan lainnya. Sebaiknya masukkan irisan cabai rawit pada tahap akhir agar rasanya tetap renyah.

Untuk mendapatkan efek pedas menyengat, gunakan cabai rawit yang digerus atau dihaluskan. Pilih cabai rawit merah untuk efek pedas menyengat. Cara membuat oseng mie ini bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Gulai Ikan Mas dan Bakwan TempeFoto: detikfood



3. Bakwan Tempe Pedas

Tempe merupakan makanan nabati kaya protein dan vitamin B. Tempe mudah dicerna dan mudah diolah menjadi beragam hidangan atau camilan. Selain dibuat tempe bacem, orek tempe atau tempe goreng tepung bisa juga dibuat bakwan.

Karena dijadikan campuran bakwan, potong-potong kecil tempe dan masukkan bertahap dalam adonan tepung. Saat menggoreng gunakan minyak banyak dan api sedang agar tempe menjadi kering dan renyah.

Tambahkan jumlah cabai jika suka rasa lebih pedas. Karena sudah pedas, untuk menyantap bakwan ini bisa ditambahkan kecap manis saja. Tahapan membuat bakwan ini tak beda jauh dengan bakwan pada umumnya, lihat resepnya di sini.





Simak Video "Unik! Bakwan di Pekanbaru Ini Dipesan Lewat Ventilasi "
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)