Masak Apa Hari Ini : Sayur Gurih Pepaya Muda dan Satai Ayam Manis

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 11 Feb 2020 08:30 WIB
Sayur Gurih Pepaya Muda Foto: detikfood
Jakarta -

Sayur gurih dengan pepaya muda dan kuah santan segar rasanya pedas gurih. Enak dinikmati dengan satai ayam manis dan ditaburi kering tempe.

Bahan sederhana dari kebun, seperti pepaya muda bisa diolah menjadi sayur gurih yang enak. Diberi bumbu cabai, kuah santan segar dan tambahan udang segar rasanya jaid gurih-gurih pedas. Bisa dimakan dengan nasi atau lontong.

Membuat satai ayam tak selalu ribet atau merepotkan. Dengan trik membumbui yang praktis, satai ayam gurih manis bisa dinikmati segera. Meski tanpa saus kacang rasanya tetap lezat.

Meskipun sering dijadikan taburan atau pelengkap nasi rames, kering tempe selalu enak dimakan dengan nasi hangat. Tempe yang renyah gurih dipadu dengan irisan cabai merah yang pedas renyah, rasanya bikin nagih.

Pilihan resep-resep dari detikfood ini bisa jadi inspirasi menyusun menu untuk keluarga.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Gurih Pepaya Muda dan Satai Ayam ManisFoto: iStock



1. Sayur Gurih Pepaya Muda

Sayur berkuah santan segar gaya Betawi ini biasanya sebagai lauk lontong sayur atau sajian di hari spesial. Pepaya muda yang renyah diiris tipis kecil dan dimasak bersama kacang panjang. Rasa renyah pepaya muda bikin sayur ini makin enak meski sudah dihangatkan berulang.

Pilih pepaya muda yang benar-benar masih muda, tak ada smeburat merah tetapi putih pucat. Iris tipis memanjang seperti korek api. Lalu remas-remas dengan sedikit garam hingga layu. Jika tak suka dengan rasa renyah yang agak kenyal, bisa diganti dengan labu siam.

Untuk mendapatkan rasa gurih alami gunakan santan segar. Pertama rebus dulu dengan bumbu dan santan encer. Setelah smeua bahan matang dan lunak, tambahkan santan kental untuk rasa gurih yang kua. Resepnya bisa dilihat di sini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Gurih Pepaya Muda dan Satai Ayam ManisFoto: dok.detikFood




2. Satai Ayam Manis

Satai ayam dengan rasa manis gurih ini pasti disukai anak-anak. Karena bumbunya diaduk dengan daging ayam maka tak perlu repot lagi membuat saus kacang dan pelengkap lainnya. Setelah dibakar bisa langsung disantap.

Jika suka rasa gurih bisa ditambahkan potongan lemak ayam, 1 potong pada tiap tusuk satai. Tetapi jika ingin yang lebih juicy gurih gunakan daging paha ayam tanpa kulit dan tulang. Lapisan lemak pada daging dada ayam membuat satai lebih gurih.

Panggang satai memakai panggangan gas atau api arang. Jika tak ada bisa dimatangan dalam wajan berlapisan anti lengket yang diolesi minya. Taruh satai dalam wajan panas dan balik-balik hingga dagingnya matang. Cara membuat satai ayam manis yang praktis ini bisa dilihat di sini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Gurih Pepaya Muda dan Satai Ayam ManisFoto: detikfood



3. Kering Tempe

Makanan sederhana dari tempe ini disukai banyak orang karena rasa gurih renyah sekaligus manis. Sering jadi pelengkap nasi rames atau taburan lontong sayur karena rasa renyah gurihnya. Bahan utamanya tempe, bawang merah, bawang putih dan cabe merah.

Pilihlah tempe yang berkualitas bagus. Teksturnya padat, dengan biji kedelai yang rapat dan jika ditekan padat. Iris tempe ukuran 3x1/2x1/2 cm. Jemur atau angin-anginkan sebentar hingga tempe agak kering. Selanjutnya goreng hingga kuning keemasan lalu tiriskan.

Agar kering tempe tidak melempem atau basah atau keras karena terlalu kering, perhatikan konsistensi adonan gula dan bumbunya. Masak hingga gula berserabut mendidih, baru masukkan tempe goreng, bawang merah goreng, bawang putih goreng dan cabe merah goreng. Ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.



Simak Video "Resep Praktis Bikin Sate Ayam Manis"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)