Masak Apa Hari Ini : Sayur Gurih Udang dan Dendeng Manis

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 08 Feb 2020 08:00 WIB
sayur gurih Foto: iStock/detikFood
Jakarta -

Akhir pekan saatnya bikin yang spesial dan enak buat keluarga. Sayur gurih berkuah santan encer enak disantap hangat dengan sambal ampela dan dendeng manis.

Sayur gurih merupakan jenis sayur tradisional yang punya beragam isian. Tiap daerah punya versi sayur gurih yang unik. Biasanya diolah dari sayuran dan bahan yang ada di sekitar rumah. Karenanya sayur ini tergolong 'comfort food' yang enak dimakan kapan saja.

Salah satu olahan daging yang populer adalah dendeng. Irisan tipis daging sapi ada yang diolah dengan bumbu dendeng yang manis gurih. Ada juga dendeng yang disiram sambal merah atau sambal hijau. Keduanya sama enak disantap dengan nasi hangat.

Jeroan ayam selalu enak diolah dengan cabai. Seperti ampela ayam yang empuk, enak ditumis dengan sambal yang pedas menyengat. Dipadukan dengan petai dan telur puyuh tentu rasanya makin mantap.

Beberapa rekomendasi resep detikfood ini bisa jadi inspirasi untuk sajian menu keluarga di akhir pekan.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Gurih Udang dan Dendeng ManisFoto : detikFood



1. Sayur Gurih Udang Cabai Hijau

Sayur gaya rumahan ini selalu enak dimakan kapan saja. Dipadukan dengan nasi atau lontong tetap enak. Isiannya sebagian besar sayuran dari kebun. Seperti kacang panjang, buncis, jagung muda, daun melinjo, kulit melinjo dan lainnya. Bisa dipilih sesuai selera.

Isian lainnya bisa ditambahkan seperti udang, tahu dan ebi. Bahan ini membuat rasa sayur gurih makin enak. Sebaiknya gunakan udang segar ukuran sedang atau kecil. Rasa gurih udang dan ebi membuat sayur gurih ini terasa gurih enak.

Kunci kelezatan sayur gurih terletak pada santannya. Gunakan santan segar dari kelapa parut. Hindari pemakaian santan kemasan karena aromanya tajam. Rebus sayuran dan bumbu dengan santan encer kemudian tambahkan santan kental setelah semua bahan dimasukkan. Cara membuat sayur gurih bisa dilihat di sini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Gurih Udang dan Dendeng ManisFoto: Sonia/detikfood




2. Dendeng Manis

Menyebut dendeng orang akan teringat masakan khas Jawa dan Sumatera Barat. Kedua daerah ini memang kondang dengan dendengnya. Dendeng manis merupakan olahan daging khas Jawa yang rasanya legit karena memakai gula Jawa.

Sebaiknya pilih daging sapi bagian has luar yang cukup empuk dimasak dan tidak mudah hancur. Bisa juga memakai daging bagian paha atas meski sedikit liat. Iris tipis setebal 1/2 cm daging sapi dengan ukuran sama agar bisa lunak bersamaan.

Saat merebus daging dengan bumbu, gunakan api kecil karena bumbunya memakai gula sehingga mudah gosong. Setelah empuk, dendeng bisa digoreng dengan sedikit minyak. Bisa juga dendeng dimemarkan hingga agak lebar baru digoreng. Langkah membuat dendeng manis bisa dilihat di resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Gurih Udang dan Dendeng ManisFoto: detikfood


3. Sambal Ampela Petai

Jeroan ayam seperti hati dan ampela selain digoreng bisa diolah dengan paduan sambal yang menyengat. Ampela ayam yang empuk gurih sedikit kenyal memang paling pas dibalut bumbu cabai. Bisa dipadukan dengan telur puyuh, tahu atau tempe.

Agar ampela ayam tak anyur, bersihkan bagian dalamnya, keruk dengan pisau hingga benar-benar bersih. Selanjutnya rebus dalam air dengan daun salam hingga ampela empuk. Potong atau iris sesuai selera agar lebih mudah dimakan.

Sebelum dicampurkan dalam sambal, tumis sambal hingga benar-benar matang. Bertekstur menggumpal kecil dan aromanya harum. Masukkan ampela dan telur puyuh atau bahan lainnya dan masak hingga mendidih. Untuk petai, masukkan terakhir agar teksturnya segar renyah. Ikuti resep ini untuk membuatnya di sini.



Simak Video "Teci Sukabumi, Rasanya Melekat di Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)