Bakso Klasik

Mau Jajan Bakso yang Bersih dan Enak? Perhatikan 5 Tips Ini

Devi Setya - detikFood Kamis, 06 Feb 2020 19:30 WIB
bakso. indonesian meatball served with soup and noodlen Foto: iStock
FOKUS BERITA Bakso Klasik
Jakarta -

Tidak sulit mencari penjual bakso enak, tapi selain enak pastikan juga kualitasnya. Jangan sampai menyantap bakso yang mengandung pengawet ataupun terbuat dari daging yang mencurigakan.

Bakso sapi yang berkualitas memiliki berbagai ciri khas yang mudah dikenali. Kalau Anda penggemar bakso, coba kenali ciri bakso segar sebelum mulai menyantapnya.

Berikut beberapa tips mengenali bakso segar yang berkualitas. Dengan cara ini Anda bisa terhindar dari penjual bakso curang yang mengolah bakso dengan bahan berbahaya.

1. Melihat warna bakso

Mau Jajan Bakso yang Bersih dan Enak? Perhatikan 5 Tips Ini Foto: Instagram


Secara alami, bakso yang terbuat dari daging sapi akan memiliki warna abu-abu. Jika bakso berwarna abu-abu muda dan pucat artinya komposisi bakso menggunakan lebih banyak tepung. Sementara kalau abu-abu tua artinya bakso terbuat dari campuran daging yang lebih banyak.

Bakso ayam juga memiliki warna abu-abu putih. Anda patut curiga pada bakso yang memiliki warna cenderung kuning kecoklatan. Bakso ini disinyalir mengandung bahan pengawet seperti boraks.

Baca juga : Bikin Bakso Sapi, Udang dan Ayam Sendiri di Rumah dengan Resep Ini


2. Mencium aroma bakso
Bakso sapi yang segar memiliki aroma daging yang khas. Aroma daging ini sangat familiar dan mudah dikenali karena bakso memiliki aroma daging rebus.

Sebelum menyantap bakso, usahakan untuk mencium dulu aromanya. Jangan lanjutkan makan jika ada aroma tak sedap pada bakso ataupun aroma bahan kimia. Bakso dari daging sapi segar biasanya tidak memiliki aroma yang menyengat.

3. Perhatikan tingkat kekenyalan bakso

Mau Jajan Bakso yang Bersih dan Enak? Perhatikan 5 Tips Ini Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Kualitas dan komposisi takaran daging menjadi faktor utama yang menentukan tekstur bakso. Kualitas daging sapi yang segar dan bagus akan menghasilkan bakso yang kenyal dan sedikit terasa garing.

Namun jika bakso terlalu banyak menggunakan tepung maka hasilnya akan cenderung keras. Makin banyak daging yang digunakan juga mempengaruhi rasanya. Takaran yang pas menjadikan bakso kenyal namun mudah dikunyah.

4. Lihat tempat dan caranya berjualan
Dengan melihat lokasi penjualan bakso maka Anda bisa melihat dan memperkirakan kualitas bakso yang disajikan. Perhatikan kebersihan tempat jualan, meski sederhana tapi pastikan areanya bersih.

Lihat tempat penyimpanan bakso dan peralatan masaknya. Anda patut curiga jika bakso yang dipajang sepanjang hari tidak diganti, karena secara alami bakso segar hanya akan bertahan beberapa jam saja dalam suhu ruang.

Baca juga : Kenapa Bakso Wonogiri dan Solo Terkenal Enak dan Ada di Mana-mana?


5. Perhatikan bahan pelengkapnya

Mau Jajan Bakso yang Bersih dan Enak? Perhatikan 5 Tips Ini Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria


Selain bakso, Anda juga harus melihat berbagai bahan pelengkapnya mulai dari mie dan bumbu tambahan seperti saus dan kecap. Jika menggunakan mie basah, pastikan mie mudah dikunyah karena mie yang kenyal dan tak mudah putus biasanya mengandung formalin.

Perhatikan juga kebersihan wadah botol untuk menampung saus dan kecap. Jika wadah ini terlihat kotor sebaiknya jangan dijadikan bumbu tambahan.




Simak Video "Bikin Laper: Bakso Tulang Iga yang Kenyal di Sawangan Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Bakso Klasik

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com