Apa Benar Kucing dan Anjing Akan Mati Kalau Makan Cokelat?

Devi Setya - detikFood Kamis, 06 Feb 2020 14:30 WIB
kucing makan cokelat Foto: istimewa
Jakarta -

Semua orang pasti suka cokelat, termasuk selai cokelat yang lembut dengan rasa manis legit. Tapi jangan coba menyantap cokelat dengan anjing atau kucing peliharaan karena mereka bisa mati.

Manis lembut selai cokelat cocok dijadikan pelengkap saat menyantap roti, biskuit dan makanan lain. Namun kelezatan cokelat ini justru akan berbahaya ketika disantap oleh anjing atau kucing. Hal paling buruk yang bisa terjadi yakni kematian pada hewan peliharaan.

Dilansir dari Metro (6/2) komposisi selai cokelat termasuk dari brand Nutella yang enak, dibuat dengan campuran gula, cokelat, susu dan kacang hazelnut. Semua bahan ini berpotensi mengganggu kesehatan hewan peliharaan, khususnya anjing dan kucing.

Apa Benar Kucing dan Anjing Akan Mati Kalau Makan Cokelat?Foto: istimewa


Baca juga : Gemasnya! Begini Jadinya Kalau 'Kucing Petani' Berpose Dengan Makanan


Sebenarnya bukan hanya selai cokelat saja, seluruh jenis cokelat memiliki kandungan theobromine yang berbahaya bagi anjing dan kucing. Bagi manusia, teobromin adalah zat yang menghasilkan hormon bahagia tapi bagi kucing dan anjing, zat ini berefek mematikan.

Jika anjing atau kucing menyantap cokelat dalam jumlah banyak maka akan memicu masalah kesehatan mulai dari muntah, peningkatan denyut jantung, pendarahan pada organ dalam dan kejang. Dalam kasus yang lebih parah, hewan peliharaan ini bisa saja mati. Cokelat merupakan racun bagi anjing dan kucing.

Bukan hanya cokelat, hasil penelitian juga mengungkap kalau cocoa butter alias lemak cokelat, laktosa dan gula juga menjadi pemicu sakit perut pada kucing atau anjing. Bisa dikatakan, memberi selai cokelat pada anjing dan kucing sama saja membunuh hewan mungil berbulu lembut ini.

Apa Benar Kucing dan Anjing Akan Mati Kalau Makan Cokelat?Foto: istimewa


Baca juga : Gemas! Kucing Ini Duduk di Depan Restoran yang Sama Setiap Harinya


Efek dari cokelat baru terlihat setelah 6 jam hewan menyantap cokelat. Gejala awalnya adalah lemas dan tidak nafsu makan. Selanjutnya jika cokelat yang dimakan sudah terlampau banyak maka bisa berakibat muntah dan kejang.

Ketika anjing atau kucing mengalami ini, sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Selain cokelat, anjing dan kucing juga sebaiknya dihindari dari makanan yang mengandung kismis. Kalau sayang dengan hewan peliharaan, jangan memberinya cokelat ya!



Simak Video "Menjajal Kesegaran Air Mata Kucing dari Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)