5 Fakta Kopi Brazil, 150 Tahun Merajai Pasar Kopi Dunia

Devi Setya - detikFood Kamis, 06 Feb 2020 06:30 WIB
Halaman 1 dari 6
Café preto com biscoito de polvilho assado servido com café.  Delicias da culinária de Minas Gerais. Comida típica brasileira. Foto: iStock
Jakarta -

Sudah lebih dari 150 tahun Brazil memegang predikat sebagai produsen kopi terbesar dunia. Perkebunan kopi seluas 27 ribu kilometer persegi menghasilkan kopi terbaik yang banyak dinikmati warga dunia.

Brazil tercatat sebagai penghasil kopi terbanyak di dunia. Jika dirata-rata, Brazil mampu menghasilkan 53 juta karung kopi dalam rentang waktu tahun 2013 sampai 2018. Bukan hanya banyak, kopi asal Brazil ini juga terkenal dengan kualitasnya.

Setelah Brazil ada kopi Vietnam, Kolombia dan kemudian Indonesia. Jika dibandingkan luas kebun kopi, maka Indonesia termasuk yang memiliki kebun kopi paling luas namun hasil produksinya masih terbatas.

Membahas soal kopi Brazil, ternyata kopi ini sudah ditanam sejak abad ke-18. Masyarakat Brazil kuno sudah mengenal dan menikmati kopi, namun tentunya dengan cara yang sangat klasik.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut fakta unik tentang kopi Brazil yang kini mendunia dan dinikmati hampir seluruh warga dunia.

(dvs/odi)