Benar Lho! Kopi yang Dinikmati di Cangkir Mulus Rasanya Lebih Enak

Riska Fitria - detikFood Selasa, 31 Des 2019 08:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Bukan hanya jenis biji kopinya saja yang dapat mempengaruhi rasa, tetapi cangkir yang digunakan untuk wadah kopi juga bisa. Cangkir mulus bisa bikin rasa kopi lebih enak.

Minum kopi telah menjadi gaya hidup bagi semua orang. Bahkan banyak orang yang mengatakan bahwa kurang lengkap rasanya jika melewati hari tanpa secangkir kopi.

Kopi memiliki banyak jenis dan setiap jenis itu menghasilkan rasa dan aroma kopi yang berbeda-beda. Namun, tidak hanya jenis kopi saja yang dapat mempengaruhi rasa. Sebuah penelitian mengatakan bahwa cangkir yang digunakan untuk minum kopi juga berperan menghasilkan rasa.
Benar Lho! Kopi yang Dinikmati di Cangkir Mulus Rasanya Lebih EnakFoto: iStock

Para ilmuwan di University of Sao Paulo, Brazil melakukan percobaan dengan melibatkan 230 orang peserta dari kalangan ahli kopi, penikmat kopi biasa hingga siswa kelas kopi profesional. Dalam percobaan itu, para peserta mencicip kopi Brazil yang bermutu tinggi yang dibedakan dalam 2 wadah cangkir berbeda.

Wadah pertama menggunakan cangkir porselen yang halus. Sementara wadah kedua menggunakan cangkir yang terbuat dari keramik putih dengan tekstur kasar di bagian dinding luar dan dalam cangkir. Namun, kedua wadah tersebut sama-sama memiliki bentuk dan berat yang serupa.

Baca Juga : Kata Peneliti Ini Waktu Paling Pas Minum Kopi di Pagi Hari

Dari percobaan tersebut para peserta menemukan perbedaan. Mereka mengatakan bahwa cangkir dengan tekstur yang kasar meninggalkan rasa pahit. Berbeda dengan kopi dalam cangkir bertekstur halus yang justru rasanya lebih manis dan enak.
Benar Lho! Kopi yang Dinikmati di Cangkir Mulus Rasanya Lebih EnakFoto: iStock

"Cangkir tempat kopi disajikan adalah elemen penting dalam hal mengubah konsumsi kopi, khusus menjadi pengalaman multi-indera yang benar-benar menarik," ujar ahli, Dr. Fabiana Carvalho.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal Food Quality and Preference mengatakan bahwa peserta dari kelas kopi profesional maupun penikmat kopi amatir sama-sama menilai bahwa kopi dari cangkir yang kasar memiliki rasa yang lebih kering secara signifikan ketika dicicip.
Benar Lho! Kopi yang Dinikmati di Cangkir Mulus Rasanya Lebih EnakFoto: iStock

"Hasilnya menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa pemindahan sensasi dari rasa haptic pada tekstur cangkir dapat mempengaruhi aftertaste pada kopinya,".

Lebih lanjut, para peneliti juga mengatakan bahwa minum kopi yang berkualitas tinggi dapat menyanyi wine yang berkualitas sekalipun. Wine diperkirakan memiliki 600 hingga 1.000 senyawa aromatik yang mudah menguap untuk menciptakan rasa yang kompleks. Sementara kopi memiliki 1.200 senyawa aromatik lebih banyak dibandingkan dengan wine.

Baca Juga : Peneliti: Minum Tiga Cangkir Kopi Sehari Bisa Picu Migrain

Simak Video "Serba-serbi Kopi Robusta di Festival Kopi Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)