Penjual Nasi Ayam Tampan Ini Nyambi Jadi Seleb TikTok!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 03 Feb 2020 11:30 WIB
Penjual nasi ayam jadi seleb TikTok Foto: Istimewa
Jakarta -

Seorang penjual nasi ayam di Singapura memiliki pekerjaan sambilan. Karena wajah tampannya, ia eksis jadi seleb TikTok.

Penjual hawker center di negeri Singa umumnya didominasi pria dan wanita paruh baya. Dengan resep turun temurun, mereka menjajakan makanan kaki lima andalan dengan harga terjangkau. Namun pemandangan berbeda ada di Katong Shopping Centre.

Salah satu penjual di hawker center berusia 47 tahun itu adalah pria tampan berusia 29 tahun. Dikutip dari Mothership (3/2), namanya Soki Wu yang menjajakan nasi ayam atau chicken rice bernama Delicious Boneless Chicken Rice.

Penjual Nasi Ayam Tampan Ini Nyambi Jadi Seleb TikTok!Foto: Istimewa


Wu merupakan generasi kedua pemilik gerai nasi ayam itu. Ia mulai berjualan Juli 2018. Sebelumnya orang tua Wu mendirikan Delicious Boneless Chicken Rice pada tahun 1989. Meski begitu, Wu sudah terbiasa membantu orang tua berjualan sejak usianya masih 7 tahun.

Baca Juga: Tampan Bagai Model, Penjual Kwetiaw Ini Buat Pembeli Salah Fokus!

Saat ditanya apa keistimewaan nasi ayam di tempatnya, dengan polos Wu menjawab, "Sebenarnya, saya pikir nasi ayam kami agak biasa." Seolah terbalik dengan pernyataannya, faktanya nasi ayam Wu kerap menuai antrean panjang saat waktu makan siang dan malam.

Penjual Nasi Ayam Tampan Ini Nyambi Jadi Seleb TikTok!Foto: Istimewa


Bahkan Delicious Boneless Chicken Rice sempat disebut sebagai "nasi ayam terenak di Singapura" dalam sebuah acara makanan online. Untuk menu andalan, Wu mengatakan nasi ayam kukus. Namun ia sendiri lebih memilih nasi ayam panggang.

Keistimewaan lain dari nasi ayam di gerai Wu adalah chilli sauce-nya dibuat sendiri (homemade). Pengunjung juga bisa mengambil acar sepuasnya.

Meski sudah menjajakan nasi ayam sejak kecil, Wu sempat berpikir menjadi penjual nasi ayam bukanlah tujuan karirnya. "Sejak usia 7, saya dan kakak saya membantu berjualan saat libur dan akhir pekan. Kami bilang orang tua kalau kami tidak mau kembali karena (menjadi penjual nasi ayam) melelahkan," tutur Wu.

Penjual Nasi Ayam Tampan Ini Nyambi Jadi Seleb TikTok!Foto: Istimewa


Namun pandangan itu berubah karena Wu melihat kerja keras orang tuanya. Wu mengatakan, "Mereka telah bekerja sangat keras selama lebih dari setengah waktu hidup mereka. Jadi saya melakukan ini (menjadi penjual nasi ayam) untuk mereka agar memiliki masa pensiun yang lebih baik di masa depan."

Alasan lainnya ialah Wu ingin melestarikan nasi ayam khas Singapura. Ia tidak bisa membayangkan seperti apa jadinya Singapura tanpa nasi ayam.

Disibukkan dengan kegiatan menjajakan nasi ayam, Wu rupanya masih update dengan dunia anak muda. Karena TikTok tengah digandrungi, ia pun memtuuskan jadi seleb TikTok sebagai pekerjaan sambilannya.

Penjual Nasi Ayam Tampan Ini Nyambi Jadi Seleb TikTok!Foto: Istimewa


Wu memiliki lebih dari 8.000 followers di aplikasi yang tengah hits tersebut. Beberapa videonya viral seperti ketika ia menirukan serial Yanxi Palace dengan menggunakan sambal bungkusan sebagai antingnya.

Baca Juga: Jual Asinan hingga Siomay, Ini Potret 5 Penjual Makanan Tampan yang Viral

Tak ketinggalan tarian Wu di depan gerai nasi ayam. Ia berjoget dengan luwes sambil menggunakan celemek hitam. Lebih dari 8.000 orang sudah memberikan 'likes' untuk video Wu ini di TikTok.

"Rutinitas sehari-hari di tempat kerja bisa jadi cukup membosankan, jadi saya pikir saya menari di depan gerai. Teman saya lalu merekamnya untuk diunggah ke TikTok," cerita Wu. Ia pun sedikit malu jika ada pembeli nasi ayam yang mengenali sosoknya.

Penjual Nasi Ayam Tampan Ini Nyambi Jadi Seleb TikTok!Foto: Istimewa


Selain di TikTok, Wu punya minat lain yaitu bermain teater. Tak heran karena Wu merupakan lulusan Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA) untuk peminatan Mandarin Theatre. Tahun 2018 ia bahkan pernah menjadi peran pembantu untuk Toy Factory's "Masters of Comedy".

Rencananya Wu ingin menambah gerai nasi ayamnya di luar Katong. "Menjadi penjual di hawker center tidak pernah mudah. Kadang kami bekerja 12-14 jam per hari dan bahkan lebih. Akhirnya, Anda tidak akan punya banyak waktu untuk istirahat. Tetapi kuncinya adalah menyisihkan waktu untuk istirahat dan tidak mengabaikan keluarga dan teman-teman," tutup Wu.


View this post on Instagram

A new chicken dance . 🐣🐣 #l4l #likeforlikes

A post shared by Soki Wu (@ssokywu) on Aug 31, 2019 at 3:03am PDT



Simak Video "Rekomendasi Masakan Kaya Protein untuk Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)