Masak Apa Hari Ini : Ayam Lado Mudo dan Gulai Daun Ubi Tumbuk

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 03 Feb 2020 08:30 WIB
Assortment of Minangkabau dishes served on the table in hidang style; means serving the eaterys menu on the table. The dishes are plated on small ceramic plates and stacked as to save some spaces on the table. Foto: iStock
Jakarta -

Masakan Sumatera Barat yang kaya rasa sangat cocok dinikmati saat udara dingin. Rasa pedas gurih bumbunya mampu hangatkan badan.

Sumatera Barat dikenal dengan hidangan Minang yang kelezatannya teruji di dunia. Karena itu tak heran jika banyak orang yang sekali mencicipi masakan Minang jadi ketagihan.

Proses memasak yang tradisional dengan bahan alami menjadi kunci kelezatan masakan Minang. Diolah dengan cara modern juga tak mengurangi sedapnya. Tak serumit yang Anda bayangkan, membuat hidangan Minang seenak rumah makan Padang bisa Anda lakukan.

Seperti olahan ayam yang populer, Ayam Lado Mudo. Ayam kampung yang dibumbui dengan cabai hijau dan tomat muda. Pedas asam segar rasanya, bikin ayam makin enak. Demikian juga dengan olahan sederhana, Gulai Daun Singkong Tumbuk.

Daun singkong atau daun ubi yang diolah dengan kuah santan dan bumbu gulai kuning. Rasanya gurih segar sedikit pedas. Sementara olahan telur dadar khas Minang yang tebal dan padat bumbu juga mudah dibuat. Rasa gurih pedas yang mantap bakal bikin keluarga ketagihan.

Rekomendasi resep-resep hidangan Minang rumahan ini bisa jadi pilihan untuk menu keluarga minggu ini.

Masak Apa Hari Ini : Ayam Lado Mudo dan Gulai Daun Ubi TumbukFoto: Ari Saputra/detikcom



1. Ayam Lado Mudo

Hidangan yang dikenal dengan nama Ayam Cabe Hijau ini biasanya dibuat dari ayam kampung muda yang dipotong 4 bagian. Bumbunya sederhana, terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai hijau dan tomat hijau sehingga rasanya gurih segar.

Selain ayam kampung bisa dipakai ayam jantan. Karena umumnya sajian ayam ini tidak terlalu berminyak. Bumbu yang dimasak bersama dengan ayam membuatnya meresap ke dalam daging ayam dan bikin rasanya makin enak.

Tetapi jika mau lebih gurih, bisa saja ayam digoreng dulu baru kemudian diaduk dengan bumbunya. Hanya saja rasa bumbu tidak meresap ke dalam daging ayam tetapi rasanya lebih renyah gurih. Ikuti tahapan dalam resep ini untuk membuatnya.


Masak Apa Hari Ini : Ayam Lado Mudo dan Gulai Daun Ubi TumbukFoto: detikfood



2. Gulai Daun Singkong Tumbuk

Daun singkong merupakan salah satu sayuran yang populer di Sumatera Barat. Karena di setiap pekarangan rumah di Sumbar ditanami singkong. Selain umbinya, daunnya sangat populer disayur. Minimal direbus sebagai pelengkap sambal.

Pilih daun singkong yang muda. Jika dipegang teksturnya lembut dan merupakan 4-5 helai daun dari pucuknya. Sebelum dibumbui harus direbus dulu hingga lunak. Bisa ditambahkan sedikit soda kue dalam air perebusnya.

Selanjutnya daun singkong diperas dan diiris halus atau ditumbuk dan dimasak dengan bumbu dan santan segar. Agar warnanya hijau cantik, jangan merebus terlalu lama. Untuk membuatnya Anda bisa melihat resep ini.

Masak Apa Hari Ini : Ayam Lado Mudo dan Gulai Daun Ubi TumbukFoto: detikFood



3. Telur Dadar Kembung Pedas

Selain telur ayam, telur bebek juga populer diolah menjadi gulai atau dadar. Karena telur dadar ini tebal dan padat maka dikenal dengan telur dadar kembung. Tampilannya seperti telur dadar dengan rasa gurih dan pedas renyah.

Untuk isian telur dadar biasanya dipakai bumbu rendang atau cabai merah yang dihaluskan dengan bawang merah dan bawang putih. Ada yang menambahkan kentang rebus yang dihaluskan sehingga teksturnya padat.

Tambahan isian lain adalah irisan halus daun kunyit dan daun bawang yang bikin aromanya harum. Saat menggoreng telur dadar ini gunakan apai kecil agar dadar matang hingga ke bagian dalamnya. Mengingat dadar ini cukup tebal. Ikuti resep berikut ini untuk membuatnya.






Simak Video "Wow! Ternyata Daun Bisa Direndang Lho"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)