Durian Enak

5 Bahan Sederhana Ini Ampuh Hilangkan Bau Durian di Mulut

Devi Setya - detikFood Minggu, 02 Feb 2020 17:00 WIB
Thai durian portion isolated on white background Foto: iStock
FOKUS BERITA Durian Enak
Jakarta -

Pencinta durian kadang kesal dengan jejak aroma khas yang masih melekat di mulut usai menyantap durian. Eits jangan kesal dulu, ada cara simpel menghilangkannya.

Bau aroma durian yang khas secara otomatis akan tertinggal di rongga mulut. Tentu saja hal ini agak mengganggu kenyamanan dan rasa percaya diri. Ada banyak cara cepat yang bisa diandalkan untuk menghilangkan aroma durian. Yuk simak!

1. Berkumur dan minum dari kulit durian

Mantul! 5 Bahan Sederhana Ini Ampuh Hilangkan Bau Durian di MulutFoto: Istimewa


Jangan langsung membuang kulit durian ketika dagingnya sudah dilahap habis. Rongga pada kulit durian ini bisa dimanfaatkan untuk mengusir aroma kurang sedap pada mulut dan tangan.

Cara menggunakannya yakni menuangkan air lalu diamkan sebentar dan minum airnya. Cara ini juga bisa diandalkan untuk menghilangkan aroma durian pada tangan. Dijamin cara sederhana ini ampuh mengusir bau durian dengan cepat.

Baca juga : Peneliti Beberkan Fakta Ilmiah Dibalik Bau Menyengat Durian


2. Air lemon

Mantul! 5 Bahan Sederhana Ini Ampuh Hilangkan Bau Durian di MulutFoto: iStock


Cara selanjutnya yang bisa diandalkan untuk mengusir bau durian pada mulut yakni minum air lemon. Zat asam pada lemon membuat area mulut kembali menjadi netral sehingga aroma durian bisa lebih cepat hilang.

Cukup iris lemon lalu tambahkan dalam air dingin. Minum air lemon ini secukupnya dan rasakan aroma segar pada mulut. Oiya nutrisi pada lemon juga bersifat antibakteri sehingga membuat mulut menjadi segar dan bersih.

3. Teh hijau


Bukan hanya ampuh diandalkan untuk membersihkan racun dalam tubuh, teh hijau juga mampu membuat aroma durian hilang seketika. Cobalah minum secangkir teh hijau hangat usai menikmati durian.

Kandungan alami pada teh hijau bisa menetralisir aroma yang ada dalam mulut. Teh hijau juga memberikan efek dingin pada perut yang biasanya mendapatkan reaksi panas usai makan durian.

4. Air kelapa

Mantul! 5 Bahan Sederhana Ini Ampuh Hilangkan Bau Durian di MulutFoto: istimewa


Air kelapa memiliki khasiat untuk mendinginkan suhu tubuh yang panas usai menikmati durian. Jadi setelah makan durian, tubuh akan tetap dalam suhu normal. Tak hanya itu, air kelapa juga membantu mengurangi bau mulut karena durian.

Air kelapa meredam aroma durian secara signifikan. Biasanya aroma durian masih akan terasa ketika bersendawa, dengan air kelapa aroma ini akan hilang sehingga hanya tersisa aroma netral.

Baca juga : Dikira Gas Bocor, Bau Durian Busuk Bikin Ratusan Mahasiswa Australia Dievakuasi


5. Buah berserat

Mantul! 5 Bahan Sederhana Ini Ampuh Hilangkan Bau Durian di MulutFoto: iStock


Manfaatkan buah berserat seperti apel atau manggis untuk mengusir bau durian. Makanlah sebutir apel usai menikmati durian, sisa serat durian yang tertinggal pada lidah dan rongga mulut akan dibersihkan oleh buah-buahan berserat.

Mulut juga akan memproduksi air liur yang banyak ketika mengunyah buah berserat. Hal ini membantu membersihkan bau mulut dan menghilangkan bau durian. Buah kaya serat juga baik untuk pencernaan.



Simak Video "Ragam Olahan Durian: Gulai Durian Mengkal hingga Bakso Durian"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Durian Enak