Durian Enak

Menikmati Manis Legit Durian Monthong di Pinggir Kota Bogor

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 02 Feb 2020 11:00 WIB
Durian Kota Bogor Monthong Foto: dok.detikFood
FOKUS BERITA Durian Enak
Jakarta -

Kota Bogor terkenal dengan durian Rancamaya. Tapi banyak juga penjual kaki lima, yang menjual durian Monthong berkualitas dengan rasa yang legit manis dan ukuran besar.

Tak sulit untuk mencari penjual durian di wilayah Bogor. Dekat dengan perkebunan durian, membuat Bogor jadi tempat yang pas untuk berburu durian di luar kota Jakarta.

Baca Juga: Bogor dan Sukabumi Punya Durian Unggul yang Manis Legit Berdaging Tebal

Menikmati Manis Legit Durian Monthong di Pinggir Kota BogorFoto: dok.detikFood



Di sepanjang Jalan Soleh Iskandar menuju Parung, Anda akan disambut dengan para penjual durian kaki lima, dari yang di tenda, toko, hingga mobil. Tentunya dengan jenis durian yang berbeda dan harga yang bersaing.

Di antara banyaknya penjual durian kaki lima di sana, ada toko WaWin Durian, yang hanya menjual dua jenis durian saja, yaitu Petruk dan Monthong Lokal. Berbeda dengan durian kaki lima lainnya, WaWin Durian menempatkan durian Monthong mereka di atas etalase yang mudah dilihat orang.

Banyak pengendara motor hingga mobil yang berhenti untuk makan durian, hingga membungkusnya ke rumah.

Menikmati Manis Legit Durian Monthong di Pinggir Kota BogorFoto: dok.detikFood

"WaWin Durian sudah buka sejak tahun 1990. Pertama kali buka di Pasar Kramat Jati, yang ada di Jakarta. Kemudian di tahun 2018 buka cabang di Bogor, karena peminat durian di Bogor cukup tinggi," tutur Pak Oman selaku penjual di WaWin Durian, saat ditemui detikFood (30/01).

Jika kios durian yang lain bisa menjual 3-5 jenis durian yang berbeda. Di sini, yang tersedia hanya Monthong lokal dan durian Petruk saja.

"Kalau kita memang biasanya menjual durian lokal seperti Petruk, dengan durian Monthong. Tapi kalau Monthong itu stoknya tidak sebanyak durian lokal, karena kan tidak semua orang beli Monthong, apalagi harga per kilo nya cukup tinggi," ungkap Pak Oman, yang berdagang durian sejak 30 tahun lalu.

Menikmati Manis Legit Durian Monthong di Pinggir Kota BogorFoto: dok.detikFood



Untuk durian Petruk yang dijual di sini, dikirim langsung dari Jepara, seminggu dua kali. Sementara durian Monthong lokal dikirim dari Bali, yang memang terkenal dengan cita rasa Monthong nya yang berkualitas.

"Sejak 2013 memang Monthong dari luar negeri sudah tidak masuk. Jadi kami beralih ke Monthong lokal, tapi untuk masalah rasa tidak ada perbedaan. Monthong lokal tetap enak, karena ukurannya yang besar, dan rasanya sangat manis," Jelas Pak Oman.

Di sini durian Monthong dihargai Rp 120.000 per kilonya. Buah Monthong yang tersedia di WaWin Durian, dari 2-7 kg. Sementara durian Petruk, dibanderol dari Rp 75.000 per kilonya.

Menikmati Manis Legit Durian Monthong di Pinggir Kota BogorFoto: dok.detikFood



"Ciri khas dari durian Monthong ini, ukurannya lebih besar dari durian lainnya. Warna daging duriannya lebih ke warna kuning emas, dan teksturnya itu tebal, bijinya kecil, jadi makan satu pun sudah kenyang," lanjut Pak Oman.

Rasa daging durian Monthong ini sangat manis, dengan tekstur buah yang kering, dan tidak berlemak. Teksturnya lumer di mulut, dan ukurannya yang besar, membuat durian varietas unggul ini punya harga yang cukup mahal di pasaran.

"Sistemnya di sini, coba dulu hingga rasanya cocok baru makan dan bayar. Jadi seperti jaminan. Kalau di kaki lima lain kan, tidak ada jaminan, mau rasa buahnya tidak manis atau sudah tidak segar, itu tidak bisa ditukar. Di sini tersedia juga potongan durian yang dijual eceran," jelas Pak Oman.

Menikmati Manis Legit Durian Monthong di Pinggir Kota BogorFoto: dok.detikFood



Buah durian eceran ini, dibungkus menggunakan plastic wrap terdiri dari 2-3 potong buah durian. Untuk durian lokal dihargai Rp 35.000 per bungkusnya, sementara durian Monthong dihargai Rp 50.000. Tersedia juga daging durian yang sudah dihaluskan tanpa bahwa pengawet atau pemanis tambahan, untuk campuran makanan dan minuman seharga Rp 75.000 satu kemasannya.

"Rata-rata setiap harinya kami bisa menjual 100 butir durian atau lebih. Jumlahnya juga meningkat di akhir pekan, atau hari-hari libur. Banyak orang yang mampir untuk makan langsung di sini, tapi ada juga beberapa yang minta dibungkus untuk dibawa pulang," pungkasnya.

WaWin Durian ini buka setiap hari, dari jam 6 pagi hingga jam 12 malam. Letak toko yang dekat dari pintu tol menuju Jakarta, membuat banyak orang mampir dulu untuk membawa durian ini sebagai oleh-oleh dari kota Bogor.

Baca Juga: Pencinta Durian, Trenggalek Sedang Banjir Durian Enak!



Simak Video "Sensasi Manis Legit Durian Monthong di Pinggiran Kota Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Durian Enak