Chef Ini Ungkap Trik Praktis Sajikan Pasta ala Restoran

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 31 Jan 2020 16:00 WIB
Trik menyajikan pasta Foto: Istimewa
Jakarta -

Menyajikan pasta ada triknya agar terlihat seperti buatan restoran. Pasta ditaruh di piring dengan bantuan dua alat penting ini.

Pasta seperti spaghetti dan fettucini buatan restoran terlihat menggugah selera karena ditaruh rapi di atas piring. Bentuknya seperti tumpukan mi yang disusun melingkar. Plating seperti ini sebenarnya bisa ditiru di rumah karena caranya sangat mudah.

Dikutip dari Daily Mail (29/1), chef Italia Andrea Tranchero mengungkap trik sajikan pasta seperti yang dilakukan banyak chef profesional di restoran. Ia mendemonstrasikan langsung trik sajikan pasta tersebut sehingga mudah dipahami.

Chef yang pernah bekerja di banyak resto berbintang Michelin dunia ini mengungkap dua alat penting untuk menyajikan pasta. Ada sendok sup besar dan garpu daging (meat-carving fork) yang perlu disiapkan.

Chef Ini Ungkap Trik Praktis Sajikan Pasta ala RestoranFoto: Istimewa


Saat itu ia menggunakan spaghetti untuk memberi contoh. Chef Tranchero menunjukkan keahliannya dalam acara restoran pop-up Barilla's Masters of Pasta di Australian Open, Melbourne.

Baca Juga: Dengan 5 Trik Ini Memasak Pasta Jadi Lebih Cepat dan Praktis

"Anda hanya butuh garpu, jumlah spaghetti yang tepat. Jangan taruh terlalu banyak karena nanti akan jatuh," katanya. Ia lalu memutar spaghetti dengan garpu. Sendok sup pun dijadikan alasnya.

Chef Ini Ungkap Trik Praktis Sajikan Pasta ala RestoranFoto: Istimewa


Chef Tranchero terus memutar-mutar pasta di dalam sendok. Ia berujar, "Kamu balik, balik, balik sampai membuat menara mie kecil." Teruskan langkah ini hingga pasta siap untuk dipindahkan ke piring saji.

Dengan cekatan, chef Tranchero menggeser tumpukan pasta dari atas sendok sup ke piring. Tentunya masih tetap menggunakan bantuan garpu daging. Setelah itu garpu diputar sedikit berlawanan arah dari putaran.

Chef Ini Ungkap Trik Praktis Sajikan Pasta ala RestoranFoto: Istimewa


Perlahan-lahan ia mulai melepaskan garpu daging dari tumpukan pasta. Hasilnya pasta yang melingkar sempurna berhasil dihadirkan di atas piring saji. "Ini bagian yang menjebak," katanya.

Trik sajikan pasta ini juga punya fungsi lain dari segi estetika. Pasalnya saus dari pasta tidak akan muncrat kemana-mana saat pasta digulung di dengan garpu daging di dalam sendok sup.

Selain soal menyajikan pasta, ada juga trik ketika memasak pasta, khususnya spaghetti, yang penting diperhatikan. Utamanya soal penggunaan panci. Panci ukuran besar diperlukan agar membuat spaghetti punya ruang untuk bergerak ketika direbus dan nantinya matang merata.

Chef Ini Ungkap Trik Praktis Sajikan Pasta ala RestoranFoto: Istimewa


Selain itu, pastikan masukkan spaghetti ke dalam air rebusan yang sudah mendidih. Memasukkan pasta ketika kompor baru saja dinyalakan akan membuat pasta menggumpal dan saling menempel nantinya.

Saat hendak disajikan, jangan bilas spaghetti. Cara ini tidak bisa mempertahankan tekstur al-dente pada pasta. Sedikit air rebusan spaghetti penting dipakai karena bisa membantu saus dan bumbu menempel pada spaghetti. Sekaligus menambah kenikmatan dari segi rasa dan tekstur.

Baca Juga: Anda Perlu Tahu 10 Cara Merebus Spaghetti yang Benar!



Simak Video "Mengintip Warung Angkringan Milik Dimas Seto"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com